UNIK Banget Gak Ada yang Nandingin Janda Ini Dinikahi Brondong dengan Mas Kawin Belalang Goreng dan Nikah di dalam Goa

  • Bagikan

Nikah di gedung, taman, pantai, dan hutan mah sudah biasa. Tapi kalau nikah di dalam goa, pernah kepikiran gak? Itulah yang dilakukan dua pasangan asal Sleman dan Bantul, yaitu:

1. Yudi Nuryanto (29) warga Wukirsari, Cangkringan, Sleman dan Arismawati (48) warga Pekembinangun, Sleman dan

2. Rumadi warga Ringinharjo, Bantul, dan Rika Warga Ringinharjo, Bantul.

Saking uniknya pernikahan mereka, kedua pasangan suami istri tersebut bahkan sampai jadi sorotan.

Dua pasangan yang menikah di goa (daerah.sindonews.com)

Yudi dan Arismawati melangsungkan pernikahan di dalam Goa Ngingrong. Sementara Rumadi dan Rika melangsungkan pernikahan di di batuan sekitar mulut goa Ngingrong, Kalurahan Mulo, Kapanewon Wonosari pada Selasa 29, Maret 2022.

Prosesi nikah unik itu memang sengaja dilakukan dalam rangka menyambut datangnya Ramadan. Berikut kisah dua pernikahan unik yang diselenggarakan di goa tersebut.

# Mas Kawin Unik

Perjalanan berliku sebelum sampai ke goa(yogyakarta.kompas.com)

Karena lokasinya yang tak biasa. Para petugas, pasangan, keluarga harus menempuh perjalanan yang cukup ekstrem. Sampai-sampai, rombongan yang terdiri dari KUA Wonosari, panewu, lurah, hingga pasangan ini harus menuruni tangga alami yang sudah dipasang pegangan dari besi.

Setelah perjalanan kurang lebih 20 menit, sampai di dasar lembah harus menyeberang sungai kecil dengan jalanan cukup licin.

Tak hanya tempat pernikahan yang ekstrem dan juga unik. Mas kawinnya pun luar biasa gak normal. Sebab, mengutip kompas.com, mas kawin mereka yakni seperangkat alat salat ditambah dengan setoples belalang goreng makanan khas Gunung Kidul.

# Proses Ijab Kabul

Proses ijab qabul di goa (regional.kompas.com)

Sebelum proses ijab qabul yang dipimpin langsung KUA Wonosari Harsono dimulai, ayat suci Alquran surat Al 'Alaq dilantunkan terlebih dahulu.

Saksi nikah adalah Lurah Desa Mulo Sugiyarto, Panewu Wonosari Siswanto, dan Ryan Budi Nuryanto, Ketua Golek Garwo Fortais & Nikah Bareng Nasional.

Di sisi lain, Rumadi mengatakan, saat mengutarakan keinginannya menikahi Rika, dirinya diberi tahu salah seorang temannya untuk menghubungi Ryan Budi Nuryanto, Ketua Golek Garwo Fortais & Nikah Bareng Nasional.

"Selain itu, niat saya ikut nikah unik ini biar bisa menikah sebelum bulan Ramadhan. Motivasinya di sini tidak ada keluarga dan ibaratnya saya duda lihat dia di sini tidak ada keluarga lalu saya nikahi saja," kata Rumadi dikutip drai Kompas.com, Rabu (30/3/2022).

Sementara pasangan lainnya, Arismati mengaku senang dan kagum karena menikah di dalam gua. Ia juga menceritakan bagaimana awal mula ia bertemu sang suami yang lebih muda 19 tahun itu.

"Jadi selisihnya 19 tahun, ketemunya di Facebook dan ketemuan pertamanya jajan bakso dan setelah itu kok sudah ketemu masih bocah dan saya bimbang, akhirnya 2-3 bulan diajak ketemu lagi tapi saya bilang masih pikir-pikir, dan karena dia sabar itu saya akhirnya maju lagi," beber Arismawati.

Ia pun berharap ini bisa menjadi pernikahan terakhirnya karena sudah tiga kali gagal menikah.

"Mungkin ini yang pertama di Indonesia, menikah di dalam goa, termasuk yang pertama di Gunungkidul," jelasnya.

Mengutip Kompas.com, Ketua Golek Garwo Fortais & Nikah Bareng Nasional Ryan Budi Nuryanto menyampaikan bahwa pernikahan unik ini adalah yang pertama di Indonesia.

Makanya, BENER-BENER UNIK!

Artikel Asli

Sumber: paragram.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan