13 Tips Nyaman Traveling bersama Bayi ala Putri Titian

  • Bagikan

Meskipun liburan bersama bayi sedikit merepotkan, namun semuanya akan terbayar saat kita bisa membuat kenangan di tempat-tempat yang indah bersama keluarga. Karena itu, Parents butuh tips liburan bersama bayi yang bisa bikin traveling jadi makin menyenangkan.

Pasangan selebriti Putri Titian dan Junior Liem juga sangat suka membawa putra sulung mereka Iori yang saat itu berusia 8 bulan untuk traveling. Putri Titian yang akrab disapa Tian, selalu rajin mengunggah momen perjalanan, seperti di pesawat maupun di tempat wisata bersama si kecil Iori yang lucu.

Kebiasaannya tersebut membuat banyak penggemarnya mengirimkan pertanyaan lewat Instagram mengenai traveling bersama bayi. Dengan sabar, Tian menjawab satu persatu pertanyaan tersebut melalui Instagram stories. Ingin tahu apa saja tips liburan bersama bayi dari Putri Titian?

Tips liburan bersama bayi ala Putri Titian

Tips liburan bersama bayi ala Putri Titian.

1. Bijak memilih tempat untuk didatangi bersama bayi

Bila cuaca terlihat kurang bersahabat, sebaiknya datang ke tempat yang tidak terlalu terbuka. Dengan begitu, bila tiba-tiba hujan, Anda dan anak bisa cepat mencari tempat berteduh. Bila terlanjur mendatangi tempat terbuka dan hujan turun, segeralah cari tempat berteduh.

2. Pengalaman baru untuk si kecil

Salah satu manfaat traveling bersama bayi bagi Tian adalah anaknya bisa mendapatkan pengalaman baru. Suasana baru dan pemandangan baru. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, Iori bisa main pasir di pantai dan kelihatan sangat senang. Bahkan sekadar melihat hewan pun Iori sudah girang.

3. Stiker anti-nyamuk

Saat liburan ke tempat yang banyak nyamuk, Tian menyarankan agar Parents menyediakan stiker anti-nyamuk untuk bayi. Benda ini tersedia di toko perlengkapan bayi. Stiker ini bisa ditempel di baju bayi dengan bentuk binatang lucu. Selain ampuh mengusir nyamuk, juga memiliki aroma seperti minyak bayi. Anak pun terbebas dari gigitan nyamuk.

4. Jangan lupa bawa car seat dan stroller 

Salah satu pengikutnya di Instagram bertanya kepada Tian, tentang solusi mengatasi bayi yang rewel karena waktu tidurnya terganggu saat berlibur. Tian menjawab, sebisa mungkin orangtua selalu menyiapkan car seat dan stroller untuk dibawa liburan. Entah beli, sewa atau meminjam kepada kerabat.

“Bila membawa car seat, orangtua juga bisa tidur di mobil tanpa harus memangku si kecil. Traveling bersama bayi yang begini memang harus pikirkan dan disiapkan dananya biar nanti tidak kerepotan pas liburan,” paparnya.

Tips liburan bersama bayi ala Putri Titian.

5. Selalu sisihkan waktu untuk liburan bareng anak

Membawa anak kecil saat berjalan-jalan pastinya tidak mudah. Namun, Tian menyiasatinya dengan selalu mengingat bahwa saat si kecil dewasa nanti dia akan lebih memilih traveling bersama teman sebaya dibandingkan dengan orangtua.

“Kita bersyukur bisa dikasih rejeki liburan sama anak. Walaupun anak bikin kesal, tapi belum tentu nanti sudah besar dia mau diajak traveling bareng orangtua. Selama masih ada rejeki, puas-puasin liburan bareng anak walaupun rempong,” ujarnya.

6. Percaya insting sendiri saat memasuki tempat baru

Saat ditanya bagaimana jika mengunjungi tempat yang sensitif untuk bayi, mantan artis cilik ini menjawab, “Selama aku dan suami nyaman, Iori juga nyaman, saya tidak masalah. Tapi kalo Iori sudah rewel sekali, ya saya bawa pergi.”

7. Mengatasi bayi rewel saat diajak jalan ke tempat tertentu

“Saat bayi rewel di satu lokasi liburan, bila tempatnya kurang menarik, saya biasanya akan langsung mengajak keluar. Tapi, kalau memang layak didatangi, saya akan mengajaknya mengelilingi tempat tersebut hingga ia tenang, happy lagi dan bisa menikmati suasana.”

8. Membawa makanan tepat saat liburan bersama bayi

Selama traveling, Tian sering membawakan makanan instan untuk bayi dengan berbagai macam rasa. Tian juga tidak lupa membawa camilan buah yang mudah dicerna anaknya, seperti alpukat dan pisang.

“Atau, saya juga bisa membeli makanan dari restoran, seperti kentang goreng, kentang tumbuk, atau ayam rebus. Ini juga bisa jadi kesempatan Iori untuk mencoba berbagai macam tekstur dan rasa makanan.”

9. Jangan terlalu banyak membawa barang

“Tipsnya saat jalan-jalan sama bayi, jangan terlalu banyak membawa barang, agar bayi juga bisa santai. Kalau ibu ingin belanja-belanja, atau belum puas jalan-jalan, sabar saja nanti juga ada waktunya,” kata artis sinetron Jungkir Balik Dunia Sissy ini.

Tips liburan bersama bayi ala Putri Titian.

10. Memilih jadwal penerbangan pagi atau malam

Pilih jadwal penerbangan sesuai jadwal tidur anak, bisa itu pagi atau malam. Hal ini tujuannya agar ia tidak rewel saat di pesawat. Namun, bila bayi masih rewel, pastikan Anda membawa mainan favoritnya untuk menenangkannya, atau pasang lagu atau video kesukaannya yang sudah di-download orangtua sebelum berangkat.

11. Menanyakan baby bassinet saat beli tiket pesawat

Baby bassinet adalah tempat tidur bayi yang biasanya hanya tersedia untuk tempat duduk paling depan. Beberapa maskapai ada yang menyediakan ada juga yang tidak. Baby bassinet memudahkan orangtua untuk menidurkan bayi sehingga tidak perlu dipangku.

Pastikan bertanya terlebih dulu atau mencari informasi di situs maskapainya, apakah mereka menyediakan bassinet untuk bayi atau tidak.

Biasakan bawa penutup telinga untuk bayi untuk berjaga-jaga kalau bayi rewel saat pesawat lepas landas atau mendarat.

Artikel terkait: Usia berapa bayi bisa naik pesawat? Ini tips dan penjelasan dari dokter

12. Memisahkan baju bayi dan baju orangtua

Agar lebih mudah dalam mencari baju yang akan dipakai anak, Tian menyarankan agar baju bayi dan orangtua dipisah. Anda bisa menyusunnya per bagian ke dalam plastik untuk memudahkan saat ingin dipakai. Cara ini juga bikin koper terlihat rapi, lho.

13. Memandikan dan mencuci baju bayi saat traveling 

Tips liburan bersama bayi ala Putri Titian

Setiap kali pergi liburan, Tian selalu membawa bak mandi bayi portable yang bisa dilipat saat tidak digunakan. Dan ditiup agar mengembang saat akan dipakai. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki alat ini bisa menggunakan westafel untuk memandikan bayi.

“Bisa dimandikan di wastafel atau bathtub hotel. Tapi itu kalau bisa bayinya sudah bisa duduk ya, kalau belum kan kasihan,” ujar Tian lagi.

Artikel terkait: Tips mengganti popok bayi di perjalanan saat traveling

Semoga bermanfaat.

Amankah bila ingin travelling dengan bayi?

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan