Bertemu Jokowi, Dirjen WHO Sampaikan Apresiasi Capaian Indonesia Tangani Covid-19

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kehormatan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/6/2022). Secara langsung, Ghebreyesus menyampaikan apresiasinya untuk Indonesia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

Jokowi menyambut langsung Ghebreyesus setibanya di Istana Merdeka.

"Good afternoon, nice to see you," kata Jokowi mengutip YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

"Very nice too see you too," jawab Ghebreyesus.

Baca Juga: Muhammadiyah Tanggapi Klaim Mahathir Mohamad Soal Kepulauan Riau: Tinggalkan Potensi Konflik Masa Lampau

Setelah itu, Jokowi langsung mengajaknya ke sebuah ruangan untuk memulai diskusi. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut kalau Ghebreyesus mengapresiasi terhadap capaian Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Menurut Ghebreyesus, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pencapaian terbaik di bidang vaksinasi dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

"Dirjen WHO berbicara mengenai masalah vaksinasi dan beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari best achievement kalau dipertandingkan dengan rata-rata achievement yang dicapai oleh negara-negara di dunia," ujar Retno.

Selain itu, Dirjen WHO turut menilai sistem kesehatan utama dan asuransi kesehatan wajib di Indonesia telah berjalan dengan baik. Dalam kesempatan yang sama WHO juga menyatakan masih terus melakukan pengawasan terhadap pandemi Covid-19 meski kasus Covid-19 di dunia sudah mulai stabil.

"Tadi disampaikan juga oleh Dirjen bahwa walaupun situasi kasus Covid-19 di dunia sudah mendatar, namun beliau menyatakan bahwa pandemi belum selesai dan kita masih memantau terus, WHO masih memantau terus munculnya varian-varian baru," ucapnya.

Baca Juga: Kereta Api Tabrak Mobil Pajero yang Dikendarai ASN di Medan, 2 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Kepada Jokowi, Ghebreyesus juga menyampaikan apresiasi kepada Indonesia dalam kepemimpinannya di G20.

"Dirjen WHO betul-betul mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20."

Artikel Asli

Sumber: suara.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan