Angka Stunting di Minahasa Turun Jadi 1,26 Persen pada Pertengahan 2022

  • Bagikan
X

Pantau – Pemerintah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara  terus mengalami penurunan angka stunting. Pada pertengahan tahun 2022, tercatat angka penurunan stunting berada dibawah lima persen.

Melalui Dinas Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Minahasa terus berupaya menekan angka stunting di daerah setempat.

“Kami sangat serius dalam penanganan stunting maupun gizi buruk di daerah ini,” kata Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, dilansir dari Antara, Selasa (21/6/2022).

Roy mengatakan bahwa prevalensi stunting tahun 2016 di Minahasa sebesar 24 persen, mengalami peningkatan di tahun 2017 menjadi 37,6 persen dan 2018 turun menjadi 20,12 persen. Selanjutnya, tahun 2020 menjadi 3,21persen. Artinya, sudah di bawah 10 persen dan tahun 2021 turun hingga 1,26 persen.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Olviane Ratu mengemukakan hal ini sebagai bentuk perhatian serius pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat.

“Stunting disebabkan kurangnya asupan gizi yang cukup lama. Untuk itu, sejak dini harus kita tangani,” ucap Ratu.

Kemudian Ratu mengungkapkan penanganan stunting di Kabupaten Minahasa terus dilakukan, bahkan saat ini angka kasus sudah di bawah lima persen.

Penanganan kasus ini juga bertujuan agar seluruh anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar.

Artikel Asli

Sumber: pantau.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan