Bantu Koki dan Petani Bali, Ini Kemeriahan Ubud Festival Food

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM Bali - Memiliki fungsi utama yakni membantu kalangan koki lokal sekaligus petani Bali, Ubud Festival Food 2022 terasa begitu meriah belakangan ini.

Sebagaimana diketahui, festival kuliner tahunan tersebut diselenggarakan lagi di Taman Kuliner, Ubud, Kabupaten Gianyar.

Pada festival keenam tahun ini dengan tema Heroes, panitia bakal menggandeng koki lokal hingga petani muda di Pulau Dewata untuk ikut terlibat.

“Kami ingin memberi panggung bagi mereka yang ada di balik kuliner Bali," kata Ketua Yayasan Murda Swari Saraswati Dwi Ermayanti, di Denpasar, Kamis (16/06/22).

Menurut rencana, festival yang diselenggarakan oleh Yayasan Murda Swari Saraswati digelar selama tiga hari, dari 24-26 Juni 2022.

Festival ini untuk mengapresiasi para pelaku kuliner yang telah menjaga warisan kuliner Bali, di antaranya Dodo Pande pemilik Pande Egi, Putu Dodik koki Nusantara Locavore dan petani-petani muda lainnya.

"Salah satunya ada Dodik, bagaimana dia memulai karier hingga menjadi kepala di Nusantara Locavore," ujar Dwi mengenalkan Putu Dodik Sumarjana.

Dodik menjadi salah satu koki lokal yang diajak bergabung dalam Ubud Food Festival 2022.

Koki yang memulai karier sejak usia 18 tahun ini konsisten terhadap penggunaan bahan baku masakan dari hasil alam yang hidup di sekitar.

Dwi Ermayati menyebut pencinta kuliner yang mendaftar akan diajak melakukan perjalanan kuliner menuju Bali Utara.

"Salah satu pahlawan kuliner adalah Chef Yudi, nanti mereka (peserta) akan kami berangkatkan dari Ubud," ucapnya.

Di Desa Les, Kabupaten Buleleng akan dilakukan program "Food Tour", para peserta akan dipertemukan dengan Chef Yudi.

Koki lokal sekaligus pemilik restoran di desa ini terkenal dengan kebiasaannya dalam memanfaatkan bahan lokal yang berasal dari daerah tersebut juga mampu mengolah arak yang nantinya dapat dicicipi peserta.

Tak hanya koki yang berkecimpung di dunia masak-memasak, dalam kesempatan ini penyelenggara turut mendatangkan petani-petani daerah yang menjadi pahlawan di balik industri kuliner.

Meskipun banyak sisi lokal yang ditonjolkan dalam festival kuliner yang didirikan Janet DeNeefe ini, tak menutup fakta bahwa target pengunjung yang bergabung nantinya tak hanya berasal dari masyarakat lokal.

Ubud Food Festival ini pun diharapkan bisa menyokong ekonomi baik itu untuk kalangan petani dan koki lokal Bali agar bisa bangkit pasca pandemi Covid-19. (Ant)

 

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Artikel Asli

Sumber: genpi.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan