Ingin Mendapat Ilmu yang Bermanfaat? Kata UAH Baca Doa Ini

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM Setiap manusia tentu mendambakan memiliki pengetahuan yang dalam, wawasan yang luas serta bermanfaat bagi sesama manusia. Karena itu, seseorang perlu belajar agar mendapat ilmu yang diinginkan.

Agama Islam sendiri telah memberikan tuntunan yang komprehensif dalam berkehidupan termasuk dalam aspek pengetahuan. Sehingga manusia dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT terkait dengan harapan diberikan pengetahuan yang luas.

Berkaitan dengan hal tersebut, Cendekiawan Muslim Indonesia Ustaz Adi Hidayat atau yang lebih akrab disapa UAH menjelaskan tentang sebuah Hadits yang disampaikan dalam kitab karangan Imam Tirmidzi. Keterangan ini berisi dengan kumpulan doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

"Imam Tirmidzi menyampaikan bahwa Rasulullah SAW suatu kali pernah bersabda mengajarkan doa terkait dengan penambahan dan juga mengahdirkan manfaat dari ilmu pengetahuan yang didapat," kata UAH dalam video dari channel YouTube Adi Hidayat Official, diunggah 10 Maret 2022.

Berikut bacaan doa tersebut:

 اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Arab-latin: Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: "Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."

Dari doa di atas, kata UAH menjelaskan bagaimana Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat Islam agar memohon kepada Allah SWT dalam setiap ilmu yang dipelajari dan tentunya diberikan oleh Allah SWT dari ikhtiar belajar manusia selalu mengandung manfaat.

"Jadi asas manfaat dari pengetahuan yang didapati itu dipandang sangat penting dalam Islam," kata UAH.

Sebab menurut UAH, tidak sedikit didapati, ada orang yang ahli pengetahuan, tetapi pengetahuannya digunakan kepada hal-hal yang kontraproduktif. Karena tidak ada keberkahan, ilmu yang didapatkan akan digunakan untuk hal-hal yang bahkan mengandung bahaya bagi kehidupan bermasyarakat.

"Karena itu, permohonan yang diajukan kepada Allah SWT, meminta segala yang dipelajari mengandung manfaat dan maslahat. Berkontribusi bagi kehidupan dan memakmurkan masyarakat," pungkas UAH yang juga merupakan penulis buku Persoalan Hadist-hadist Populer tahun 2013 tersebut. []

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan