17 Wilayah di Banten yang Terdampak Gempa 6,6 Magnitudo

  • Bagikan

Warga melihat kondisi rumah yang rusak akibat gempa di Kadu Agung Timur, Lebak, Banten, Jumat (14/1). Foto: Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO

Polda Banten turut memonitor langsung situasi pasca terjadinya gempa berkekuatan 6,6 magnitudo di wilayah Sumur, Banten pada Jumat (14/1). Terdapat 17 wilayah terdampak, sejumlah bangunan juga terpantau mengalami kerusakan.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan, akibat bencana gempa bumi tersebut terjadi kerusakan di wilayah Kabupaten Lebak.

“Sampai saat ini akibat bencana gempa tersebut terjadi kerusakan di beberapa wilayah di Kabupaten Lebak yakni, ambruknya atap kelas MAN 3 Lebak di Kecamatan Gunung Kencana, selanjutnya ambruknya tembok rumah atas nama Endin di Kampung Bunutgirang, Desa Parungpanjang, Kecamatan Wanasalam,” ujar Shinto dalam keterangannya, Jumat (14/1).

Warga melihat kondisi rumah yang rusak akibat gempa di Kadu Agung Timur, Lebak, Banten, Jumat (14/1). Foto: Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO

Laporan dari Polsek Cibadak dampak gempa tersebut juga mengakibatkan satu unit rumah semi permanen roboh milik warga, Arimah (68) yang beralamat di Kampung Rancasema Pasir Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak.

“Kemudian ambruknya atap rumah atas nama Sanab Kampung Leuwi Koret RT/RW 010/003 Desa Cipalabuh, Kecamatan Cijaku. Ambruknya tembok rumah milik salah satu warga di Kampung Cisereh, Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara dan ambruknya atap rumah atas nama ibu Reni di Kampung Sukaraja RT 005/002 Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping,” tambahnya.

Dari kejadian tersebut diketahui satu orang terluka tertimpa atap rumah saat hendak menyelamatkan diri keluar rumah. Kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta.

Kerusakan akibat gempa di Kabupaten Lebak, Banten. Foto: Dok. Istimewa

“Atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa akan tetapi diperkirakan korban mengalami kerugian materiil sebesar 50 juta,” jelasnya.

Shinto mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik tetap tenang dan waspada serta memantau update dari informasi resmi BMKG Provinsi Banten.

Berikut data BPBD Kabupaten Pandeglang terdapat 17 wilayah yang terdampak akibat gempa tersebut;

Kecamatan Cimanggu Desa Padasuka dan Desa Mangkualam: Sekolah dan rumah

Kecamatan Cikeusik Desa Umbulan, Ciseukeut: Rumah

Kecamatan Cibalung Desa Sukajadi: Sekolah MTS 3 dan MAN 4

Kecamatan Panimbang Desa Mekarjaya: Rumah

Kecamatan Carita Desa Karoyang: Rumah

Kecamatan Sukaresmi Kubang Kampil: Rumah

Kecamatan Pagelaran Desa Bama: Rumah

Kecamatan Sumur Desa Cigorondong: Sekolah SDN 3, Puskesmas

Kecamatan Cigeulis Desa: Rumah

Kecamatan Mandalwangi Desa Panjang Jaya: Rumah

Kecamatan Patia Desa Idaman, Desa Suerianeun: Rumah

Kecamatan Angsana Desa Keramat Manik: Rumah

Kecamatan Munjul Desa Cibitung: Rumah

Kecamatan Sindangresmi Desa Ciodeng: Rumah

Kecamatan Jiput Desa Sukamanih, Sikulan, Citaman, Jiput, Sukacai: Rumah

Kecamatan Saketi Desa Giri Jaya Sindanghayu: Rumah

Kecamatan Bojong Desa: Rumah

Artikel Asli

Sumber: kumparan.com

  • Bagikan