Jokowi Ingin Penyakit Mulut dan Kuku Ditangani Seperti Kasus Covid-19

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya agar serius menangani penyakit mulut dan kuku (PMK). Kepala negara ingin PMK ditangani seperti kasus Covid-19.

"Mengenai penyakit mulut dan kuku, betul-betul harus ditangani dengan baik seperti menangani Covid-19 kemarin. Cara itu bisa dilakukan untuk penyakit mulut dan kuku," kata Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6).

Eks Wali Kota Solo itu berujar, sudah ada contoh penanganan kasus penyakit yang bisa ditiru seperti Covid-19. Maka, dia meminta hal itu dilakukan dengan baik.

"Sudah ada contohnya dan cara-caranya, saya kira silakan segera dilaksanakan di lapangan," kata Jokowi.

BACA JUGA:
Jokowi Sebut Luhut dan Zulhas Minta Waktu 1 Bulan agar Harga Minyak Goreng MerataJokowi Minta PLN dan Pertamina Tak Hanya Andalkan Subsidi, Harus Ada Efisiensi

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan penyuntikan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak dipercepat. Menurutnya, penyebaran virus di hewan yang terjadi saat ini sangat cepat seperti Covid-19.

Padahal, Kementerian Pertanian bersama stakeholder terkait telah melakukan upaya untuk pencegahan penularan PMK.

"Memang berkembangnya ini kayak covid, cepat, lewat media apapun ya, padahal sudah diblock Kementerian Pertanian dan Kepolisian," kata Jokowi saat ditemui di acara Temu Raya Alumni Progam Kartu Prakerja di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/6).

Jokowi mengatakan, saat ini PMK telah tersebar di 18 provinsi dan 190 kabupaten/kota. Untuk itu pemerintah segera mendatangkan 8.000 dosis vaksinnya dan meminta segera disuntikkan kepada sapi.

BACA JUGA:
Presiden Jokowi Ketemu Putin di Moscow 30 Juni MendatangMomen Jokowi Lupa Sapa Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto di Sidang Kabinet Paripurna

"Tapi tadi malam Alhamdulillah vaksin (PMK) yang 800.000 (dosis) sudah datang. Ini yang segera gerak cepat, suntikkan cepat cepat sehingga bisa melindungi sapi-sapi yang lain," kata dia.

[eko]

Artikel Asli

Sumber: merdeka.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan