Penelitian Ungkap Fakta Menarik: Mencuci Piring Bantu Hilangkan Stres!

  • Bagikan

Apakah Parents termasuk orang yang beranggapan bahwa mencuci piring adalah pekerjaan rumah yang paling menyebalkan? Melihat tumpukan piring kotor di wastafel memang terkadang memunculkan rasa tidak nyaman di benak para ibu. Namun tunggu dulu, pandangan tersebut mungkin akan berubah setelah Anda membaca artikel ini.

Mencuci Piring Bisa Hilangkan Stres, Benarkah?

Meski terkesan memusingkan bagi sebagian orang, melakukan pekerjaan rumah tangga yang satu ini ternyata bisa membawa dampak positif bagi kesehatan mental, lo, Parents. Bagaimana bisa?

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa mencuci piring bisa membantu menghilangkan stres. Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Florida State University menemukan cuci piring bisa menjadi pereda stres yang cukup ampuh.

Dalam studi tersebut, peneliti meminta 51 siswa untuk mencuci piring. Namun sebelum mereka memulainya, sebagian dari peserta diminta membaca sebuah petunjuk deskriptif tentang cuci piring. Sementara itu, sebagian lainnya diminta membaca petunjuk berisi pesan tentang pentingnya untuk hadir secara utuh saat melakukan tugas sederhana tersebut.

Berikut ini kutipan pesannya:

“Saat mencuci piring, seseorang hanya boleh mencuci piring. Ini berarti bahwa saat mencuci piring, seseorang harus benar-benar menyadari fakta bahwa dia sedang mencuci piring.

Pada pandangan pertama, itu mungkin tampak sedikit konyol. Mengapa menempatkan begitu banyak tekanan pada hal yang sederhana? Tapi justru itulah intinya. Fakta bahwa saya berdiri di sana dan mencuci adalah kenyataan yang menakjubkan.

Saya menjadi diri saya sepenuhnya, mengikuti napas saya, sadar akan kehadiran saya, dan sadar akan pikiran dan tindakan saya. Tidak mungkin saya bisa terombang-ambing tanpa berpikir, seperti botol yang ditampar di sana-sini di atas ombak.”

Artikel terkait: Spons Cuci Piring Lebih Jorok Daripada Dudukan Toilet

Hasil Penelitian Mengungkap Fakta Menarik

Para peneliti kemudian menemukan bahwa peserta yang mencuci piring dengan penuh perhatian merasakan keadaan mental yang lebih positif. Mereka yang memusatkan perhatian pada bau sabun, merasakan suhu air, dan menyentuh piring, ternyata meningkatkan perasaan terinspirasi pada diri mereka sebesar 25 persen dan menurunkan tingkat kegugupan sebesar 27 persen.

Para peneliti pun menyimpulkan, aktivitas sehari-hari yang dilakukan dengan penuh perhatian dan kesadaran dapat memberi dampak positif pada suasana hati dan kondisi mental.

Lantas, apa, sih, yang dimaksud dengan mencuci piring dengan penuh kesadaran atau mindful? Yaitu, saat Anda mencuci piring, Anda tetap fokus sepenuhnya pada tugas tersebut dan sepenuhnya menyadari fakta bahwa Anda sedang melakukannya. Mencuci piring yang meredakan stres tentunya bukan kegiatan cuci piring yang dilakukan asal-asalan, apalagi sambil mengomel. 

Berdasarkan hasil penelitian tadi, kita dapat menarik benang merah bahwa kunci utama dalam mengelola stres terletak pada pikiran yang mindful. Faktanya, sudah banyak yang membuktikan bahwa latihan mindfulness memang bisa mengurangi kecemasan.

Artikel terkait: Aktivitas Mencuci Piring Lebih Praktis dan Nyaman Bermodal 6 Sabun Cuci Pilihan

Cara Sederhana Melatih Mindfulness

Dalam istilah meditasi, mindfulness sendiri merupakan latihan untuk fokus terhadap keadaan di sekitar lalu menyadari dan menerima secara terbuka emosi yang dirasakan. Latihan ini mampu meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, dan penting untuk perkembangan kecerdasan emosional.

Akan tetapi, tak perlu membayangkan suasana meditasi ala adegan film, di mana Anda harus duduk bersila dengan mata terpejam. Tidak perlu sekaku itu, kok, Parents. Sebab, latihan mindfulness pada dasarnya dapat dimulai dari aktivitas sehari-hari.

Pikiran, emosi, dan tubuh merupakan elemen penting yang harus diperhatikan dalam latihan mindfulness atau berkesadaran penuh. Memahami ketiga elemen ini akan membuat latihan terasa lebih mudah.

Artikel terkait: Tenang Lapang, Konsultasi Psikologi Gratis bagi yang Sudah Terlalu Lelah Hadapi Pandemi

Nah, berikut beberapa tips latihan yang bisa Parents lakukan di rumah:

Bangun pagi, tidak perlu tergesa-gesa saat terbangun, biarkan hening sesaat dan atur pernapasan Anda. Sadari napas, pikiran, emosi, dan perasaan Anda saat itu. Tetapkan niat untuk hari itu, misalnya, “Hari ini, saya akan bersikap baik pada diri sendiri, bersabarlah dengan orang lain, memberi dengan murah hati, tetap rendah hati, dan melakukan pekerjaan dengan tekun.” Makan dengan penuh kesadaran, kenali sinyal lapar tubuh Anda dan makanlah saat sinyal tersebut memberi tanda. Kemudian, latih dan biasakan untuk makan dengan tenang. Letakkan ponsel dan gadget, perangkat ini telah menjadi benda yang begitu mendistraksi pikiran dan kesadaran. Oleh karena itu, cobalah meluangkan waktu setiap hari untuk menjauh dari ponsel selama sesaat.

****

Nah, itulah penjelasan tentang mencuci piring yang ternyata bisa menjadi kegiatan yang meredakan stres. Pada dasarnya, kunci utama dalam mengelola stres terletak pada pikiran yang mindful. Itu artinya, Anda harus berlatih melakukan pekerjaan rumah dengan penuh kesadaran.

Mindful Parenting : Pentingnya perhatian orangtua untuk menjadikan anak bahagia

Ini 5 prinsip mindful parenting yang wajib Parents terapkan

Balita Cerdas Yang Hobi Cuci Piring

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan