5 Cara Cegah Hepatitis Akut Misterius pada Anak Menurut Ahli

  • Bagikan

JAKARTA, BERITASEBELAS.COM - Belum kelar tuntas dengan pandemi Covid-19, Indonesia saat ini telah digemparkan dengan penyakit hepatitis akut misterius. Penyakit satu ini digadang-gadang sangat berbahaya karena  menyerang kekebalan tubuh anak-anak dan menyebabkan kematian.

Baca Juga : Hepatitis Akut Misterius Dipastikan Sudah Masuk Indonesia, Orangtua Wajib Jaga Kesehatan Anak

Saat ini, di Tanah Air sudah tercatat tiga kasus kematian hepatitis misterius yang melibatkan anak-anak. Sampai saat ini banyak tenaga ahli yang masih menelusuri penyebab dan asal-usul penyakit mematikan tersebut. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai saat ini memperingatkan kepada banyak masyarakat untuk tetap waspada pada penyakit hepatitis misterius satu ini.

Pasalnya penyakit tersebut dapat menjadi ancaman bagi generasi penerus Indonesia yaitu anak-anak. Oleh sebab itu, disamping para ahli menemukan obat penyembuhan penyakit misterius tersebut, BERITASEBELAS.COM, Jumat (13/5/2022) memiliki berbagai langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan untuk mencegah anak terjangkit penyakit hepatitis misterius tersebut. Berikut ini lima langkah pencegahan hepatitis akut misterius pada anak.

Cara Cegah Hepatitis Akut Misterius pada Anak  1. Rajin mencuci tangan  Baca Juga : 7 dari 18 Pasien Diduga Hepatitis Akut Meninggal Dunia, Ini Penjelasan RSPI Sulianti Saroso

Cara pencegahan pertama pada penyakit hepatitis misterius pada anak yaitu dengan rajin mencuci tangan. Sebab penyakit satu ini datang dari virus yang berbahaya. Oleh karena itu sebaiknya selalu mencuci tangan sebelum melakukan aktifitas. Hal ini memastikan tangan kamu tetap bersih dan tidak ada virus maupun kuman menempel yang memicu penyakit hepatitis misterius.

2.  Membawa Alat Makan Sendiri dan Tidak Boleh Berbagi

Cara mencegah kedua yang patut kamu lakukan yaitu dengan menyiapkan dan membawa alat makan kamu sendiri. Hindari kebiasaan buruk berbagai atau sharing alat makan dengan siapapun di sekeliling kamu. Hal ini dilakukan untuk menciptakan hidup higienis dan jauh dari virus dan kuman penyebab hepatitis misterius.

3. Menghindari Kontak Dengan Orang Sakit 

Cara pencegahan ketiga untuk dapat terhindar dari hepatitis misterius yaitu dengan menghindari kontak dengan orang sakit.  Terlebih bagi anak-anak yang sangat rentan terkena virus bila didapati berkontak erat dengan orang sakit.
Tidak hanya itu saja, selain berjaga menghindari orang sakit, anak kecil juga diwajibkan untuk selalu makan makanan bergizi supaya tercukupi vitaminnya dan membentuk anti bodi yang baik. Oleh sebab itu anak menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit

4. Konsumsi Makanan Matang dan Bersih

Pencegahan selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu memastikan anak selalu mengkonsumsi makanan matang dan bersih. Hal itu disebabkan virus hepatitis dapat terkontaminasi oleh makanan yang tidak terjamin kebersihannya. Hal itu akan mengundang kuman dan virus yang dapat menurunkan anti bodi anak.

5. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara kelima yang dapat kamu lakukan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Sampah seperti popok sekali pakai dan tissue bekas juga mengundang banyak penyakit yang dapat menyebabkan hepatitits misterius. Jadi alangkah baiknya bila kamu selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.*

Editor : Endang Oktaviyanti

Artikel Asli

Sumber: celebrities.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan