10 Artis Menikah dengan Adat Batak, Prosesinya Ada yang Sampai 7 Jam!

  • Bagikan

Ada beraneka ragam adat di Indonesia, hal ini bisa kita lihat salah satunya melalui prosesi pernikahan. Dari sekian banyak adat yang ada, adat Batak kerap digunakan dalam proses pernikahan sejumlah artis, khususnya yang memiliki darah Batak. Lantas, siapa sajakah artis menikah dengan adat Batak?

10 Artis Menikah Adat Batak, Prosesinya Bisa Berlangsung Sampai 7 Jam! 1. Judika Sihotang dan Duma Riris Silalahi

Dari namanya sudah ketahuan, ya, kalau keduanya berasal dari suku Batak.

Perjalanan asmara mereka terbilang sulit di awal, karena ibunda Duma sempat tidak merestui putrinya dekat dan berpacaran dengan penyanyi Judika Sihotang. Namum, berkat kesabaran dan cintanya pada Duma, Judika pantang menyerah.

Setelah menjalani masa pacaran selama 6 tahun, bahkan sempat backstreet juga dari orangtua Duma, keduanya menikah pada 31 Agustus 2013. Duh, sulit memang menolak pesona tarikan suara Bang Judika ini, ya, Bunda.

Pernikahan mereka dirayakan dengan konsep adat Batak di kampung halaman Judika, Balige, Sumatera Utara. Yang menarik, saat berangkat untuk pemberkatan di Gereja HKBP Balige, mobil yang mereka tumpangi dihiasi ulos, kain khas adat Batak. Unik, ya!

Artikel terkait: Cinta tak pandang fisik, 5 artis ini lebih tinggi dari suaminya 2. Raditya Dika dan Annisa Aziza

Memangnya, siapa dari mereka yang Batak, ya? Raditya Dika ternyata berasal dari suku Batak, Bunda. Sekitar 50 persen darah Radit adalah Batak, yang diambil dari sang ayah, Joeslin Nasution. Pemilik nama lengkap Dika Angkasa Moewarni Nasution menikahi Annissa Aziza pada Mei 2018.

Nuansa Batak sudah ditunjukkan Radit dalam foto pre-wedding-nya. Dalam foto tersebut keduanya mengenakan busana khas Batak berwarna merah, lengkap dengan aksesoris seperti ikat kepala, sortali, dan ulos. Annissa memang bukan Batak, tapi ia cantik sekali, ya, mengenakan busana pengantin adat Batak.

3. Nicola Reza Samudra dan Momo Geisha

Nicolas Reza memang bukan orang Batak, tapi ia mau loh menjalankan resepsi adat dari suku sang istri, Momo ‘Geisha’. Pengusaha muda asal Malang itu menikah dengan perempuan bernama lengkap Narova Morina Sinaga itu pada 8 April 2017 di Malang.

Sebelum melangsungkan pesta adat, pastinya Caca –panggilan suami Momo- harus melewati proses pemberian marga dulu. Di foto ini Caca sudah terlihat seperti pria Batak belum, Bunda?

Artikel terkait: 12 Hal Ini Bikin Kamar Anak Momo Geisha Terlihat Mewah, Ada Apa Saja? 4. Aufar Hutapea dan Olla Ramlan, Artis yang Menikah dengan Adat Batak

Aktris dan model Olla Ramlan dipersunting pengusaha muda Muhammad Aufar Hutapea pada 20 Desember 2012. Janda satu anak itu –sebelum menikah dengan Aufar- mengikuti prosesi adat dari sang suami, suku Batak.

Saat prosesi upacara adat, Olla mengenakan kebaya berwarna putih dengan balutan ikat kepala khas Batak berwarna merah. Hmm, memang pada dasarnya Olla sudah cantik, jadi saat mengenakan busana adat Batak pun ia terlihat sangat cantik, ya.

Dari pernikahan keduanya ini Olla dikarunia seorang putri bernama Aleena Naira Hana Hutapea.

5. Haries Argareza dan Zivanna Letisha

Haries dan Zivanna sama-sama berasal dari suku Batak. Zizi –sapaan akrab Zivanna- merupakan boru Siregar, sedangkan Haries bermarga Harahap. Setelah ijab Kabul yang dilaksanakan di kediaman Zizi di Cilandak, Jakarta Selatan, mereka menggelar resepsi adat Batak khas Tapanuli Selatan.

Tema warna yang dipilih Zizi adalah putih dan emas. Putih melambangkan suci, dan emas dipilihnya untuk memberikan nuansa elegan.

Untuk busana pengantinnya, Putri Indonesia 2008 itu memilih kebaya berwarna peach yang dilengkapi dengan aksesori kepala yang disebut bulang. Sedangkan Haries mengenakan kemeja dan jas berwarna gold, juga aksesoris kepala laki-laki yang disebut ampu. Hiasan kepala mereka berbeda dari yang dipakai pengantin adat Batak dari Tapanuli Utara.

6. Indra Sinaga dan Feby Siregar, Termasuk Artis yang Menikah dengan Adat Batak

Pasangan artis menikah adat Batak lainnya adalah Indra Perdana Sinaga dan Feby Rizky Andhika Siregar. Pasangan yang baru dikaruniai anak setelah 8 tahun menikah ini juga dulu menikah dengan resepsi adat Batak.

Pada acara pernikahan yang dilangsungkan pada 27 Januari 2012 itu menggunakan busana pengantin Batak yang khas dengan warna merah. Sama seperti Zizi dan Haries, pesta adat mereka juga mengusung tema ada Tapanuli Selatan.

7. Gerhard Reinaldi dan Astrid Tiar

Aktris dan presenter Astrid Tiar Yosephine Panjaitan naik ke pelaminan bersama kekasihnya Gerhard Reynaldi Situmorang. Laki-laki yang berprofesi sebagai dokter itu menikahi Astrid pada 22 Juli 2012.

Mereka melakukan pemberkatan di Gereja HKBP Menteng, Jakarta Pusat. Dan setelahnya menggelar resepsi dengan nuansa adat Batak yang sangat kental dengan tujuan dapat melestarikan adat istiadat leluhur mereka.

Sebelum pemberkatan, keduanya mengadakan acara martupol atau pertunangan di Gereja HKPB Cengkareng, Jakarta Barat.

Saat ini keduanya sudah dikaruniai dua orang anak perempuan, yakni Dialucita Annabel Estheressa Thiorina Situmorang dan Isabel Althalya Natiar Situmorang.

Artikel terkait: Anak tidak suka makan sayur? Contek cara unik Astrid Tiar ini yuk! 8. Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu

Selain adat Jawa, pasangan ini juga melaksanakan prosesi pernikahan adat Batak Mandailing, Tapanuli Selatan, daerah asal Muhammad Bobby Afif Nasution.

Usai pemberian boru Siregar untuk Kahiyang Ayu, Bobby dan Kahiyang akan meminta izin pada tetua dalam adat Mandailing, Raja Panusunan Bulung, untuk menabuh gordang sambilan.

Biasanya gordang ini dimainkan untuk menyambut pengantin dan tamu usai pemberian gelar adat. Saat itu Bobby dan Kahiyang juga diberikan gelar dari raja-raja, yakni gelar Sutan Kumala Abdul Rahman untuk Bobby dan Namora untuk Kahiyang.

9. Radhiant Siregar dan Christy Cherrybelle, Pasangan Artis yang Menikah dengan Adat Batak

Mengikuti asal usul sang suami, resepsi pernikahan Christy menggunakan adat Batak. Dengan balutan kebaya berwarna putih, Christy tampak begitu cantik dan memukau. Songket dan selendangnya juga sangat bagus dengan corak dan warna senada.

Untuk bisa masuk ke dalam suku Batak, Christy diberi marga menjadi boru Simorangkir. Dengan demikian namanya menjadi Christy Saura Noela Unu Simorangkir. Keduanya menikah pada 16 September 2016.

10. Posan Tobing dan Valentina Turnip

Tak heran jika asal suku yang seragam itu dijadikan alasan bagi mereka untuk melaksanakan resepsi pernikahan adat Batak. Personel band The Winner ini meminang kekasihnya, Valentina H. T. J. H. yang merupakan gadis Batak yang berasal dari Yogyakarta, pada Juni 2013.

Pernikahan mereka dilaksanakan di salah satu gedung pesta batak di Jakarta, yaitu Gedung Mulia Raja, Kebon Nanas. Bunda jangan kaget, ya. Saat itu prosesi adat bataknya sampai berlangsung 7 jam, loh. Wow!

Itulah sederet artis yang menikah dengan adat Batak. Adakah Parents yang juga menggunakan adat Batak saat menikah?

7 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia, Salah Satunya Suku Bugis

Ini Peraturan Resepsi Pernikahan di Era New Normal, Patuhi atau Kena Sanksi

10 Tanda halus suami mencintai begitu dalam, Bunda perlu tahu!

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan