Elektabilitas Melesat di Survei Kompas, Partai Perindo Semakin Semangat

  • Bagikan
JAKARTA - Elektabilitas Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) terus melesat menjelang Pemilu 2024. Berdasarkan hasil survei terbaru Litbang Kompas, elektabilitas partai yang dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo (HT) itu terus mengalami peningkatan.

Bahkan, elektabilitas Partai Perindo mencapai 3,3%, berada di atas Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 2% pada Juni 2022. Merespons hal itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Dr Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan bahwa angka tersebut merupakan hasil dari ikhtiar seluruh elemen Partai Perindo.

Dia menuturkan, hasil survei tersebut menambah semangat kader Partai Perindo. "Kita apresiasi dengan hasil survei Litbang Kompas ini, tentunya ini memberikan semangat kepada seluruh kader Perindo di seluruh Indonesia untuk terus bekerja keras dalam proses elektoral 2024 ke depan," kata Ferry saat dihubungi tim MNC Portal Indonesia, Selasa (21/6/2022).

Baca juga: Meroket! Survei Litbang Kompas: Tembus 3,3%, Elektabilitas Partai Perindo Lampaui PPP



Kendati demikian, Ferry mengatakan Partai Perindo tidak akan terlena dengan hasil survei tersebut. Menurutnya, hasil ini harus dijadikan acuan bagi para kader Perindo untuk terus meraih simpati masyarakat.



"Ini (hasil survei Litbang Kompas) tidak untuk berpuas diri, ini harus menjadi motivasi untuk terus lebih baik ke depannya dan masyarakat merasakan kehadiran Partai Perindo," ucapnya.

Survei Litbang Kompas yang merilis elektabilitas partai politik pada Juni 2022 itu membagi elektabilitas partai politik menjadi tiga kategori yakni partai papan atas, partai papan menengah, dan bawah serta partai nonparlemen pusat. Untuk kategori partai nonparlemen, Partai Perindo memimpin dengan elektabilitas 3,3 persen, disusul Hanura 1,0 persen, PSI 0,7 persen, Garuda 0,4 persen, Berkarya 0,1 persen, dan lainnya 0,6 persen.

Kategori partai papan atas dipimpin PDIP dengan elektabilitas 22,8 persen. Lalu disusul Gerindra 12,5 persen, Demokrat 11,6 persen, dan Golkar 10,3 persen. Tidak menjawab 16,0 persen.

Sementara itu, kategori partai papan menengah dan bawah, PKB dan PKS sama-sama meraih elektabilitas 5,4 persen. Kemudian Nasdem 4,1 persen, PAN 3,6 persen, dan PPP 2,0 persen.

Survei periodik melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 26 Mei-4 Juni 2022. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencupilkan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Menggunakan metode ini pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin error /- 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Lihat Juga: Pemilu 2024, Perindo Optimistis Lolos Parliamentary Threshold (rca)

Artikel Asli

Sumber: sindonews.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan