10 Kumpulan Doa Ayah untuk Anak Perempuan, Jangan Lupa Amalkan Setiap Hari

  • Bagikan

Memiliki anak perempuan dirasa agak spesial untuk sebagian ayah. Tak heran kalau mereka akan melindungi serta terus mendoakan anak perempuannya agar dijauhkan dari keburukan. Doa ayah untuk anak perempuan memang sangat berarti.

Mendoakan anak termasuk upaya orangtua memberikan perlindungan spiritual bagi anak. Begitu pun ayah, agar kedekatan spiritual dengan sang putri terjalin dengan baik, hendaknya memberikan doa-doa yang baik pula untuknya.

Lantas, apa saja doa dalam Islam yang dapat diamalkan oleh ayah untuk anak perempuan?

Artikel Terkait: Ingin anak tumbuh jadi sholeh? Jangan lupa baca doa dan lakukan 7 tips ini Sosok Ayah untuk Anak Perempuan Menurut Islam

Disebutkan dalam kitab Tarbiyatul Banaat Fil Islam karya Syaikh Abdul Mun’im Ibrahim bahwa salah satu cara orang tua memenuhi kebutuhan emosional anak perempuan adalah dengan mencontohkan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Yaitu dengan meyakinkan anak perempuan bahwa ia adalah bagian dari sang ayah. Jika anak bahagia, maka sang ayah juga berbahagia. Namun, jika anak bersedih, maka ayah pun turut merasakan kesedihan.

Ada kisah menarik tentang Fatimah, putri Rasulullah SAW, berkaitan dengan kedudukan Fatimah di hati sang ayah (Rasulullah SAW).

Dari Miswar bin Makhramah, ia berkata “Pernah Ali bin Abi Thalib berniat meminang putri Abu Jahal. Fatimah mendengar kabar tersebut, lalu ia datang kepada sang ayah, untuk melaporkan hal tersebut. Ia berkata kepada Rasulullah: “Orang-orang mengira bahwa Engkau tidak akan marah demi putri-putrimu dikarenakan Ali ingin menikahi putri Abu Jahal.”

Artikel Terkait: 5 Peran Penting Ayah dalam Keluarga Menurut Islam, Apa Saja?

Mendengar pengaduan dari putrinya tersebut, Rasulullah SAW berdiri, lalu bersabda:

أَمَّا بَعْدُ، أَنْكَحْتُ أَبَا الْعَاصِ بْنَ الرَّبِيعِ، فَحَدَّثَنِي، وَصَدَقَنِي، وَإِنَّ فَاطِمَةَ بَضْعَةٌ مِنِّي، وَإِنِّي أَكْرَهُ أَنْ يَسُوءَهَا، وَاللَّهِ لَا تَجْتَمِعُ بِنْتُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِنْتُ عَدُوِّ اللَّهِ عِنْدَ رَجُلٍ وَاحِدٍ. فَتَرَكَ عَلِيٌّ الْخِطْبَةَ

“Amma Ba’du, Aku telah menikahkan Abul Ash bin Rabi’, ia mengatakan sesuatu kepadaku dan ia memenuhi apa yang ia katakan kepadaku. Sesungguhnya Fatimah adalah bagian dariku, dan aku tidak suka seseorang menyakitinya. Demi Allah, tidak akan berkumpul Putri Rasulullah dengan putri musuh Allah di bawah naungan satu laki-laki. Lalu Ali bin Abi Thalib membatalkan pinangan tersebut.” (HR. Al-Bukhari no. 3729 dan Muslim 2449)

Image: iStockphoto

Dari sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi “Sesungguhnya Fatimah adalah bagian dariku, dan aku tidak suka seseorang menyakitinya,” maka sangat jelas bahwa Fatimah, putri Rasulullah SAW, memiliki kedudukan di hati sang ayah. Kesedihan sang putri adalah kesedihan ayahnya, dan kebahagiaannya adalah kebahagiaan sang ayah pula.

Itulah mengapa di dalam Islam, ayah memiliki peran khusus untuk anak perempuan. Anak perempuan yang merasa aman, nyaman, serta terlindungi oleh sang ayah akan lebih terarah kehidupannya, baik untuk urusan dunia maupun akhirat.

Kumpulan Doa Ayah untuk Anak Perempuan

Berikut ini beberapa kumpulan doa yang bisa diamalkan para ayah untuk anak perempuan.

1. Doa agar Anak Rajin Beribadah (Doa Nabi Ibrahim AS)

Image: Freepik

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (Q.S. Ibrahim: 40)

2. Doa Mohon Perlindungan Allah SWT untuk Anak (Doa Rasulullah SAW untuk Cucu-cucunya, Hasan dan Husain)

Image: iStockphoto

أُعِیْذُهُ بِكَلِمَاتِ للهَِّ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَیْطَانٍ وَھَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَیْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithoniw wahaammatiw wamin kulli ‘ainil laammah

Artinya: “Aku memohon perlindungan baginya (sebut nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (H.R. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani, diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Tirmidzi)

3. Doa agar Anak Memiliki Pemahaman Agama yang Benar

Image: Freepik

اَللَّھُمَّ فَقِّھْھُ فِى الدِّیْنِ وَعَلِّمْھُ التَّأْوِیْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah pemahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat al-Qur’an).” (H.R. Bukhari)

4. Doa agar Anak Beriman dan Bertakwa

Image: Freepik

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Q.S. Al-Furqon: 74)

5. Doa Memohon Anak yang Baik (Doa Nabi Zakaria AS)

Image: Freepik

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (Q.S. Ali Imran Ayat 38)

6. Doa agar Anak Berbakti kepada Orang Tua

Image: Freepik

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “Ya Allah berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka.”

7. Doa agar Anak Pintar

Image: Freepik

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadìnaa nuuron wa hìk-matan wa ahlìhìm lìqobuulì nì’matìn wa ashlìh-hum wa ashlìh bìhìmul ummah.

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

8. Doa agar Anak Tumbuh Sehat, Cerdas, serta Bermanfaat untuk Sesama

Image: Freepik

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohììhan kaamìlan, wa ‘Aqìlan haadzìqon, wa ‘aalìman ‘amìlan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, memilki akal cerdas, dan memilki ilmu dan suka beramal.”

9. Doa Memohon Kebaikan untuk Anak

Image: iStockphoto

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Allahumma bariklii fii ‘aulaazdii waahfathhum wa laa tathurra hum waarzukna birrohum.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

10. Doa Memohon Keberkahan untuk Anak

Image: Freepik

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wa fiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fiddunya wal akhiroh.

Artinya: “Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jamaah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rejeki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan dalam urusan dunia dan akhirat.”

Artikel Terkait: 5 Bacaan Doa untuk Ayah Beserta Latin dan Artinya, Yuk Ajarkan ke Si Kecil!

Demikianlah kumpulan doa yang bisa diamalkan oleh ayah untuk anak perempuan. Doa menjadi hal yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Sebab, usaha yang kita lakukan tidak cukup jika tidak dibarengi dengan doa. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Parents!

10 Pengingat Penting Betapa Hebatnya Peran Ibu untuk Anak dan Keluarga

Ingin anak Anda cantik luar dalam? Yuk lakukan 10 hal ini!

7 Hal yang Harus Dilakukan Ayah Untuk Anak Perempuan, Sudah Dilakukan?

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan