Antisipasi Kasus Hepatitis Akut Misterius, Dinkes Solo Gencar Lakukan Sosialisasi PHBS

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Jawa Tengah, memastikan belum ada laporan terkait kasus Hepatitis Akut Misterius di Solo.

Meski demikian, antisipasi tetap harus dilakukan sejak dini dengan gencar melakukan sosialisasi menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mengurangi risiko terpapar.

Baca Juga

Komisi X DPR Desak Nadiem Ambil Langkah Mitigasi Hepatitis Akut di Sekolah

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan sejauh ini belum ada temuan kasus kasus Hepatitis Akut Misterius di Solo. Meskipun tidak ada temuan kasus, hal ini tidak membuat DKK bersantai karena kasus ini sudah ditemukan didaerah lain

"Kami sampai saat ini belum menerima laporan terkait temuan penyakit atau yang bergejala mirip Hepatitis Akut Misterius di Solo," ujar Ning sapaan akrabnya, Sabtu (14/5).

Diakuinya pentingnya penerapan PHBS di tengah masyarakat mengingat penularan Hepatitis Akut yang cukup misterius ini terjadi karena asupan makanan yang dikonsumsi. Karena itu perilaku makan perlu menjadi perhatian, terlebih jika makan di luar rumah seperti lokasi kuliner dan sejenisnya.

"Penularannya kan bisa lewat makanan, jadi walaupun harus makan di luar pastikan makanan higienis dan sehat. Kalau khawatir alat makannya kurang bersih, sebaiknya bawa alat makan sendiri," papar dia.

Baca Juga

Dokter Spesialis Anak: Jangan Panik saat Temukan Gejala Awal Hepatitis

Ning meminta para orang tua bisa lebih jeli dalam pengawasan makanan yang dikonsumsi anak masing-masing mengingat hepatitis akut ini memang lebih mudah menyerang anak-anak. Orang tua yang mendapati adanya gejala segera periksakan diri rumah sakit terdekat.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming menegaskan sejauh ini belum ada temuan kasus hepatitis akut. Meskipun demikian, ia meminta dinas terkait untuk mengambil langkah tegas jika ada temuan kasus dan melakukan antisipasi terhadap fenomena hepatitis akut tersebut.

"Saya instruksikan dinas terkait untuk melakukan antisipasi terhadap kemungkinan munculnya penyakit tersebut dan mulai mulai melakukan monitoring pada anak. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

DPRD Sarankan Kantin Sekolah di Jakarta Ditutup Antisipasi Hepatitis Akut

Artikel Asli

Sumber: merahputih.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan