10 Desain Unik Karya Ridwan Kamil yang Tersohor Hingga Mancanegara

  • Bagikan

Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, memiliki latar belakang dalam bidang arsitektur. Beberapa bangunan dengan desain yang megah dibuat olehnya. Tidak hanya di Indonesia, karya-karya milik Ridwan Kamil pun telah dikenal di beberapa negara yang ada di dunia. Bangunan dengan desain unik karya Ridwan Kamil pun seringkali mendapatkan apresiasi banyak orang. 

Ragam Desain Unik Karya Ridwan Kamil

Sebagai orang yang memulai karier sebagai konsultan arsitek, ciri khas rancangan karya Ridwan Kamil cenderung unik dan tidak biasa. Berikut beberapa bangunan dengan desain yang unik karya Ridwan Kamil. 

1. Marina Bay Waterfront Master Plan, Singapura

Sumber: Redbubble

Marina Bay Waterfront Master Plan ini menjadi suatu hal yang sangat ikonik bagi negara Singapura. Ridwan Kamil menjadi salah satu arsitek yang ikut membuat desain untuk Marina Bay Waterfront Master Plan yang ada di Singapura. Pada komplek Marina Bay Sands desain yang dibuat cenderung futuristik.

Gedung Marina Bay Sands terdiri dari tiga menara utama dengan ketinggian yang mencapai 55 meter pada masing-masing gedung. Dibangun pada 2007 dan rampung tahun 2010, biaya pembangunan Marina Bay Sands mencapai 56 triliun rupiah. 

2. Beijing Finance Street, Tiongkok

Sumber: casestudies.uli.org

Beijing Finance Street yang terletak di Tiongkok adalah salah satu bangunan yang dibuat oleh Ridwan Kamil. Didesain pada tahun 2003, Ridwan Kamil mengaku sangat puas dengan desain yang dibuatnya pada saat itu, karena hasil bangunan yang telah didesain setelah jadi benar-benar sesuai dengan harapan Ridwan Kamil.

Pada bagian tengah Beijing Finance Street didesain sebuah ruang terbuka hijau. Bagian parkir pada Beijing Finance Street di Tiongkok bahkan tidak terlihat di permukaan. Ridwan Kamil mengubah Kota Beijing menjadi lebih manusiawi dengan tidak meletakan lahan parkir di depan gedung-gedung. Pada proyek Beijing Finance Street di Tiongkok, Ridwan Kamil adalah pemimpin dari proyek tersebut. 

Artikel Terkait: Total Kekayaan Ridwan Kamil Luar Biasa, Ternyata Berasal dari Bisnis Ini

3. Ningbo Newtown, Tiongkok

Sumber: Pinterest

Pada tahun 2013, Ridwan Kamil berkesempatan untuk mendesain Ningbo Newtown di Tiongkok. Proyek tersebut selesai pada tahun 2016. Hal tersebut disampaikan oleh Ridwan Kamil pada sebuah unggahan yang dibagikannya melalui Instagram pribadinya.

“Bahagia itu adalah dikasih tau, kalo kota baru Ningbo Newtown di China yang saya desain 13 tahun lalu, sekarang sudah jadi. Salah satu anugerah terbesar Allah kepada kita adalah daya imajinasi. Maka kita menggunakan sejauh mungkin.” Ujar Ridwan Kamil pada potret yang diunggah pada Februari 2016.

4. Museum Tsunami, Aceh

Sumber: factsofindonesia.com

Berdiri pada tahun 2009, Museum Tsunami yang terletak di Aceh pun nyatanya dirancang oleh Ridwan Kamil. Proses merancang Museum Tsunami dibutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Ridwan Kamil membangun nuansa bangunan agar pengunjung Museum Tsunami dapat merasakan bagaimana perasaan para korban tsunami saat itu, mulai dari sedih, basah, gelap dan ketakutan. Bangunan Museum Tsunami ini merepresentasikan kesedihan, ketakutan dan harapan.

Saat membuat sketsa dari Museum Tsunami, Ridwan Kamil mengaku beberapa kali meneteskan air mata. Salah satu ruangan paling emosional menurut Ridwan Kamil di Museum Tsunami adalah Sumur Doa.

Pada Sumur Doa terpampang nama-nama korban gempa serta tsunami Aceh. Ruangan ini dibuat dengan cahaya yang cenderung temaram. Tujuan dibuat seperti itu untuk membangkitkan keinginan orang yang datang untuk merenung dan mendoakan para korban dari bencana gempa dan tsunami. 

Artikel terkait: 5 Potret Indah Desain Makam Eril yang Dibuat Oleh Sang Ayah

5. Masjid Syaikh ‘Ajlin, Gaza

Sumber: cirebon.tribunnews.com

Ridwan Kamil juga berkesempatan untuk membuat desain bagi Masjid Syaikh ‘Ajlin yang berada di Gaza, Palestina. Sebelumnya, Masjid Syaikh’ Ajlin ini pernah didirikan ketika tahun 1957. Pada tahun 2014, masjid ini hancur akibat serangan dari Israel. Ridwan Kamil membuat konsep keseimbangan hubungan seorang muslim dengan tuhan, alam dan manusia pada masjid ini.

Konsep yang dibuat Ridwan Kamil direpresentasikan melalui tiga bangunan utama Masjid Syaikh’ Ajlin yang dirancang menggunakan gaya futuristik. Masjid Syaikh’ Ajlin ini terdiri dari tiga lantai. Tidak hanya dapat digunakan menjadi tempat untuk shalat, masjid ini juga digunakan untuk tempat belajar atau madrasah. 

6. Masjid 99 Kubah, Makassar

Sumber: redplanethotels.com

Masjid 99 Kubah saat ini tengah menjadi salah satu ikon Makassar. Masjid tersebut dirancang oleh Ridwan Kamil. 99 kubah pada masjid melambangkan Asmaul Husna.

Konsep yang diusung Ridwan Kamil  pada Masjid 99 Kubah adalah modern klasik dan futuristik. Dengan luas bangunan 72 meter persegi per 45 meter persegi, masjid ini dapat menampung hingga belasan ribu jemaah.  Saat peresmiannya Ridwan Kamil turut hadir ke Masjid 99 Kubah.

“Mendarat di Makassar, pas buka jendela Alhamdulillah terlihat indahnya Masjid 99 Kubah karya desain yang baru sekarang bisa dikunjungi. Semoga warga Makassar bangga dengan masjid ini, aamin.” Tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya. 

7. Masjid Al Jabbar, Bandung

Sumber: polarekafasadiindo.com

Proyek Masjid Al Jabbar yang berlokasi di Gedebage, Bandung adalah hasil rancangan dari Ridwan Kamil. Masjid Al Jabbar dinilai memiliki desain yang unik karena dibangun pada sebuah danau dan memiliki 4 menara.

Ridwan Kamil juga menuturkan bahwa keistimewaan dari Masjid Al Jabbar ini adalah dirancang seolah mengapung di air dan empat menara akan muncul dari air.

Dirinya juga mengatakan bahwa Masjid Al Jabbar tidak hanya menjadi tempat untuk beribadah, namun dapat digunakan sebagai sarana edukasi Islam. Pada Masjid Al Jabbar bahkan terdapat museum. 

Artikel terkait: Guru Swiss Penemu Jenazah Eril, Geraldine Beldi Buka Kursus Bahasa 

8. Masjid Raya Asmaul Husna, Serpong

Sumber: liopkio.blogspot.com

Masjid dengan desain seluruh tembok dipenuhi kaligrafi Asmaul Husna yang berada di Serpong, Tangerang Selatan adalah salah satu masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil. Kaligrafi Asmaul Husna pada tembok masjid seluas 2.500 meter persegi adalah kaligrafi Arab tertua yang bernama Kaligrafi Kufi.

Konsep yang diterapkan oleh Ridwan Kamil untuk Masjid Raya Asmaul Husna ini adalah konsep modern. Kubah Masjid Raya Asmaul Husna ini pun berbeda dengan kubah masjid lainnya yakni berbentuk melengkung tipis dan tidak cembung. Permukaan kubah semakin menurun dan menjorok ke belakang masjid. Menara pada masjid ini berbentuk bambu runcing dengan lambang bintang dan bulan di bagian atas. 

9. Masjid Al Mumtadz, Bandung

Sumber: detik.com

Bangunan lainnya yang didesain oleh Ridwan Kamil adalah Masjid Al Mumtadz yang berlokasi di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Masjid ini sedang dalam proses pembangunan, nantinya Masjid Al Mumtadz akan dikelilingi oleh pilar yang berbentuk silinder. Pilar tersebut menjulang ke atas bak bambu runcing.

Selain itu, Masjid Al Mumtadz memiliki tiga kubah, pada bagian masjid dan centre kubah yang digunakan lebih besar dibanding dua lainnya. Pada area luar masjid pun akan dibangun taman.

Nama Masjid Al Mumtadz terinspirasi dari nama sang putra yang beberapa waktu lalu meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss yaitu Emmeril Khan Mumtadz. Masih dalam satu komplek dengan masjid ini terdapat juga makam sang putra. 

10. Masjid Al Safar, Tol Cipularang

Sumber: kataomed.com

Masjid Al Safar adalah masjid yang dirancang Ridwan Kamil yang terletak di Tol Cipularang KM 88. Masjid ini memiliki luas 6.000 meter persegi sehingga dapat menampung 1.200 jamaah. Pada Masjid Al Safar, Ridwan Kamil menerapkan sebuah teori lipat folding arsitektur. Teori tersebut adalah metode untuk mencari kekayaan geometri baru.

Menurutnya seni dalam Islam tidak memperlihatkan makhluk hidup tapi bereksperimentasi dengan menggunakan rumus geometri. Pada bagian sekitar masjid pun terdapat beberapa kolam serta tempat duduk memanjang yang ada di bagian tepi kolam sehingga membuat suasana masjid menjadi lebih nyaman. 

Demikian informasi mengenai 10 bangunan dengan desain unik karya Ridwan Kamil. Rancangan bangunan yang dibuat oleh Ridwan Kamil memang berbeda dari yang lain ya, Parents! 

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan