Usia Ideal Anak Disunat, Dibagi dalam 3 Kelompok

  • Bagikan

JAKARTA, BERITASEBELAS.COM – Usia ideal anak disunat wajib diketahui para orangtua. Pasalnya, sunat adalah hal yang wajib dilakukan anak laki-laki, terutama seorang Muslim.

Baca Juga : Anak Takut Sunat? Orangtua Wajib Lebih Dulu Beri Edukasi soal Khitan

Dalam prosedur sunat dilakukan bedah kecil berupa tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Sunat merupakan sebuah tradisi dalam bentuk kebersihan diri. Mr P yang tidak disunat membutuhkan perawatan ekstra dalam menjaga kebersihannya dengan benar.

Setelah membersihkannya, pastikan tidak ada sisa sabun yang bisa menyebabkan iritasi kulit sensitif pada kepala penis. Selain itu, penis yang tidak disunat lebih rentan terhadap bakteri atau agen penyakit tertentu, sehingga kebersihannya harus benar-benar di perhatikan.

Baca Juga : Mengenal Metode Sunat Optical Maser, Teknologi Canggih dari Jerman dengan Pengerjaan hanya 3 Menit

Anjuran sunat bukan karena alasan kewajiban atau syariat agama saja, namun juga untuk kesehatan. Terdapat segudang manfaat kesehatannya seperti mengurangi risiko infeksi saluran kemih, mengurangi risiko kanker penis, menurunkan risiko penyakit menular seksual dan masih banyak lagi.

Terdapat studi yang dimuat dalam Iranian Red Crescent Medical Journal dengan judul β€œAt What Age Range Should Children Be Circumcised?”

Usia Ideal Anak Disunat Baca Juga : Mengenal Metode Sunat Tekno Klem, Diklaim Tidak Sakit dan Bisa Pulang Tanpa Ada Alat Menempel

Studi uji klinis tersebut dilakukan di rumah sakit Erzincan University of Medical Sciences, Turki, pada 2014. Anak-anak yang disunat dibagi dalam tiga kelompok, yaitu kurang dari satu tahun, satu sampai tujuh tahun, dan lebih dari tujuh tahun.

Hasil studi menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan sunat, durasi pemulihan setelah sunat, biaya terendah, dan komplikasi anestesi paling sedikit, semuanya merujuk pada grup satu, yaitu kelompok anak yang kurang dari satu tahun.

Hampir semua anak kurang dari satu tahun dapat dibius dengan obat penenang midazolam saja, namun sebagian besar anak lebih dari satu tahun membutuhkan bius total atau anestesi umum. Anestesi umum adalah prosedur pembiusan yang membuat pasien menjadi tidak sadar selama operasi berlangsung.

Menurut studi tersebut, melakukan sunat saat anak masih berusia kurang dari satu tahun dapat mengurangi risiko komplikasi akibat anestesi. Selain itu juga membutuhkan biaya yang lebih kecil dibandingkan dengan melakukan prosedur pada anak yang lebih besar.

Namun, sunat pada anak baru lahir tidak dianjurkan. American Academy of Pediatrics (AAP) tidak merekomendasikan penyunatan untuk semua bayi laki-laki yang baru lahir. AAP menyerahkan keputusan sunat kepada orangtua dan mendukung penggunaan anestesi untuk bayi yang menjalani sunat tersebut.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Artikel Asli

Sumber: celebrities.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan