Pertiwi Indonesia Menggelar Aksi Dukung Kebaya Masuk UNESCO

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, JAKARTA - Para aktivis perempuan Indonesia yang tergabung dalam Pertiwi Indonesia dan Perempuan Berkebaya Indonesia mendorong agar kebaya dinobatkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia.

Mereka menyampaikan gagasannya melalui aksi jalan santai bertajuk CFD Berkebaya sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta, pekan ini.

Aksi jalan santai tersebut dimulai di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia.

Baca Juga:Pemerintah Diminta Tetapkan Hari Kebaya Nasional

Acara semakin haru biru karena para peserta bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin komposer kondang Addie MS.

Panitia mengelompokkan peserta menjadi kloter per 200 orang yang akan mendapat pengawalan tim panitia bersepeda. Ribuan peserta berkebaya dan berjalan kaki dengan tertib.

Ketua Umum Pertiwi Indonesia Antarina F. Amir mengatakan kolaborasi dengan berbagai organisasi pecinta budaya Indonesia harus dilakukan agar budaya luhur yang diwariskan turun temurun oleh bangsa tetap terjaga kelestariannya.

Baca Juga:100 Wanita Berkebaya di Hari Ibu, Siap Bawa Kebaya Mendunia

Dari ribuan peserta, sebanyak 3.000 perempuan mendaftar secara online, baik secara pribadi maupun dari berbagai organisasi perempuan.

“Kebaya bisa dikembangkan untuk membangkitkan kebanggaan, kecintaan pada tanah air dan menjadi pengikat persatuan serta kerukunan dalam masyarakat,” kata Antarina.

Artikel Asli

Sumber: jpnn.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan