Masih Suka Mager? Dampaknya Ngeri Beauty! Bisa Bikin Kamu…

  • Bagikan
BERITASEBELAS.COM, Jakarta —

Siapa nih yang masih sering mager? Buat kamu yang suka mager alias malas gerak, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini deh Beauty. Sebab, kebiasaan mager tidak baik bagi kesehatan. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Konsultan Hematologi Onkologi Medik FKUI-RSCM, Dr. dr. Ikhwan Rinaldi. Ia menjelaskan, kebiasaan mager bisa memicu munculnya kanker kolorektal (KKR) di usia muda.

"Aktivitas fisik rendah bisa memunculkan risiko (kanker kolorektal) meskipun kontribusinya tidak banyak," ujarnya dilansir dari Antara, Senin (20/6/2022).

Untuk menurunkan risiko KKR, para pakar kesehatan merekomendasikan untuk berolahraga ringan selama 30 menit setiap hari. Kebiasaan buruk lainnya yang bisa meningkatkan risiko terkena KKR adalah konsumsi daging merah secara berlebihan, kurang asupan makanan berserat, menyantap makanan berpengawet, merokok, dan berat badan berlebih.

"Konsumsi daging merah berlebihan yang dibakar atau diolah dengan suhu tinggi, yang dimakan bisa bukan lagi daging tetapi sudah ada yang bersifat karsinogenik," kata Ikhwan.

Berdasarkan data Globocan tahun 2012, insiden kanker kolorektal di Indonesia sebesar 12,8 per 100.000 penduduk usia dewasa, dengan mortalitas 9,5 persen dari seluruh kasus kanker.

Faktor penyebab kanker ini sekitar 70 persen dipengaruhi faktor lingkungan termasuk kebiasaan makan, aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol.

Artikel Asli

Sumber: herstory.co.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan