Kalahkan Wakil Tuan Rumah, Rio Waida Juarai Sydney Surf Pro 2022

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM, Surfer Tanah Air, Rio Waida berhasil menjuarai ajang bergengsi di Sydney Surf Pro 2022 pada nomor Open Mens yang bergulir di Manly Beach, Australia, pada 17-24 Mei 2022.

Melansir laman World Surf League, Rio Waida yang berangkat dari babak 96 besar, sukses tampil gemilang sepanjang ajang Sydney Surf Pro 2020.

Termasuk dengan mengalahkan peselancar Brazil, Michael Rodrigues dengan catatan skor 17,80. Sedangkan lawannya itu hanya mencetak skor 17.67.

Dominasinya berlanjut kala tampil mengalahkan wakil Hawai, Brodi Sale, dengan catatan skor 14,83. Sementara di semifinal, dia mengalahkan peselancar Amerika Serikat, Jett Schilling. dengan skor 8, 50.

Alhasil, Rio Waida pun berhak untuk tampil di partai puncak Sydney Surf Pro 2022 pada Selasa (24/5). Peselancar keturunan Jepang itu menantang tuan rumah, Ryan Callinan.

Tampil menggebu di nomor Open Mens, Rio Waida akhirnya sukses menjadi juara usai mencetak skor tertinggi 17,73, sementara Ryan Callinan hanya mencatatkan skor 15.70.

Dengan kemenangan di Sydney Surf Pro 2022 yang memiliki level World Surf League (WSL) Challenger Series, maka Rio Waida yang mendapat wildcard, berhak tampil di Lever Championship Tour 2022. Kejuaraan selancar itu akan digelar pada 28 Mei-6 Juni 2022 di Pantai G-Land Banyuwangi.

Atas pencapaiannya tersebut, Rio Waida juga kebanjiran apresiasi dari masyarakat Indonesia. Bahkan Ketua Umum Komite Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman turut memberikan apresiasi.

“Selamat kepada Rio Waida yang berhasil menjadi juara pada suatu kompetisi selancar ombak bergengsi Sydney Surf Pro. Prestasi tersebut sangat membanggakan bangsa dan negara,” ucap Marciano.

“Terima kasih atas kerja kerasnya, juga pada pelatih dan Pengurus  Besar Persatuan Olahraga Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI). Semoga ke depan, atlet selancar ombak Indonesia dapat terus meraih prestasi yang membanggakan.”

Selain dari ketua KONI, ucapan selamat juga mengalir deras dari masyarakat Indonesia kepada peselancar berbakat Indonesia, Rio Waida.

Hal itu sebagaimana dilansir dari unggahan twitter @wsl yang mengabadikan momen kemenangan Rio Waida di Sydney Surf Pro 2022.

Tuai Beragam Prestasi Bergengsi

Selain sukses menjadi peselancar Indonesia pertama yang menjuarai Sydney Surf Pro 2022, Rio Waida juga melahirkan banyak prestasi di kejuaraan bergengsi lainnya.

Salah satu prestasi yang ditorehkan Rio Waida adalah menjuarai Corona Open Mexico 2021 di Barra De La Cruz Oaxaca, Meksiko.

Pada Kamis (21/8/21) dini hari WIB, Rio Waida mengukir prestasi gemilang di Corona Open Mexico 2021 dengan mengalahkan peselancar nomor tiga dunia, Filipe Toledo, di babak 32 besar.

Dalam pertandingan tersebut, peselancar asal Indonesia itu unggul raihan poin atas Filipe Toledo. Rio Waida pun tak menyangka bisa mengalahkan peselancar nomor tiga dunia.[]

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan