Mengenal Gopchang, Usus Barbekyu Khas Korea Selatan dengan Cita Rasa Pedas!

  • Bagikan

Banyak yang tidak suka jeroan tetapi makanan ini tidak pernah kehilangan peminatnya. Di Korea juga ada olahan dari jeroan. Salah satunya Gopchang, yakni hidangan yang terbuat dari usus sapi atau babi. Bukan dimasak gulai seperti di Indonesia, usus tersebut justru dipanggang ala barbekyu. Wah, nikmat banget kan?

Hidangan dari usus ini cukup memiliki banyak peminat, lo! Bahkan cukup sering nongol di Drama Korea, salah satunya Nevertheless. Dalam episode keempat, ada Song Kang dan Han So Hee yang menikmati makanan ini dengan mesra. Selain dipanggang, olahan usus ini juga disajikan dengan cara lain seperti ditumis atau dibuat sup pedas.

Artikel terkait : Mengenal Sannakji, Makanan Khas Korea Selatan Berupa Gurita Hidup

Gopchang Salah Satu Olahan Jeroan Khas Korea 

Sumber : id.pinterest

Gopchang merupakan kata dalam Bahasa Korea merujuk ke usus kecil sapi (atau babi). Nama masakan ini kadangkala disebut gopchang-gui. Gui berarti ‘hidangan panggang’ kemudian bila dirangkai menjadi “usus kecil daging sapi panggang”. 

Seperti dikutip dari situs Gopchang BBQ, hidangan ini seringkali diolah dalam beberapa jenis masakan, yakni direbus dalam panci panas (gopchang-jeongol), dipanggang di atas barbekyu (gopchang-gui), direbus dalam sup dengan usus lain (naejang-tang), atau dibuat menjadi sosis (sundae). Banyak orang menyebut Gopchang untuk merujuk pada usus yang dipanggang. 

Oleh masyarakat Korea, olahan usus ini dimakan sebagai sumber yang kaya zat besi dan vitamin. Tidak heran bila masakan ini juga disajikan sebagai suplemen kesehatan. Bahkan bagi masyarakat Korea makanan ini termasuk anju atau makanan yang dimakan dengan soju karena khasiatnya yang dipercaya bisa membantu memecah alkohol. 

Artikel terkait : Mengenal Sikhye Minuman Rebusan Beras Khas Korea Selatan dan Cara Praktis Membuatnya!

Sudah Ada Pada Masa Dinasti Joseon 

Sumber : id.pinterest

Mengutip LA Eater, hidangan ini diperkirakan sudah muncul sejak Dinasti Joseon. Hidangan ini mulai dikenal kira-kira antara abad ke-14 dan ke-19. Gopchang dianggap sebagai makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan tubuh. 

Selain itu, makanan ini juga sangat populer sebagai makanan di kalangan bangsawan kaya pada zaman Dinasti Joseon. Itulah sebabnya makanan ini banyak disukai oleh orang kaya dari generasi yang lebih tua.

Artikel terkait : Mengenal Hotteok Jajanan Manis Khas Korea dan Resepnya

Resep Gopchang yang Praktis Dibuat di Rumah

Sumber : id.pinterest

Hidangan ini memang bisa dibuat dari usus kecil sapi atau babi. Namun, resep berikut ini menggunakan usus sapi. Berikut resepnya dikutip dari Endeus TV.

Bahan- Bahan Gopchang (Untuk 4 Porsi)

Bahan Utama: 

800 gram usus halus sapi, buang bagian lemaknya 2 sdm minyak wijen 2 buah kentang rebus (iris 1 cm)

Bumbu Rendam Buah:

150 gram bawang bombai 100 gram nanas madu kecil 50 gram bawang putih 50 gram jahe 2 sdm arak masak korea 1 sdm lada hitam tumbuk kasar

Bumbu Pedas:

100 gram apel hijau 50 gram bawang bombai 30 gram bawang putih 30 gram jahe 3 batang daun bawang, iris halus 50 ml arak masak korea 100 ml air 100 ml kecap asin korea 50 ml madu 4 sdm gochugaru/cabai bubuk korea

Bahan Saus, Aduk Rata:

3 sdm minyak wijen 1 sdt garam

Pelengkap:

50 gram daun selada 50 gram kimchi 5 siung bawang putih, iris 2 buah cabai hijau besar, iris serong

Sumber : id.pinterest

Cara Membuatnya:  Cara membuat bumbu pedas: haluskan apel, bawang bombay, bawang putih, jahe, daun bawang, arak masak, dan air dengan blender. Kemudian saring dan tuang ke wadah. Tambahkan  kecap asin, madu, dan gochugaru lalu aduk rata. Tutup wadah dengan rapat dan simpang di dalam kulkas selama 2 hari. Cara membuat bumbu rendam buah: haluskan bahan rendam dengan blender. Campur dengan usus yang telah dibersihkan. Diamkan selama 2-3 jam. Bilas dengan air es kemudian tiriskan. Masukkan usus ke dalam bumbu pedas. Diamkan selama 1 jam. Panggan usus dalam oven suhu 170ºC selama 7 menit. Tujuannya untuk mengurangi lemak. Panaskan wajan panggang kemudian beri minyak wijen. Tata usus dan irisan kentang rebus di wajan. Masak sambil diolesi bumbu pedas.  Saat usus mulai kering, potong-potong usus dengan gunting menjadi ukuran sekali suap. Kemudian masak hingga renyah.  Setelah matang, santap dengan saus dan bahan pelengkap. Akan lebih nikmat dengan selada ata kimchi. 

Itulah penjelasan tentang gopchang, olahan usus khas Korea lengkap dengan resepnya. Kebayang enggak sih nikmatnya usus renyah yang dibalut bumbu gurih, manis, dan pedas? Yuk, coba di rumah!

***

What is Gopchang?

https://www.gopchangbbq.com/our-story

Gopchang Is the Unsung Hero of Los Angeles’s Korean Barbecue

https://la.eater.com/2021/6/22/22545735/gopchang-offal-small-intestines-korean-barbecue-los-angeles

Resep Gopchang Usus Panggang yang Muncul di Drama Nevertheless

https://endeus.tv/resep/gopchang-usus-panggang-yang-muncul-di-drama-nevertheless

Baca juga :

5 Resep Masakan Korea Lezat dan Praktis, Cocok untuk Sajian Buka Puasa!

Mengenal Naengmyeon, Mi Dingin Khas Korea Selatan dan Cara Membuatnya

10 Makanan Fermentasi Khas Korea yang Lezatnya Bikin Nagih

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan