Daftar Ulang Tahun Presiden Indonesia Bulan Juni: Soekarno Hingga Jokowi

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun yang ke-61 hari ini, Selasa (21/6/2022). Ternyata tidak hanya Jokowi, presiden yang ulang tahun di bulan Juni. Simak penjelasan tentang ulang tahun Presiden Indonesia berikut ini.

Berikut daftar ulang tahun Presiden Indonesia di bulan Juni mulai dari Soekarno hingga Jokowi yang menarik untuk dikulik.   

Berbagai akun media sosial, turut memberikan ucapan selamat ulang tahun serta doa untuk Presiden Jokowi. Hal ini tidak terkecuali Sekretariat Negara yang menuliskan sebuah pantun dalam akun Twitter @KemensetnegRI.

“Pulang kampung pakai tol Jagorawi, Tiba di rest area membeli daging semur, Selamat ulang tahun Bapak Jokowi, Semoga bahagia dan panjang umur”, tulis akun @KemensetnegRI. 

Baca Juga: Nyanyikan Lagu Selamat Ulang Tahun Berlirik Kritik Pedas ke Jokowi, Mahasiswa: Selamat Sejahtera, Rakyatnya Enggak!

Selain Presiden Jokowi, ternyata mayoritas Presiden Indonesia yang menjabat lahir di bulan Juni, seperti Presiden Soekarno, Presiden Soeharto dan Presiden Habibie. Berikut ini daftar ulang tahun Presiden Indonesia di bulan Juni.

1. Presiden Soekarno

Presiden Soekarno [Foto tangkapan layar Instagram @Soekarno_presidenku]

Presiden Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia yang lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Ia lahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo dari orang tua bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

Ayahnya merupakan seorang guru dan ibunya merupakan bangsawan asal Bali. Dikarenakan sering sakit-sakitan saat kecil, orang tuanya mengganti namanya menjadi Soekarno.

Soekarno muda dikenal aktif dalam pergerakan nasional setelah tinggal di rumah Haji Oemar Said (H.O.S) Tjokroaminoto. Ia banyak bertemu dengan tokoh Sarekat Islam yang dipimpin oleh Tjokroaminoto. Soekarno aktif dalam kegiatan organisasi pemuda Tri Koro Darmo yang dibentuk dari organisasi Budi Utomo dan berganti nama sebagai Jong Java (Pemuda Jawa) pada 1918.

Baca Juga: PDIP Terima Bantuan Parpol dari Pemerintah Rp27 Miliar di Sela-sela Rakernas, Jumlahnya Lebih Besar

2. Presiden Soeharto

Unggahan Titiek Soeharto di hari ulang tahun Soeharto. (Instagram/Titiek Soeharto)

Presiden Soeharto merupakan presiden kedua Republik Indonesia yang lahir di Kemusuk, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Ia lahir dari orang tua bernama Kertosudiro yang merupakan petani dan pembantu lurah dan ibunya bernama Sukirah. 

Presiden Soeharto memiliki latar belakang militer setelah ia masuk sebagai prajurit KNIL dan mengikuti Pendidikan Dasar Militer di Gombong, Jawa Tengah pada 1941. Soeharto resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945. Pada 1949, ia bersama pasukannya berhasil merebut kembali Yogyakarta dari tangan penjajah saat agresi militer.

3. Presiden Habibie

[suara.com/Ema Rohimah]

Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan presiden ketiga Republik Indonesia. Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.

Pada tahun 1954, ia masuk ke Universitas Indonesia di Bandung atau yang dikenal sebagai ITB. Ia kemudian melanjutkan studinya di Rheinisch Westfälische Technische Hochschule di Jerman. Presiden Habibie menghabiskan 10 tahunnya untuk menyelesaikan studi S1-S3 di Aachen, Jerman. 

4. Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo merupakan presiden ketujuh Republik Indonesia. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Ia merupakan anak dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Saat kecil, Jokowi terpaksa harus hidup berpindah-pindah bahkan rela digusur oleh pemerintah kota Solo setelah ia tinggal di Bantaran Kali Pepe.

Jokowi lulus dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 1985. Ia sempat bekerja di perusahaan BUMN di Aceh. Namun pada tahun 1988, ia memutuskan kembali ke Solo dan bekerja di pabrik milik pamannya sebelum dirinya memulai membuka usaha mebel.

Itulah daftar ulang tahun presiden Indonesia yang lahir di bulan Juni mulai dari Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Artikel Asli

Sumber: suara.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan