Hepatitis Akut Misterius Masuk ke Indonesia, Begini Upaya Kementerian Kesehatan Antisipasi Penyebaran

  • Bagikan

JAKARTA, BERITASEBELAS.COM - Kasus Hepatitis akut misterius pada anak telah masuk ke Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan sebanyak 18 kasus ditemukan diduga Hepatitis akut ini. 

Baca Juga : Inilah Sosok Prof. Bambang yang Disebut Dody Sudrajat, Pria yang Menerima Asuransi Vanessa Angel Setengah Miliar Lebih

Melihat perkembangan tersebut, Kemenkes melakukan upaya pencegahan penyebaran secara meluas. Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan Kemenkes melakukan upaya mitigasi untuk mengantisipasi meluasnya penyakit Hepatitis Akut di Indonesia, dengan mengumpulkan informasi global seputar itu.

"Sejak ditemukan penyakit Hepatitis Akut di Inggris Raya, Kemenkes bergegas melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga kesehatan dari negara-negara lain seperti CDC dan Pemerintah Inggris, untuk mendapatkan pembelajaran terkait dengan kondisi yang terjadi. Kemenkes juga aktif informasi global maupun regional melalui informasi resmi yang dikeluarkan oleh WHO, CDC, dan Pemerintah Inggris,” kata dr Syahril, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga : Farhat Abbas Sindir Komnas Perlindungan Anak, Gegara Beri Penghargaan ke Haji Faisal dan Fuji

Langkah kedua yaitu meningkatkan kewaspadaan publik. Dengan melakukan sosialisasi dan edukasi terkait kejadian ini sejak akhir bulan April kemarin, berkoordinasi dengan seluruh Dinas Kesehatan di Indonesia untuk mensosialisasikan langkah-langkah penanggulangan penyakit ini. 

Serta menerbitkan Surat Edaran tentang Kewaspadaan terhadap temuan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya. Ketiga, memperkuat deteksi dengan melakukan penyelidikan epidemiologi, melakukan analisis pathogen menggunakan teknologi Whole Genome Sequencing (WGS) dan pengembangan pelaporan kasus menggunakan sistem NAR.

  Baca Juga : Tol Japek dan MBZ Ditutup Sementara Imbas Kemacetan, Mengular hingga KM 48 Arah Cikampek

Prev 1 / 2 Next

Artikel Asli

Sumber: celebrities.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan