Dirjen WHO: TBC Masih Mematikan, Bunuh 1,5 Orang Tiap Tahun

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan penyakit tuberkulosis (TB) masih menjadi penyebab kematian utama di dunia.

Tedros menuturkan, dalam hal kematian akibat penyakit menular TB berada di urutan kedua setelah Covid-19.

"Yang pertama sekarang adalah Covid dan seperti yang anda juga tahu, TB telah bersama kita selama ribuan tahun," kata Tedros dalam sesi jumpa pers Pertemuan Pertama Menteri Kesehatan G20 di Hotel Marriot, Sleman, DIY, Senin (20/6/2022).

Menyedihkan baginya ketika mengetahui TB terus membunuh sekitar 1,5 juta orang tiap tahunnya. Selain itu, 10 juta orang per tahun jatuh sakit karena penyakit ini.

"Karena kita sekarang berbicara tentang kesiapsiagaan dan respons pandemi dan kita khawatir tentang pandemi berikutnya, tetapi kita juga harus memahami bahwa ada pembunuh utama seperti TB yang masih mematikan," paparnya.

Perhatian untuk penanganan TB, menurutnya, tak boleh dikurangi sekalipun investasi terhadap kesiapsiagaan akan pandemi terus berjalan. Dana Perantara Keuangan (FIF) yang telah dibentuk melalui forum G20 diharapkan mampu terus mendukung pendanaan penanganan TBC. 

"Harapan saya agar pendanaan TB benar-benar meningkat," harapnya.

Adapun upaya lain dari WHO dalam menanggulangi TBC, klaim Tedros, salah satunya adalah pengembangan vaksin yang kian agresif.

"Anda telah melihat bagaimana kami mengembangkan vaksin untuk covid hanya dalam waktu kurang dari setahun. Jadi kita perlu memiliki komitmen seperti itu untuk TB karena penyakit itu mematikan, dan oleh karena itu dibutuhkan lebih banyak investasi untuk TB," pungkasnya. []

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan