Gaji Desainer Grafis, Keahlian yang Banyak Dicari di Era Media Sosial

  • Bagikan

Di dunia serba digital sekarang, pekerjaan sebagai desainer grafis banyak dicari orang namun SDM yang menguasai hal ini cukup sedikit, sehingga tak heran gaji desainer grafis cukup tinggi.

Apa Itu Desainer Grafis?

Desainer grafis adalah orang yang memiliki keahlian untuk merancang dan membuat ilustrasi visual yang digunakan untuk memberikan pesan tertentu.

Jika Parents melihat sebuah iklan atau reklame digital di media sosial, di sana ada peran desainer grafis yang merancang dan memperindah tampilan visualnya sehingga pesan dalam iklan tersebut tersampaikan dengan efektif kepada target pasar.

Anda tidak salah jika menganggap bahwa seorang desainer itu berarti kerjanya tidak jauh-jauh dari menggambar. Karena bidang profesi yang mereka tekuni tidak jauh-jauh dari membuat desain visual hingga memoleskan warna-warna.

Namun lebih spesifik lagi, desainer grafis bertanggung jawab untuk menciptakan ilustrasi, tipografi, dan motion graphic untuk media-media elektronik maupun cetak.

Artikel terkait: Segini Besaran Gaji Karyawan Alfamart hingga Tingkat Manager

Desainer grafis juga orang yang berada di balik setiap tampilan pada media promosi suatu produk. Desain yang dibuat seorang graphic designer harus memuat informasi mengenai suatu produk secara menarik dan mampu mengakomodasi keinginan klien.

Dalam proses kerjanya, seorang graphic designer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, di mana dia mampu menjelaskan perspektif desain kepada klien yang lebih awam.

Artikel terkait: Sering Disebut Menantu Idaman, Berapa Gaji Polisi Indonesia Beserta Tunjangannya?

Gaji Desainer Grafis Berdasarkan Survei

Mengutip dari Suara.com, berdasarkan sejumlah survei, gaji desainer grafis pemula rata-rata berkisar di angka Rp3,7 juta per bulan. Gaji ini bisa naik menjadi Rp5-6 juta per bulan seiring dengan pengalaman.

Gaji desainer grafis juga dapat lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada tempat dimana ia bekerja atau wilayah tempat tinggal. Misalnya, jika desainer grafis bekerja di ibukota Jakarta, bisa jadi gajinya lebih tinggi dibandingkan gaji desainer di Bali.

Gaji tertinggi untuk desainer grafis ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan kisaran Rp4,5 juta per bulan. Gaji lebih rendah didapatkan di wilayah Surabaya dan Sidoarjo dengan kisaran Rp3,5 juta dan Denpasar yang berkisar Rp2,9 juta.

Tugas Desain Grafis

Sebagai desainer grafis, umumnya melaksanakan beberapa tugas ini:

1. Melaksanakan komunikasi serta bertanya kepada klien terkait gambaran desain yang diinginkan.

2. Mendesain suatu karya ilustrasi yang hendak ditampilkan di media, novel pustaka, iklan, web, majalah, ataupun media lain.

3. Mendiskusikan tenggat waktu (deadline) dengan klien, dan menyerahkan hasil pekerjaan sesuai dengan waktu yang disepakati.

Artikel terkait: Segini Gaji Pramugari Maskapai Penerbangan Indonesia, Nominalnya di Luar Perkiraan!

Prospek Kerja Desainer Grafis

Di era teknologi media sosial seperti sekarang, pekerjaan desainer grafis menjadi salah satu yang paling dicari. Keterampilan desain grafis dibutuhkan di semua industri, terutama untuk mengelola desain media sosial untuk tujuan pemasaran (marketing).

Di samping itu, industri startup yang berbasis teknologi juga memerlukan keahlian seorang desainer grafis untuk mengelola tampilan situsnya.

Seorang desainer grafis juga dapat berkarir di media, industri telekomunikasi, periklanan, fotografi, pembelajaran, apalagi industri manufaktur semacam tekstil, garmen, fashion, otomotif, serta elektronik dan masih banyak lagi.

Orang-orang yang bekerja di posisi desainer grafis biasanya berlatar pendidikan Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual. Desainer grafis juga dituntut memiliki keahlian menguasai software desain antara lain Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, dan Indesign.

Besaran Gaji Youtuber: Cara Menghitung dan Sumber Penghasilannya

Blak-Blakan! Krisdayanti Ungkap Besaran Gaji dan Tunjangan Anggota DPR RI

4 Pertimbangan Menentukan Gaji Asisten Rumah Tangga

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan