Terkait Penyakit Misterius Hepatitis Akut, 1 Warga Jabar Dilaporkan Terpapar

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso Jakarta, dr. Mohammad Syahril mengungkapkan saat ini terdapat 18 pasien terdeteksi terpapar penyakit misterius hepatitis akut. 

Ia mengungkapkan salah seorang pasien dari 18 pasien yang terpapar, ternyata berasal dari Jawa Barat.

Saat ini, pasien tersebut sudah dalam penanganan tim medis. Tak hanya warga Jabar, penyakit tersebut sudah menyerang 17 orang lainnya yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Para pasien tersebut berasal di Sumatera Utara satu orang, Sumatera Barat satu orang, Kepulauan Bangka Belitung satu orang, DKI Jakarta 12 orang, Jawa Timur satu orang serta Kalimantan Timur satu orang.

“Ada 18 kasus yang bergejala yang disebut dengan acute hepatitis of unknown etiology atau hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya,” ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Ia menambahkan berdasarkan jenis kelamin para pasien ini sama rata yakni 9 laki-laki, 8 perempuan dan 1 orang masih dalam proses verifikasi.

Sedangkan dari segi usia, pasien didominasi anak-anak yakni usia 0-4 tahun ada 4 orang, usia 5-9 tahun ada 6 orang, usia 10-14 tahun ada 4 orang dan usia 15-20 tahun ada 4 orang.

“Kemudian dari 18 ini, pasien yang meninggal ada 7 orang dan masih hidup 11 orang,” ucapnya.

Menurut dr. Mohammad Syahril gejala yang paling banyak terjadi pada 18 orang ini antara lain; demam, mual, muntah, hilang nafsu makan, diare akut, perut nyeri, nyeri sendi, mata dan kulit kuning, gatal, urin keruh seperti teh, dan perubahan warna feses. 

Saat ini masyarakat Indonesia sedang digemparkan dengan kemunculan penyakit misterius yakni hepatitis akut. Kasus ini ditemukan pertama kali di Jakarta dan menewaskan tiga orang. Masyarakat pun kini diimbau agar tetap waspada serta menjaga kesehatan serta kekebalan tubuh dengan baik.[]

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan