5 Politisi Dunia Alami Insiden Jatuh dari Sepeda, Terbaru Joe Biden

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM  Saat ini, bersepeda bukan hanya tentang moda transportasi, tetapi juga telah menjadi kegiatan olahraga maupun rekreasi. Dengan manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh hingga mental, bersepeda menjadi salah satu pilihan aktivitas yang banyak digandrungi warga. Apalagi, bersepeda dianggap sebagai aktivitas yang mudah dilakukan, murah, serta ramah lingkungan.

Banyak penggemar yang kemudian rela melakukan kegiatan bersepeda dengan bermacam medan, dari mulai pedesaan, jalanan kota, hingga perbukitan yang terjal. 

Dengan kelebihannya itu, bersepeda kerap dipilih oleh para politisi dunia untuk sekadar membakar kalori ataupun acara sosialiasi. Namun, seperti kegiatan olahraga pada umumnya, jatuh atau tertabrak menjadi risiko yang umum terjadi saat bersepeda. Insiden seperti ini pun turut dialami oleh para politisi tersebut, hingga akhirnya jadi bahan perbincangan warga.

Siapa saja para politisi itu dan bagaimana kronologinya?

Dilansir dari berbagai sumber, BERITASEBELAS.COM pada Senin (20/6) menghimpun 5 politisi dunia yang pernah mengalami insiden jatuh dari sepeda.

1. Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden  Manuel Balce Ceneta/AP

Insiden terbaru dialami oleh Presiden AS ke-46 dan yang saat ini menjabat, Joseph Robinette Biden Jr. atau yang lebih dikenal sebagai Joe Biden. Menjadi sorotan dunia, Biden terjungkal dari sepeda pada akhir pekan lalu. 

Sejak Jumat (17/6), Biden dan keluarganya memang menghabiskan akhir pekan yang panjang di rumah pantainya di Rehoboth Beach, Delaware. Diketahui, tanggal itu menjadi ulang tahun pernikahan ke-45 antara Biden dan istrinya, Jill.

Pada Sabtu (18/6) pagi hari yang cerah, Biden kemudian memutuskan untuk mengayuh sepeda bersama Jill dan rombongannya. Di akhir perjalanan, Biden pun sampai ke Henlopen State Park, di mana kerumunan pendukung sudah berdiri di dekat jalur sepeda.

Melihat warga yang antusias, Biden pun memutuskan untuk memisahkan diri dari rombongan, dan menyapa para simpatisan. Pada saat itulah, Biden mencoba turun, tapi akhirnya justru ia jatuh dari sepeda.

Biden, yang saat itu mengenakan helm putih dan kaos abu-abu, tampaknya telah jatuh di sisi kanannya dan kemudian berguling di jalanan. Melihat itu, petugas pengawal presiden langsung sigap menolong orang nomor satu di AS i tu. 

Terlihat dalam video, pengawal mencoba meminta massa untuk mundur, dan beberapa petugas lain mengangkat Biden. Pria 79 tahun itu, kemudian terlihat bangkit, dan berulangkali mengucap 'saya baik-baik saja'.

"Saya baik-baik saja. Kaki saya terselip clip pedal," kata Biden kata Biden kepada wartawan setelah agen Dinas Rahasia AS dengan cepat membantunya berdiri.  Sembari tersenyum, Biden melanjutkan niatannya untuk menyapa dan berbincang dengan penggemar. Sementara warga bertepuk tangan.

Biden tidak memerlukan perhatian medis dan 'baik-baik saja', menurut pernyataan Gedung Putih.

2. Presiden AS,  George W. Bush    The Independent

Insiden jatuh dari sepeda juga pernah dialami oleh pendahulu Biden, Presiden George W. Bush, dengan dampak yang bahkan lebih fatal. 

Peristiwa itu terjadi pada Mei 2004, di mana Bush jatuh dari sepeda gunungnya saat melakukan latihan sejauh 17 mil di peternakannya di Crawford, Texas. Karena kejadian itu, Bush mendapatkan sejumlah luka goresan, seperti pada dagu, bibir atas, hidung, tangan kanan, hingga kedua lututnya.

Hampir sama seperti Biden, Bush jatuh saat kembali dari tur dan menyelesaikan lintasannya bersama dengan Richard Tubb. Tubb adalah dokter Bush sekaligus agen militer dan anggota Secret Service.

Kecelakan itu pun terjadi saat Bush sampai pada lintasan sejauh 16 mil. Dilaporkan, dokter Gedung Putih telah menyarankan Bush bersepeda gunung untuk berolahraga.

Bush, yang saat itu berusia 58 tahun, mengenakan helm dan pelindung mulut saat jatuh. 

Ketika itu, para wartawan pun sampai diberitahu untuk tidak terkejut jika presiden dibalut saat muncul di depan umum.

Dalam insiden lain, pada 6 Juli 2005, Bush menabrak seorang petugas polisi yang ditugaskan untuk menjaga KTT G-8. Saat itu, ia menandai ulang tahunnya yang ke-59 dengan berputar-putar dengan roda duanya di sekitar halaman hotel Gleneagles di Skotlandia. Kecelakaan itu terjadi pada sore hari dengan cuaca sedang dalam kondisi gerimis.

Petugas yang ditabrak Bush mengalami memar di pergelangan kaki. Kecelakaan itu juga membuat sang presiden mengalami beberapa goresan 'ringan hingga sedang'.

Kemudian dalam kecelakaan sebelumnya pada tahun 2003, Bush jatuh dari skuter bermotor. Dia juga nyaris lolos dari beberapa insiden yang mengancam jiwa lainnya. Salah satunya terjadi pada tahun 1999, di mana ia terhindar dari cedera parah setelah sebuah truk yang membawa muatan semen dan kayu terbalik saat ia sedang jogging. 

Bush juga setidaknya hampir mati tersedak hingga bertemu dengan ular mulut kapas yang sangat berbisa ketika berenang di Texas.

3. Menteri Malaysia Khairy Jamaluddin  TWITTER/KHAIRYKJ

Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin Abu Bakar atau atau lebih dikenal dengan nama KJ juga pernah menjadi 'korban sepeda'. Peristiwa tidak menyenangkan itu terjadi pada 27 Desember 2020 lalu, saat Khairy masih menjabat sebagai  Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia.

Selama kejadian, Khairy jatuh saat bersepeda di sebuah jalan di Banting, negara bagian Selangor.

Turun di Twitter, Khairy pun sempat mengungkap kronologi bagaimana ia akhirnya bisa mendarat di tanah. Terungkap kemudian bahwa 'pelaku' adalah sebuah lubang yang berada di sisi jalan dekat selokan.

Gara-gara lubang itulah, Khairy mendapatkan luka memar di bagian wajahnya, yang ia turut unggah di media sosialnya.

"Lubang, parit, KJ. ​​2020 terus memberi," cuit Khairy, yang kebetulan saat itu baru terpilih sebagai presiden Asosiasi Sepeda negara bagian Negeri Sembilan.

Tak disangka, cuitan itu dengan cepat mendapatkan respons dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kuala Langat, yang bertanggung jawab atas jalan-jalan di Banting. Dinas pun dalam pernyataannya meminta maaf kepada Khairy atas insiden yang terjadi.

Namun, permintaan maaf tersebut lantas dikritik oleh seorang pemimpin pemuda Parti Keadilan Rakyat di Selangor. Menurutnya, departemen itu harusnya juga meminta maaf kepada pengguna jalan lain, tidak hanya Khairy.

"Ada banyak lubang di bawah pengawasannya dan apakah niat untuk meminta maaf hanya setelah kecelakaan melibatkan seorang menteri?" sindir Ketua Pemuda PKR Kuala Langat Mohd Shah Rezza Mohd Tuniman, seperti dikutip situs berita Malaysiakini.

4. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Indonesia, Yasonna Laoly  INSTAGRAM/@yasonna.laoly

Musibah serupa juga baru saja dialami oleh Menkumham Yasonna Laoly. Ramai diberitakan media Tanah Air, Yasonna dilaporkan jatuh saat 'gowes' di Kompleks Perumahan Royal Sumatera, Kota Medan. Kejadian itu terjadi pada Sabtu pagi (18/6), seperti halnya Presiden Joe Biden. 

Yasonna sedang dalam tur bersama dengan tim Yasonna Hamonangan Laoly Cycling Club (YHLCC), saaa ia tumbang dari sepeda.

Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, Aswan Jaya telah membenarkan berita itu, mengungkap Yasonna jatuh saat melewati jembatan kecil yang berlubang. Aswan menambahkan bahwa Yasonna terjungkal dari ketinggian sekitar 1 meter dan terjerembap di sebuah parit dangkal.

Setelah insiden, menteri Indonesia itu langsung dibawa ke rumah sakit, di mana ia kemudian menjalani pemeriksaan rontgen. Beruntung, dari hasil rontgen, Yasonna dinyatakan baik-baik saja, dan tidak ada luka serius. Ia juga telah diperbolehkan pulang.

5. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo  INSTAGRAM/ganjar_pranowo

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo juga dikenal suka gowes. Namun, seperti halnya Yasonna, Ganjar harus mengalami musibah karena hobinya itu. Insiden tepatnya terjadi pada Minggu, 6 Februari lalu, di mana Ganjar jatuh saat bersepeda dengan rekan-rekannya di Semarang.

Memang sudah menjadi kebiasaan bagi Ganjar untuk melakukan sidak sambil berinteraksi langsung dengan masyarakat. Pada saat kejadian, Ganjar pun sepedaan dengan tujuan mengecek antisipasi penyebaran varian Omicron sekaligus memeriksa kembali relokasi Pasar Johar yang sebelumnya terbakar.

Namun, saat melintasi rute perjalanan di daerah Kokrosono depan Hotel Siliwangi, sepeda Ganjar bersenggolan dengan sepeda kawannya. Kejadian itulah yang lantas membuat Ganjar jatuh hingga mengalami cedera di bagian tangan.

Usai kecelakaan itu, Ganjar langsung dilarikan ke RSUP Kariadi Semarang, di mana ia menjalani perawatan intensif, termasuk operasi. Meski mengalami patah tulang tangan, tetapi gubernur Jateng itu mengaku tak kapok bersepeda. Ia pun mengatakan akan lebih berhati-hati ke depannya.

Itulah beberapa politisi dunia yang pernah mengalami insiden jatuh saat bersepeda. Beruntung, tidak ada yang berujung fatal, ya.[]

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan