KIB Buka Peluang Gaet Bakal Capres yang Diusung NasDem, Wakil Ketua Umum PPP: Semua Nama Itu Menarik

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak menutup kemungkinan menggaet bakal calon presiden (capres) yang diusun oleh Partai NasDem.

Sebagaimana diketahui, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem resmi mengusung tiga figur sebagai bakal calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Adapun ketiga figur yang dimaksud yakni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

“Tidak tertutup kemungkinan. Meskipun tentu kalau kita bicara dalam konteks KIB itu saya kira kami akan melihat dulu ke dalam, kader-kader yang ada di dalam itu peluangnya seperti apa,” kata Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2022).

Anggota Komisi III DPR RI ini menambahkan, KIB pun tertarik dengan tiga nama yang diusung Partai NasDem. Menurut Arsul, ketiga nama tersebut punya kinerja yang baik di masing-masing bidangnya.

“Saya kira semua menarik, semua nama itu menarik. Selain yang tiga itu juga ada sejumlah nama lain yang memang sudah mengisi di ruang media kita lah bahwa beliau-beliau itu adalah calon potensial,” ucap Arsul.

Kendati demikian, ia tidak spesifik menyebutkan nama yang menarik bagi KIB. Wakil Ketua MPR RI ini bilang bahwa KIB masih mengamati pergerakan politik saat ini.

“Kalau yang paling menarik itu nanti kita akan liihat karna itu sudah menyangkut arah. Arahnya kalau KIB paling enggak PPP itu akan kita lihat dari dua survei. Survei daratan dan survei langitan. Kalau survei langitan itu ya kira istikharah lah,” tuturnya.

Baca juga: Presiden PKS Puji Cara Partai NasDem Jaring Sosok Bakal Calon Presiden, Sinyal Bakal Jalin Koalisi?

Meski tertarik, dia menekankan bahwa koalisinya tetap mengutamakan kader dari internal. Dalam hal ink, sambung dia, tidak mesti ketua umum parpol yang bakal diusung menjadi capres untuk maju Pemilu 2024.

“Tidak harus selalu ketua umumnya, bisa juga yang lain, tokoh yang mungkin sudah tidak aktif,  itu juga harus kita lihat. Di luar itu apakah tokoh militer atau mantan militer atau mantan pimpinan Polri itu juga harus kita lihat juga,” katanya.

Untuk diketahui, Partai NasDem memutuskan tiga nama untuk bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam penutupan Rakernas di JCC Senayan, Jumat (17/6/2022).

"Saya akan bacakan, penetapan rekomendasi bakal capres pada Pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan. Kedua, Muhammad Andika Perkasa. Ketiga, Ganjar Pranowo," kata Surya.

Adapun rekomendasi diserahkan oleh Steering Comitte Rakernas Partai NasDem Prananda Paloh hasil dari seluruh DPW NasDem seluruh Indonesia.

Surya Paloh mengaku merasakan antusiasme dan semangat yang luar biasa dalam Rakernas Nasdem ini.

Baca juga: Natalius Pigai Bongkar Peran Anies Baswedan di Nasdem, Ganjar dan Andika Perkasa Cuma Ban Serep?

"Rekomendasi yang ditujukan kepada saya, dengan amanah rakernas ini memutuskan menetapkan rekomendasi nama-nama bakal capres RI yang akan diusung Partai Nasdem pada Pemilu 2024 yang akan datang dari 3 nama. 3 nama ini adalah pilihan saudara-saudara," kata Surya.

Artikel Asli

Sumber: tribunnews.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan