Akhirnya Gak Bingung Lagi Berikut Ini Perbedaan Antara Gula Aren dan Gula Jawa

  • Bagikan

Buat kamu yang masih awam soal bumbu dapur, mungkin masih bingung apa sebenarnya beda gula aren dan gula jawa. Apalagi bentuk dan warnanya seringli mirip-mirip. Tapi jangan khawatir! Sebab setelah selesai membacar artikel ini, nantinya kamu akan tahu kok beda di antara dua gula ini.

Yuk, langsung saja simak apa beda antara gula Jawa dan aren berikut ini!

1. Beda Warna

Beda warna gula jawa dan aren (resepkoki.id)

Perbedaan yang paling kentara bisa dilihat dari warnanya. Meskipun sekilas tampak sama, kalau kamu perhatikan dengan saksama, warna gula aren cenderung lebih terang. Warna gula aren umumnya adalah kuning kemerahan. Sementara gula Jawa memiliki warna cokelat gelap.

2. Tekstur dan Rasa

Tekstur gula aren (suara.com)

Soal rasa, dua gula ini juga punya perbedaan yang cukup signifikan. Yaitu, gula aren memiliki tekstur yang lebih empuk dibanding gula Jawa yang sedikit keras. Tekstur ini yang kemudian membuat gula aren lebih mudah dihaluskan daripada gula Jawa.

Untuk soal rasa, keduanya hampir sama. Hanya saja, bedanya gula aren memiliki rasa yang sedikit lebih manis dari gula Jawa. Aroma gula aren pun lebih pekat dari gula Jawa.

3. Bahan Utama

Gula aren adalah gula yang dibuat dari nira pohon atau enau. Dalam proses pembuatannya, gula aren dicetak menggunakan batok kelapa. Itulah kenapa bentuknya pipih dan bundar. Meskipun terbuat dari nira, gula aren yang dijual di pasaran biasanya sudah dicampur dengan bahan lain, seperti gula pasir.

Sementara itu, gula Jawa dibuat berbahan dasar nira pohon kelapa yang merupakan cairan manis yang berasal dari proses penyadapan batang tanaman pada tumbuhan jenis palem seperti, kurma, aren, sagu dan kelapa. Nira tersebut kemudian diolah dengan cara direbus hingga berbentuk karamel yang pada nantinya dibentuk hingga menyerupai silinder dan berbentuk seperti batok kelapa.

4. Kegunaan

Karena memiliki aroma yang cenderung lebih pekat dan kuat dibandingkan gula Jawa. Gula aren sering digunakan sebagai pemanis pada minuman dan makanan. Beberapa minuman yang menggunakan gula aren misalnya dawet, cendol, kopi.

Untuk gula Jawa sendiri, pemanis ini biasanya digunakan untuk memberikan rasa manis pada beberapa menu makanan seperti gudeg, semur, dan pembuatan kecap.

Nah, sekarang udah gak bingung lagi kan bagaimana membedakan gula Jawa dan Gula Aren?

Artikel Asli

Sumber: paragram.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan