Pergerakan NasDem Tentukan Bakal Capres, Sebelum Pilih Andika Perkasa, Anies Baswedan dan Ganjar

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengambil start menuju Pilpres 2024.

Terbaru dan menjadi perbincangan belakangan adalah terpilihnya tiga nama kandidat capres NasDem.

Mereka ialah Andika Perkasa, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang disiapkan sebagai calon presiden pilihan NasDem.

Sebelumnya gerak-gerik politik NasDem mulai tercium sejak Ketua Umum Surya Paloh menemui sejumlah tokoh.

Baca juga: KIB Buka Peluang Gaet Bakal Capres yang Diusung NasDem, Wakil Ketua Umum PPP: Semua Nama Itu Menarik

Di antaranya adalah Presiden Joko Widodo, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, hingga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tak hanya itu, Surya Paloh juga mendatangkan eks PM Malaysia, Tun Dr. Mahathir Mohamad.

Kemudian ini fakta-fakta yang dirangkum BERITASEBELAS.COM terkait arah politik NasDem menuju Pilpres 2024:

1. Bertemu Prabowo

Awal bulan Juni, Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Ketua Partai Nasdem Surya Paloh bersama Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto usai melakukan pertemuan di DPP Partai Nasdem, Jakarta, Selasa (1/6/2022). Pertemuan ini merupakan silaturahmi antar partai yang membicarakan pentingnya stabilitas nasional. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Surya Paloh membocorkan isi obrolannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Surya Paloh mengatakan, dalam pertemuan kurang lebih 5 jam tersebut keduanya saling tanya kabar.

"Gimana Wo (sapaan Prabowo) saya bilang, baik? Sehat?" kata Surya Paloh kepada wartawan di Nasdem Tower, Kamis (2/6/2022).

Tak hanya itu, Surya Paloh juga mengaku sempat menanyakan terkait apakah Menteri Pertahanan Republik Indonesia itu maju dalam Pilpres 2024.

"Mau maju (Capres)? Kan gitu," ujarnya.

Lebih lanjut, dia pun memberi sinyal bakal adanya koalisi antara Nasdem dan Gerindra bisa saja terjadi.

"Kemungkinan itu (koalisi) setiap saat bisa saja terjadi," ucap Surya Paloh.

2. Bertemu SBY

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate membeberkan apa saja isi dalam pertemuan antara Ketum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Diketahui, pertemuan tersebut terjadi di NasDem Tower, Menteng, pada Minggu (5/6/2022) malam.

Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bertemu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Menara Nasdem Jakarta, Minggu (5/6/2022). (Ist)

Plate mengatakan sebenarnya pertemuan tersebut bersifat tertutup. Keduanya berbincang banyak hal.

"Sharing pendapat dan pandangan terkait perjalanan bangsa saat ini baik tantangannya maupun tanggung jawab bersama atas perjalanan bangsa di tengah tantangan global sebagai akibat pandemi Covid-19 dan perubahan geo strategis perang Rusia Ukraina," kata Plate kepada wartawan, Senin (6/6/2022).

Selain itu, Menkominfo RI tersebut mengatakan Surya dan SBY juga bertukar pandangan soal perkembangan situasi politik nasional.

"Khususnya menjelang Pileg, Pilpres dan Pilkada Serentak 2024 yang harus dikelola dengan penuh tanggung jawab agar berjalan dengan baik dan sukses," ujar dia.

Sementara dalam situasi yang lebih ringan, Plate mengatakan SBY sempat mengomentari soal sejumlah lukisan dan patung pahlawan nasional yang dipajang di kantor NasDem.

"Sebagai Tuan Rumah bang Surya menyambut, mendengar pandangan dan sekali-sekali menyelingi dengan guyonan yang segar membuat suasana semakin akrab," ujarnya.

Menurutnya, pertemuan tersebut menjadi hal yang sangat baik bagi demokrasi di Indonesia terutama jika para pemimpin politik dapat membangun komunikasi yang saling mengakrabi satu dengan lainnya.

"Adalah hal yang baik sebagi contoh bagi para politisi dan kader kader politik bangsa," ucap Plate.

3. Bertemu Jokowi

Banyak cerita di balik reshuffle kabinet ketujuh yang dilakukan Presiden Jokowi pada Rabu (15/6/2022) pahing kemarin.

Di antaranya cerita mengenai menteri dan petinggi partai politik yang hilir mudik masuk Istana Kepresidenan RI menghadap presiden.

Saat Presiden Joko Widodo berjalan kaki bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menuju Istana Negara untuk menghadiri pelantikan menteri dan wakil menteri. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Juga cerita yang tidak banyak diketahui publik soalnya kehadiran mendadak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam laporan Kompas.id berjudul "Surya Paloh Datang, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Tak Jadi Diganti" yang dikutip tribunnews.com disebutkan kedatangan mendadak Surya Paloh ke istana di tengah pemanggilan sejumlah menteri.

Surya Paloh disebut diam-diam datang temui Presiden Jokowi.

Kedatangannya untuk menemui Presiden tak diketahui oleh pers karena masuk lewat pintu Istana Merdeka di sisi sebelah barat atau Wisma Negara.

Sementara sejumlah menteri lainnya yang dipanggil mendadak pada sore hingga malam lalu itu masuk lewat pintu sebelah timur Istana Negara di Jalan Veteran III.

Ketua DPP Partai Nasdem Charles Meikyansyah saat dihubungi pers mengonfirmasi kehadiran Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh di Kompleks Istana Kepresidenan.

Surya Paloh masuk dari pintu Wisma Negara.

”Itu (reshufflle) tunggu Presiden itu. Urusannya Presiden itu nanti. Saya kira, akan ada atau tidak, itu Presiden yang akan menjelaskan itu. Kan belum ada (penjelasan),” tuturnya.

4. Pilihan Capres

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo paling banyak diusulkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem sebagai capres saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Kamis (16/6/2022).

Berdasarkan rapat pleno, total ada 32 DPW NasDem yang mengusulkan Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden (capres) dalam Pemillu 2024.

Kemudian, sebanyak 29 DPW NasDem menjagokan Ganjar Pranowo.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Kongres Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) malam. Anies duduk di barisan paling depan bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (KOMPAS.COM/NURSITA SARI)

Selain itu, muncul beberapa nama dari dalam kader NasDem yang diusulkan DPW.

Merespons usulan nama-nama capres dari DPW, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh meminta semua pihak untuk menunggu hasil akhir penentuan figur capres yang diusulkan Rakernas Partai Nasdem.

Nantinya, nama-nama capres yang dipilih dari usulan DPW akan diumumkan Surya Paloh.

“Cukup positif dari aspirasi yang ada dari pada peserta rakernas ini."

"Tapi pada waktunya, besok malam, Jumat (17/6/2022), akan diumumkan siapa saja (kandidat capres yang diusulkan), kita lihat nanti,” katanya, dikutip tribunnews.com dari Kompas.com, Jumat (17/6/2022).

Lebih lanjut, Surya Paloh mengatakan, Partai Nasdem tidak bisa langsung mengusung capres yang paling banyak diusulkan DPW Partai Nasdem.

Sebab, masih ada mekanisme lain yang harus dipertimbangkan untuk menentukan capres untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

“Belum tentu, karena pada dasarnya pembobotan yang kita lakukan itu sama, siapapun itu,” jelasnya di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Surya juga mengaku, belum pernah bertemu dan membahas isu pencapresan dengan Anies dan Ganjar.

5. Bertemu Mahathir

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Tun Dr. Mahathir Mohamad tiba di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

pantauan tribunnews.com di NasDem Tower, Mahathir tiba sekitar pukul 11.35 WIB dan langsung disambut oleh jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem termasuk sang Ketua Umum Surya Paloh.

Mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Dr. Mahathir Mohamad tiba di NasDem Tower dan disambut langsung jajaran pengurus DPP Partai NasDem termasuk Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022). (tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Tak hanya itu, kedatangan mantan orang nomor satu di Malaysia tersebut juga disambut beberapa pengurus Partai NasDem.

Termasuk Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali, Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G Plate, Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni hingga beberapa jajaran Dewan Pakar Partai NasDem termasuk Siti Nurbaya Bakar, Lestari Moerdijat.

Terlihat Mahathir mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dan celana panjang abu-abu serta sepatu kulit berwarna hitam.

Setibanya di NasDem Tower, jajaran Garda Pemuda (GP) Partai NasDem memberikan hormat kepada Mahathir dan Surya Paloh.

Dalam kesempatan ini, Surya Paloh turut mengenalkan beberapa jajaran pengurus partai NasDem yang turut menyambut kedatangan Mahathir Mohamad.

Tak lama berselang keduanya langsung masuk menuju area lobby NasDem Tower dan bergegas menuju ke dalam lift.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Mahathir akan memberikan keterangan pers pada siang nanti setelah ibadah Salat Jumat dilakukan.

Hingga berita ini diturunkan, Paloh dan Mahathir termasuk jajaran pengurus DPP Partai NasDem masih berada di dalam gedung Partai NasDem.

Namun belum diketahui lebih lanjut apa yang menjadi pembahasan keduanya atas pertemuan kali ini.

Mahathir Mohamad diagendakan akan hadir dalam rangkaian acara penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, Jumat (17/6/2022).

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan kedatangan Mahathir Mohamad di agenda tersebut nantinya akan memberikan sambutan yang sekaligus didampingi oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Insha Allah akan ada kado luar biasa bagi Rakernas Partai NasDem Dr. Tun Mahathir Mohamad akan memberikan stadium general jam 2 siang," kata Willy kepada wartawan saat ditemui awak media di sela Rakernas yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022) malam.

Tak hanya hadir secara langsung dalam penutupan Rakernas, Mahathir juga diagendakan berkunjung ke NasDem Tower pada pagi ini.

Di mana berdasarkan informasi yang dihimpun, nantinya Mahathir bersama Surya Paloh juga akan memberikan keterangan pers saat berada di NasDem Tower.

Dalam agenda tersebut, rencananya Mahathir akan tiba di NasDem Tower sekira pukul 09.30 WIB, dan nantinya akan dilanjutkan dengan agenda Rakernas di JCC pada sekitar pukul 14.00 WIB.

Sebagai informasi, Politikus senior berkebangsaan Malaysia itu didaulat akan menjadi Pembicara Kehormatan di acara penutupan Rakernas NasDem.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Surya Paloh atas jemputan sebagai narasumber kuliah umum pada kegiatan Rapat Kerja Nasional Partai NasDem," kata Tun Mahathir dalam keterangan yang diterima tribunnews.com, Jumat (17/6/2022).

Di akhir, Mahathir turut menyampaikan selamat atas terselenggaranya perhelatan Rakernas Partai NasDem 2022.

"Dan saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Rapat Kerja Nasional Partai NasDem. Sampai jumpa di Jakarta," tutup Mahathir.

(tribunnews.com/Chrysnha, Fersianus Waku, Reza Deni, Suci Bangun, Rizki Sandi Saputra)

Artikel Asli

Sumber: tribunnews.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan