4 Sumber Kekayaan Erick Thohir Selain dari Gaji Menteri

  • Bagikan

Erick Thohir adalah sosok yang dikenal sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga seorang pengusaha kaya raya. Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) 31 Maret 2022, kekayaan Erick Thohir tercatat mencapai Rp2,3 triliun. Selain menjabat sebagai menteri, Erick Thohir diketahui menjadi pengusaha sukses yang temasuk konglomerat di Indonesia. Rupanya, sumber kekayaan Erick Thohir berasal dari bisnis yang bergerak di berbagai bidang.

Apa saja bisnis yang menjadi sumber kekayaan Erick Thohir? Simak infonya bersama yuk Parents

Artikel terkait: Dorce Gamalama Meninggal, Erick Thohir Sampaikan Duka Mendalam

4 Sumber Kekayaan Erick Thohir

Dilansir dari theasianparent.com (04/06/22), berikut adalah beberapa sumber kekayaan Erick Thohir yang menghasilkan total harta fantastis!

1. Punya Klub Olahraga

Berasal dari keluarga pebisnis, Erick Thohir sudah mengemban ilmu bisnis sejak dini. Salah satu bisnis yang menjadi sumber kekayaan Erick Thohir adalah klub bola.

Dia diketahui pernah memiliki saham di klub internasional Inter Milan dan D.C United. Setelah ia melepaskan sahamnya di kedua klub bola tersebut, Erick Thohir kembali membeli saham klub sepak bola Oxford United pada November 2018. Dia mengakuisisi 51 persen saham klub bola tersebut. 

Selain itu, Erick juga memiliki saham klub sepakbola Persis Solo bersama Kaesang Pangarep. Dia memiliki sebanyak 20 persen saham di klub bola yang satu ini. 

2. Bisnis Media

Selain berinvestasi di sektor olahraga, Erick Thohir bergelut dalam bisnis di bidang media. Dia merupakan pendiri Mahaka Group yang merupakan bisnis di bidang media cetak, media online, televisi, dan radio. Mahaka Group ini terdiri dari bisnis advertising yang menyediakan jasa layanan periklanan. 

Selain itu, cabang dari Mahaka Group lainnya adalah PT Republika Media Mandiri yang merupakan perusahaan percetakan yang telah memproduksi sederet media cetak ternama seperti harian Republika dan Republika Online. Tak hanya itu, Erick juga memiliki 50 persen saham salah satu televisi swasta Indonesia yakni JAK TV. 

Artikel terkait: Kisah Masa Kecil Erick Thohir, Pecahkan Celengan Demi Biji Karet

3. Kekayaan dari Tanah dan Bangunan

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh KPK (28/1/2020), Erick Thohir dilaporkan memiliki harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp 242,5 miliar. Tanah dan bangunan tersebut tersebar di kota Depok, Bekasi, Bandung, Pasuruan, Bogor, Jakarta hingga berada di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu, Erick Thohir juga menggeluti sektor pertambangan dan kelapa sawit. Dia menjalankan bisnisnya melalui PT Adaro Energy Tbk. Perusahaan ini dijalankannya bersama sang kakak yakni Garibaldi Thohir.

Seperti diketahui, Adaro Energy merupakan salah satu perusahaan di sektor batu bara terbesar di Indonesia. Namun, semenjak didapuk sebagai Menteri BUMN oleh Presiden Joko Widodo, Erick memang sudah tidak aktif dalam bisnis Yayasan Adaro.  

4. Buka Jasa Event Organizer

Terakhir, perusahaan Mahaka Group milik Erick Thohir mengakuisisi 80 persen saham Alive! Indonesia yang merupakan perusahaan layanan brand activation, creative agency, dan event organizer.

Perusahaan ini sudah menangani beberapa event besar yang ada di Indonesia. Mahaka Group mengakuisisi perusahaan ini dengan nilai mencapai Rp3,7 miliar. 

Itulah beberapa sumber kekayaan Erick Thohir. Menginspirasi banget ya Parents!

https://id.BERITASEBELAS.COM/artis-beli-bts-meal 

https://id.BERITASEBELAS.COM/gaya-hidup-anak-menteri 

https://id.BERITASEBELAS.COM/profil-budi-gunadi-sadikin 

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan