Cara Merayakan Hari Musik Sedunia 21 Juni dan Ucapan Happy Music Day!

  • Bagikan

Hari Musik Sedunia atau World Music Day akan jatuh pada hari Selasa, 21 Juni 2022.

World Music Day dikenal juga dengan sebutan Fete de la Musique, Music Day atau Make Music Day adalah sebuah hari yang diperingati besar-besaran di sejumlah negara, bahkan menjadi hari libur nasional di Prancis. Ini adalah sebuah waktu spesial di mana semua orang dapat memainkan musik yang mereka sukai.

Kekuatan musik telah kita rasakan setiap harinya, mulai dari lagu-lagu kecil yang nyatanya mampu membuat kita bergerak dan bersemangat, sampai dengan musik favorit yang telah membuat banyak orang keluar dari depresi dan anxiety disorder. Banyak dari kita yang merasakan bagaimana musik mampu membuat hari yang mengerikan tiba-tiba tampak tidak terlalu buruk.

Nah, Hari Musik Sedunia merayakan musik dalam segala bentuknya dan dampaknya terhadap dunia dan jiwa manusia. Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Hari Musik Internasional ini.

Artikel Terkait: Rekomendasi Musik yang Baik untuk Didengarkan saat Melahirkan

Sejarah Hari Musik Sedunia Pertama Kali Dirayakan di Prancis

Hari Musik Sedunia dirayakan pertama kali pada tahun 1982 di Prancis bertepatan dengan perayaan Summer Solstice. Menteri Kebudayaan Prancis saat itu, Jack Lange adalah orang yang memulai Fete de la Musique di Paris.

Komposer musik terkenal lainnya yang juga berperan dalam berdirinya Hari Musik Sedunia adalah Maurice Fleuret. Perayaan ini kemudian menjadi populer di semua negara.

1000 Kota di Seluruh Dunia Rayakan Music Day

Lebih dari 1.000 kota di seluruh dunia mengadakan perayaan musik di seluruh kota pada tanggal 21 Juni setiap tahunnya pada World Music Day.

Di Prancis sendiri, 21 Juni sebagai Fête De La Musique ini merupakan titik balik matahari musim panas. Tanggal 21 Juni ini merupakan hari libur nasional di Prancis. Hampir 8 persen penduduk dari negara tersebut (5 juta orang) telah memainkan alat musik atau dinyanyikan di depan umum untuk Hari Musik.

Hingga tiga dekade kemudian, Hari Musik telah menyebar ke seluruh dunia dan sekarang dirayakan di lebih dari 120 negara. Setelah perayaan Hari Musik Sedunia pertama di Paris, festival ini menjadi fenomena internasional.

Beberapa negara yang ikut merayakannya adalah India, Italia, Yunani, Rusia, Australia, Peru, Brasil, Ekuador, Meksiko, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Cina, Malaysia, dan beberapa negara lainnya.

Tema World Music Day: Make Music

Tema World Music Day 21 Juni adalah “Make Music”. Melalui Make Music, kita diajak mengambil bagian untuk mengadakan festival musik. Hari spesial ini adalah waktunya setiap jenis musisi, baik tua maupun muda, baik amatir dan profesional, memenuhi jalan-jalan, taman, alun-alun, dan beranda untuk berbagi musik mereka.

Cara Memperingati Hari Musik Sedunia Putar Musik Favorit Anda

Cara terbaik untuk merayakan Hari Musik Sedunia adalah dengan menghabiskan hari dengan mendengarkan semua favorit lama Anda. Anda bisa memilih lagu-lagu lama untuk bernostalgia, atau juga memainkan musik-musik instrumen kesukaan. Anda juga bisa berbagi kebahagiaan dengan bermain gitar, biola, atau piano spesial untuk keluarga atau pasangan Anda.

Jelajahi Musik dari Budaya atau Negara Lain

Jika Anda berniat benar-benar ingin berpetualang, mulailah menjelajahi YouTube atau Spotify untuk memutar musik dari budaya yang berbeda. Anda dapat menjelajahi bahasa Finlandia dan Hongaria, Italia, dan Mongolia, lalu mulai mendalami musik rakyat mereka.

Cara seperti ini, mungkin akan lebih mudah untuk menjelajahi panorama pengalaman musik yang ditawarkan dunia, dan Anda dapat melakukan semuanya itu di rumah Anda sendiri.

Waktunya Turun ke Jalan dan Buat Parade Musikmu Sendiri

Setiap Hari Musik, jalan-jalan Paris diramaikan dengan berbagai suara musik. Perayaan tersebut biasanya juga dihadiri oleh para turis karena ada beragam pesta, parade, pekan raya dan pesta dansa yang membuat Hari Musik Sedunia semakin meriah.

Adakan Konser Gratis

Para musisi muda hingga veteran turun ke jalan untuk “membuat musik”. Biasanya pada Hari Musik Sedunia, banyak konser gratis diselenggarakan dan merupakan sebuah keharusan untuk dapat diakses oleh semua orang.

Di Indonesia sendiri, Anda bisa menggelar konser kecil di taman kota, di kafe, atau juga di sekolah. Selain itu, mengumpulkan musisi jalanan dan membuat komunitas musik juga merupakan acara yang asyik.

Anda bisa memainkan instrumen favorit mereka di taman dan ruang terbuka untuk dinikmati orang-orang secara gratis.

Berbagi Ucapan Selamat Hari Musik Sedunia

Cara mudah merayakan Hari Musik Internasional adalah dengan berbagi ucapan selamat. Berikut adalah beberapa ucapan Happy World Music Day yang bisa Anda bagi di akun medsos, sebagaimana mengutip dari laman NDTV.

– Love for music goes beyond differences and boundaries. Let us unite with music.

– Wishing a very Happy World Music Day to you. Let the beats and melody of music fill our hearts with happiness.

– Happy Music Day to you. Celebrate this day with some beautiful music to enjoy.

– Music is precious and life is unimaginable without it. Happy World Music Day people

–  Whenever you are hurt or sad, play some music and you will feel better.

 – Music is a connection that brings people from different walks of life together. It is a way to connect the heart with hearts. It is a medicine for the soul. Warm wishes to you on World Music Day.

– Let the music play and let the souls enjoy. Let’s celebrate World Music Day.

Artikel Terkait: 3 Cara Menstimulasi Bayi dengan Musik, Parents Perlu Tahu

Manfaat Musik untuk Pertumbuhan Bayi hingga Kesehatan Mental Manfaat Musik untuk Anak

UNICEF menulis, musik klasik, atau lagu dengan suara lembut seperti lagu pengantar tidur, melodi yang bagus, mampu membangkitkan rasa kebahagiaan dan menenangkan si kecil.

Sebagaimana ditulis Washington Edu, penelitian juga menunjukkan bahwa serangkaian sesi bermain dengan musik dapat meningkatkan pemrosesan otak bayi berumur 9 bulan terhadap musik dan suara obrolan.

Selain itu, bermain musik dengan bayi adalah cara mudah untuk memperkuat hubungan orangtua dengan anak. Studi menunjukkan bermain musik bersama anak akan memicu pelepasan oksitosin atau ‘hormon relasi’ yang juga dihasilkan selama menyusui.

Manfaat Musik sebagai Mood Booster

Manfaat musik sebagai mood booster yang mampu membenahi perasaan telah nyata dirasakan banyak orang. Musik berperan dalam meningkatkan motivasi, baik ketika bekerja, belajar, dan sebagainya.

Meningkatkan Daya Ingat

Musik juga memiliki efek positif pada kemampuan Anda untuk menghafal. Dalam satu studi, peneliti memberi orang tugas yang mengharuskan mereka membaca dan kemudian mengingat daftar kata-kata pendek. Mereka yang mendengarkan musik klasik mengungguli mereka yang bekerja dalam diam atau dengan white noise.

Bagian otak yang mengingat memori musik adalah salah satu fungsi otak yang paling tahan terhadap demensia. Itulah mengapa beberapa pengasuh berhasil menggunakan musik untuk menenangkan pasien demensia dan membangun hubungan saling percaya dengan mereka.

Manfaat Musik dalam Menjaga Kesehatan Mental

Tahukah Anda, musik adalah salah satu hal yang mampu mengobati penyakit mental, lo. Penelitian di Jurnal Trends In Cogitive Science menyatakan bahwa musik bisa memicu munculnya beberapa zat kimia yang berperan penting untuk kesehatan otak dan mental.

Zat tersebut meliputi dopamin (memicu rasa bahagia), kortisol (pereduksi stres), serotonin (proteksi imun tubuh), dan oksitosin (peningkat kemampuan interaksi dengan orang lain). Zat-zat inilah yang berperan penting untuk mengalahkan stres, depresi, dan membuat kita lebih tenang.

**

Demikian hal-hal menarik tentang Hari Musik Sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 Juni beserta fakta-fakta baik tentang bagaimana musik mampu memengaruhi kehidupan sesorang. Happy world music day!

World Music Day https://www.daysoftheyear.com/days/music-day/

The Benefits of Listening to Music https://www.healthline.com/health/benefits-of-music#cognitive-benefits

The neurochemistry of music https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1364661313000491

How music affects your baby’s brain: Mini Parenting Master Class https://www.unicef.org/parenting/child-development/how-music-affects-your-babys-brain-class

Music improves baby brain responses to music and speech washington.edu/news/2016/04/25/music-improves-baby-brain-responses-to-music-and-speech/

World Music Day 2022: Here Is The Date, History, And Greetings To Mark The Day https://www.ndtv.com/world-news/world-music-day-2022-date-history-and-why-it-is-celebrated-3075214

Manfaat mendengarkan musik untuk tingkatkan efektivitas belajar

Tips Memilih Kursus Musik Untuk Anak

Sejarah Hari Musik Nasional dan Manfaat Musik bagi Perkembangan Anak

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan