Kemenkes Jelaskan Rencana Pembangunan Ketahanan Sistem Kesehatan Global

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, YOGYAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong negara-negara G20 untuk membangun ketahanan sistem kesehatan global dengan sinergi mobilisasi sumber daya keuangan dan kesehatan esensial.

Selain itu, ketahanan sistem kesehatan global juga mengoptimalkan platform berbagi data genomik global yang dipercaya oleh para ilmuwan di dunia.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara G20 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers di Yogyakarta.

Baca Juga:B20 Sebut Indonesia Layak Memimpin Pembahasan Ekonomi Inklusif Termasuk soal UMKM

Dia mengatakan perlu adanya dukungan pembentukan keuangan yang sesuai melalui pendanaan negara G20 dan gugus tugas kesehatan.

"Dana saja tidak cukup. Ke depan, kami harus membangun mekanisme untuk meningkatkan dan memobilisasi sumber daya sehingga penanganan medis darurat dapat diakses oleh semua negara saat krisis terjadi," kata Nadia, Senin (20/6).

Dia menjelaskan perlunya konsolidasi dan kepastian kemitraan multisektoral yang ada saat ini seperti Kelompok Koordinasi Internasional (ICG) tentang Penyediaan Vaksin, Kerangka Kesiapsiagaan Pandemi Influenza (PIP), ACT-Accelerator menjadi lebih permanen.

Baca Juga:Pertemuan Kedua EDM-CSWG G20 Diselenggarakan di Jakarta, Bahas Tiga Isu PentingPutu Rudana Beber 4 Isu Penting Ini Jelang P20-G20 di Bali

"Kemitraan ini dapat membantu negara-negara secara efektif menangani masa pandemi di masa depan," tandas Nadia. (mcr9/jpnn)


Berita Selanjutnya: Pangdam Udayana Kerahkan Ribuan Prajurit, Pasukan Elite dan Tempur Diterjunkan

Artikel Asli

Sumber: jpnn.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan