7 Bandara Termewah di Dunia, Ada di Asia hingga Timur Tengah

  • Bagikan

Pengalaman berada di bandara memberikan kesan tersendiri dalam perjalanan. Di era modern seperti sekarang, bandara tak hanya berfungsi sebagai pintu untuk mengakses penerbangan, tetapi juga bagian dari gaya hidup glamor yang menawarkan hiburan dan kenyamanan. Mari kita intip beberapa bandara termewah di dunia berikut ini.

Bandara di Zaman Dulu

Sebelum membahas tentang apa saja bandara termewah di dunia. Perlu kita ketahui awal mula dibangunnya bandara.

Bandar Udara atau sering disingkat Bandara (Bahasa Inggris: airport) merupakan sebuah fasilitas dimana pesawat terbang seperti pesawat udara dan helikopter dapat lepas landas dan mendarat.

Suatu bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landasan pacu atau helipad. Sementara itu, bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya seperti bangunan terminal dan hanggar.

Pada zaman dulu, di masa awal penerbangan, bandar udara hanyalah sebuah tanah lapang berumput yang bisa didarati pesawat dari arah mana saja tergantung arah angin.

Sekarang, bandara bukan hanya tempat untuk naik dan turun pesawat. Dalam perkembangannya, berbagai fasilitas ditambahkan seperti toko-toko, restoran, pusat kebugaran, dan butik-butik merek ternama apalagi di bandara-bandara baru.

Kegunaan bandar udara selain sebagai terminal lalu lintas penumpang pesawat terbang, tetapi juga sebagai terminal lalu lintas barang.

Untuk itu, di sejumlah bandar udara yang berstatus bandar udara internasional ditempatkan petugas-petugas bea cukai.

Di Indonesia, bandar udara yang berstatus bandar udara internasional antara lain adalah Kuala Namu (Deliserdang), Soekarno-Hatta (Cengkareng), Djuanda (Surabaya), Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Kota Balikpapan), Hasanuddin (Makassar), dan masih banyak lagi.

Artikel terkait: 10 Danau Terbesar di Dunia, Nomor 1 Luasnya Seperti Laut

7 Bandara Termewah di Dunia

Mendukung gaya hidup modern yang serba cepat, beberapa bandara dibangun dengan dilengkapi fitur-fitur yang menonjol dan mewah. Sebagai tempat pertama dan terakhir untuk memasuki sebuah negara, pengalaman berada di bandara termewah di dunia berikut ini mungkin akan cukup berkesan bagi siapa saja.

1. Bandara Changi Singapura

Survei Bandara Dunia menempatkan Bandara Singapura sebagai salah satu bandara termewah secara global selama beberapa tahun terakhir. Tigerair, Silkair, dan Singapore Airlines semuanya berbasis di bandara ini.

Banyak traveler yang memuji keindahan bandara Changi. Mereka pun menjadikan bandara ini sebagai ‘destinasi’ wisata yang menarik untuk dieksplorasi.

Bandara Changi memiliki dua jalur paralel dan empat terminal, dan melayani lebih dari 60 juta orang per tahun. Changi juga menempati urutan pertama dalam hal kepuasan penumpang.

Saat menunggu penerbangan di bandara Changi, Anda dapat menyempatkan untuk melihat instalasi seni air mancur, taman buatan, pusat hiburan, hingga seluncuran tertinggi di dunia. Siapa pun dapat sepenuhnya menikmati waktu luang di bandara ini.

2. Bandara Internasional Tokyo Haneda – Jepang

Haneda International Airport berada di peringkat kedua dalam daftar 10 Bandara Termewah versi Skytrax. Bandara ini melayani sekitar 16 juta penumpang asing dan 68 juta penumpang domestik pada tahun 2017.

Bandara Haneda memiliki tiga terminal penumpang, koridor bawah tanah yang menghubungkan Terminal 1 dan 2. Di sisi darat, terdapat layanan antar-jemput yang menghubungkan semua terminal.

Toko bebas bea terletak di lantai dua terminal internasional. Selain itu, ada banyak mesin ATM di antara terminal. Penumpang penyandang disabilitas juga dapat menggunakan fasilitas bandara.

3. Bandara Internasional Incheon – Korea Selatan

Menurut SKYTRAX, ini adalah bandara termewah ketiga di dunia. Di Terminal 1, Anda dapat melihat pameran dinding dan foto media di Hallway. Bandara ini juga terkenal dengan restoran dan pusat perbelanjaannya, termasuk toko Louis Vuitton pertama di dunia.

Ada berbagai atraksi yang disediakan di bandara Incheon, seperti arena seluncur es, kasino, lapangan golf, sauna, dan museum budaya Korea. Penumpang penerbangan maupun pengunjung bandara akan dihibur sepanjang perjalanan mereka – terutama dengan pameran budaya Korea yang indah.

Bandara ini melayani lebih dari 60 juta pelancong tahun lalu.

4. Bandara Internasional Hong Kong, salah satu Bandara Termewah di Dunia

Bandara ini terletak di pulau buatan di lepas pantai Hong Kong. Ada berbagai lounge bandara di mana Anda dapat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Daya tarik utama bandara ini adalah lapangan golf SkyCity Nine Eagles. Ada juga taman yang ramah untuk keluarga – Dream Come True Education Park.

Selain itu, bandara ini memiliki sembilan pameran dan museum seni, budaya, serta musik.

Artikel terkait: Daftar 10 Negara Terkotor di Dunia, Apakah Indonesia Salah Satunya?

5. Bandara Internasional Munich – Jerman

Bandar Udara Munich Jerman menempati peringkat 5 di antara 10 Bandara Termewah di Dunia. Bandara Munich terletak sekitar 30 kilometer di luar kota dekat kota Freising. Ini adalah bandara tersibuk kedua di Jerman yang melayani lalu lintas penumpang setelah Bandara Frankfurt.

Bandara Munich memiliki kapasitas penumpang lebih dari 28 juta per tahun dan melayani 248 tujuan ke seluruh dunia. Selain terdapat fasilitas yang menghubungkan antar-terminal, juga tersedia pusat perbelanjaan, komersial, dan hiburan.

6. Bandara Internasional Hamad – Qatar, Termasuk Bandara Termewah di Dunia

Bandara Internasional Hamad saat ini berada di peringkat ke-6, terletak di ibu kota Qatar, selatan Doha. Bandar Udara ini adalah rumah bagi Qatar Airways dengan maskapai penerbangan berbendera negara Qatar.

Selain menjadi salah satu bandara termewah di dunia, Bandara Internasional Hamad juga meraih beberapa gelar yang diperolehnya adalah “Bandara Terbaik di Timur Tengah” dan “Staf Bandara Terbaik di Timur Tengah”.

Berada di bandara, Anda memiliki banyak pilihan fasilitas dan atraksi, termasuk penginapan Sleep ‘n Fly: Sleep Pods with FlexiSuite (satu orang), dan YAWN Double Cabin. Selain itu, puluhan instalasi seni juga disebar di seluruh bandara untuk dilihat dan difoto oleh semua wisatawan.

Ada juga ruang terpisah untuk anak di bawah umur yang tidak bisa bermain video game, layanan spa, kolam renang, gym lengkap, jacuzzi hydro-bath, dan lapangan squash.

7. Bandara Internasional Chubu Centrair – Jepang

Bandara Internasional Chubu Centrair terletak 35 kilometer selatan Nagoya, Jepang, di sebuah pulau buatan di Teluk Ise. Pembangunan bandara ini dimulai pada tahun 2001 dan membutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikannya.

Banyak batu pasir dan batu yang digunakan, termasuk mengawetkan lapisan beton di dasar laut agar tetap kuat.

Di bandara Chubu Centrair juga terdapat Pusat Perbelanjaan Sky Town Lantai 4 yang terbuka untuk umum dan berisi 61 toko serta restoran yang dikelompokkan menjadi dua “jalan”. Semua bisnis didekorasi secara khas untuk memberi nuansa Jepang yang kental.

Artikel terkait: 7 Kamar Mandi Termewah dan Termahal di Dunia, Penasaran Seperti Apa?

Bandara Soekarno-Hatta

Meski tak masuk dalam daftar bandara termewah di dunia versi Ranking Royals, Bandara Soekarno-Hatta termasuk bandara yang besar dan megah. Apalagi bangunan Terminal 3 Ultimate yang telah dibuka pada 2016 dan menampilkan desain arsitektur modern yang ramah lingkungan.

Mengutip dari Bisnis.com, berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPIP), pengembangan bandara dengan kode CGK ini menelan biaya hingga Rp4,7 triliun.

Terminal ini berkapasitas melayani 25 juta penumpang internasional setiap tahun. Dengan panjang 2,4 km, terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dihiasi sentuhan ornamen patung karya Nyoman Nuarta dan ukiran etnik di counter check-in.

Kabarnya, bandara yang memiliki kode CGK tersebut sedang dibangung terminal 4 dan diharapkan akan mampu melayani 45 juta penumpang per tahun.

10 Gunung Tertinggi di Dunia, Puncak yang Paling Tinggi ada di Indonesia!

10 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia, Sungai Nil hingga Sungai Amazon

13 Universitas Termahal di Dunia, Biaya Kuliah Hampir Rp 1 Miliar

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan