Kapolri: Kami akan Komitmen Terus Kawal Ruang Demokrasi untuk Penyampaian Aspirasi Buruh

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan pihaknya akan terus mengawal serta menjaga ruang-ruang demokrasi yang digunakan serikat buruh dalam menyampaikan aspirasi.

Hal itu didasari karena menurut Sigit, penyampaian aspirasi yang dilakukan buruh merupakan suatu upaya untuk menambah kesejahteraan buruh di masa mendatang.

"Tentunya dalam kesempatan ini kami berkomitmen untuk terus mengawal, menjaga, memanfaatkan ruang-ruang demokrasi yang digunakan oleh rekan-rekan buruh untuk menyampaikan kebebasan ekspresi, menyampaikan aspirasi, untuk kesejahteraan buruh ke depan," kata Sigit dalam sambutan di aksi May Day Fiesta yang digelar di GBK, Sabtu (14/5/2022).

Baca juga: Indonesia Jadi Negara 5 Terbesar Dunia untuk Vaksinasi Covid-19, Kapolri: Karena Peran Buruh

Kendati begitu, Sigit mengingatkan, dalam penyampaian aspirasi, para massa aksi diminta untuk tetap patuh pada aturan serta konstitusi.

"Tentunya kita selalu minta semua dilaksanakan sesuai aturan UU, sesuai aturan konsitutusi dan Alhamdulillah hari ini semua bisa ditunjukkan," ucap dia.

Dirinya lantas mencontohkan, sekaligus mengapresiasi aksi yang digelar pada hari ini.

Kata Sigit, agenda aksi bertajuk May Day Fiesta tersebut, telah berhasil mengumpulkan massa buruh dalam jumlah besar, namun tetap berjalan damai.

Atas hal itu, mantan Kabareskrim Polri tersebut, menyatakan kalau aksi buruh yang digelar hari ini merupakan cerminan dari bentuk sebuah negara demokrasi modern.

"Semua itu menunjukkan indonesia adalah negara demokrasi yang sudah modern. Tunjukan terus, jaga terus karena ini adalah modal bagi kita untuk terus maju," tukas Sigit.

Sebagai informasi, Kapolri Sigit terpantau hadir di lokasi sekitar pukul 14.26 WIB, kehadiran Sigit langsung disambut oleh beberapa pimpinan Serikat Buruh termasuk Presiden KSPI Said Iqbal.

Setibanya di SUGBK, Kapolri Sigit langsung mengitari area jogging track stadion seraya menyapa para buruh yang sudah hadir dan duduk di tribun penonton.

Setelahnya, Kapolri Sigit terlihat langsung menaiki panggung orasi yang letaknya tepat berada di sektor 18 Stadion GBK.

Sigit memberikan sambutan sekaligus semangat kepada para buruh yang sudah hadir dalam agenda aksi pada hari ini yang dimulai dari depan Gedung DPR RI pagi tadi.

"Hidup Buruh, Selamat Ulang Tahun untuk seluruh buruh di Indonesia maupun di luar negeri," kata jenderal polisi bintang empat itu dari atas panggung orasi.

Setelah memberikan sambutannya, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri itu meminta izin kepada para buruh untuk memimpin langsung penyanyian lagu Padamu Negeri.

Permintaan itu lantas disambut baik oleh massa buruh dan selang beberapa detik para buruh menyanyikan lagu Padamu Negeri yang dipimpin langsung oleh Sigit sambil berdiri.

"Terakhir, mungkin untuk mewujudkan kecintaan kita kepada negeri kita, apakah kami, saya, boleh memimpin satu lagu perjuangan kita izinkan saya pimpinan lagu perjuangan kita. Mari kita bernyanyi untuk negeri kita tercinta," tukas Sigit.

Artikel Asli

Sumber: tribunnews.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan