4 Pola Makan Saat Diet 80 20 Ala Orang Jepang Yang Jadi Rahasia Bikin Cepat Langsing Dan Panjang Umur

  • Bagikan

Banyak dari kamu tentunya mendambakan punya tubuh yang langsing ideal. Selain untuk penampilan, tapi juga kesehatan untuk membantu kita berumur panjang. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat sedini mungkin.

Kebiasaan baik ini rupanya sudah dilakukan oleh wilayah-wilayah di dunia yang dikenal dengan sebuatan Zona Biru. Daerah tersebut terkenal dengan masyarakatnya yang selain sehat tapi juga memiliki umur panjang.

Adapun salah satu wilayah Jepang yang masuk dalam kategori Zona Biru tersebut adalah Okinawa, Jepang . Rata-rata penduduknya juga jarang terpapar penyakit sering. Rupanya, rahasia di balik tubuh bugar itu adalah diet 80/20 . Lantas bagaimana cara diet itu? Berikut ini dirangkum 4 pola makan diet 80/20.

1.    Kenyang 80 Persen

Foto: Orang Jepang (DetikFood)

Penduduk Okinawa menekankan untuk merasakan kenyang sebesar 80 persen setiap kali makan. Kebiasaan tersebut akan membantu otak dalam memberikan sinyal kalau perut sudah terasa penuh. Sementara sisa 20 persen lainnya adalah perasaan lapar yang tidak dipenuhi. Metode ini terbukti cocok untuk menurunkan berat badan.

2.    Mengatur Pola Makan

Orang-orang Okinawa sangat disiplin terkait pola makan dan juga porsinya setiap hari. Mereka biasanya akan makan dengan porsi yang lebih sedikit pada siang hari. Mereka bisa menambahkan porsinya ketika makan malam. Tapi dengan catatan tidak boleh makan mendekati jam tidur. Setelah makan malam, tidak ada makanan lagi yang boleh mereka konsumsi.

3.    Kurangi Gula dan Garam

Foto: Orang Jepang (Kompasiana)

Masyarakat Okinawa juga sangat memperhatikan asupan gula dan garam di makanan mereka. Hal ini dilakukan untuk menghindari dampak yang ditimbulkan. Diketahui, konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan penyakit diabetes, buat cepat lupa, penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan lainya. Sementara itu, konsumsi garam yang terlalu banyak juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4.    Menjaga Asupan Nutrisi

Selain garam dan gula, penduduk Okinawa juga mengonsumsi daging dengan porsi yang cukup. Akan tetapi, hal ini tetap diimbangi dengan sayur dan buah-buahan. Untuk penduduk yang sudah lanjut usia, mereka akan lebih mengutamakan protein nabati seperti bayam, ubi jalar ataupun kacang kedelai.

Artikel Asli

Sumber: paragram.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan