BMKG: Akan Turun Hujan di Sebagian Besar Kota di Indonesia

  • Bagikan

Pantau – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan melanda sebagian besar kota di Indonesia pada Selasa (21/6/22). BMKG menjelaskan ini merupakan fenomena atmosfer yang berpengaruh pada kondisi cuaca adalah adanya daerah sirkulasi siklonik.

BMKG memaparkan informasi bahwa sirkulasi siklonik ini terbentuk di Selat Karimata di sebelah barat Kalimantan Barat, yang menyebabkan terbentuknya perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, yang memanjang dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat.

Terpantau pula daerah konvergensi lainnya berada di wilayah Aceh hingga perairan barat Aceh, kemudian di wilayah Sumatera Barat hingga Riau dan di Bangka Belitung hingga Kepulauan Riau, sampai Sulawesi bagian tengah dan juga di Maluku.

Seperti yang dilansir dari Antara, fenomena atmosfer tersebut dikarenakan adanya pertemuan angin atau konfluensi yang terbentuk di wilayah laut Jawa, di Sulawesi Tenggara, di Maluku bagian Selatan, di Laut Banda, di Laut Arafuru dan juga di Papua bagian selatan.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik, konvergensi dan juga konfluensi.

BMKG mengimbau masyarakat agar waspada karen akan turun hujan deras yang disertai petir di wilayah Bandar Lampung,Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, dan Pangkalpinang.

Prakiraan yang sama juga akan terjadi di wilayah Banjarmasin, Kalimantan, Pontianak, Palangkaraya Tanjung Selor dan juga Samarinda. Kemudian wilayah Nusa Tenggara dan juga Bali, tepatnya Denpasar dan juga Kupang diprakiraan akan berawan, sementara itu Mataram diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Kemudian wilayah Sulawesi. Manado, Palu dan juga Makassar diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu untuk Gorontalo diprakirakan akan berawan, dan perlu waspada di Mamuju yang diprakirakan akan diguyur hujan deras.

Prakiraan hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur Kendari. Sementara wilayah Indonesia Timur untuk Ternate dan Manokwari diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Kemudian wilayah Ambon diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang dan untuk Jayapura diperkirakan berawan.

Artikel Asli

Sumber: pantau.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan