DPR Akan Bahas RUU Pembentukan Provinsi Baru Papua Hari Ini

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya akan melakukan pembahasan terkait rancangan undang-undang pembentukan tiga provinsi baru di Papua.

Pembahasan tersebut akan dilakukan hari ini, Selasa 21 Juni 2022 dan berharap rampung sebelum DPR memasuki masa reses pada Juli 2022

"Kami mulai besok pembicaraan rapat kerja pertama, penjelasan dari pemerintah sekaligus menyerahkan daftar isian masalah," kata Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/6).

Politikus Golkar mengklaim, pemerintah dan DPR sudah membahas pembentukan tiga RUU tersebut secara informal sejak lama.

"Kami di komisi II itu langsung mengambil inisiatif waktu itu ketemu dengan Mendagri, sehabis itu kami bentuk tim bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, dan internal kami juga sudah membuat draf naskah akademik dan rancangan undang-undang," beber Doli.

Ahmad Doli menyampaikan, DPR telah menyosialisasikan draf RUU dan naskah akademik kepada masyarakat Papua lewat para pemangku kepentingan di sana.

"Ada hearing dengan Uncen [Universitas Cenderawasih Papua], dengan tokoh-tokoh masyarakat di sana dan segala macam,” ucapnya.

Selain itu, kata Doli, RUU tersebut sudah sampai pada proses politik formal dan administrasi yang ada sebagaimana diatur dalam penyusunan undang-undang.

Doli menambahkan, pihaknya akan tetap menghormati proses judicial review atas UU Otonomi Khusus Papua yang sedang berjalan di Mahkamah Konstitusi.

"Kami tetap menghargai, tapi prosesnya tetap berjalan. Ya nanti kan kita tunggu putusannya. Apapun putusannya nanti akan kita hormati," kata dia.(*)

Video seru hari ini:

Artikel Asli

Sumber: genpi.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan