Humor Gus Dur: Saat Bule Bertanya Pada Tamatan Perguruan Tinggi

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM Bukan Gus Dur kalau tidak pandai melontarkan humor-humor yang bikin perut sakit. Ulama sekaligus politikus asal Jombang ini dikenal dengan humornya yang cerdas dan kritis terhadap persoalan politik, sosial, dan keagamaan.

Dilansir NU Online, ada seorang bule yang sedang berjalan-jalan di Jakarta. Karena merasa tersesat, bule tersebut kemudian bertanya kepada seorang penjual gorengan yang ada di sana.

"Mohon izin, pak, apakah benar ini Jalan Sudirman?".

"Ho oh," jawab penjual gorengan tersebut.

Mengingat si bule itu merasa bingung dengan jawaban tersebut, dia lalu bertanya lagi kepada seorang Polisi yang kebetulan sedang mengatur lalu lintas. 

"Maaf Pak, apakah ini Jalan Sudirman?" 

"Betul," jawab polisi itu singkat.

Setelah mendapat jawaban dari Pak Polisi itu, si bule malah bertambah bingung karena mendapat jawaban yang berbeda. Akhirnya si bule itu bertanya kepada Gus Dur yang waktu itu kebetulan melintas. 

"Apa ini Jalan Sudirman, Pak?".

"Benar," jawab Gus Dur.

Namun yang terjadi, bule itu semakin bingung saja karena mendapat tiga jawaban yang berbeda. Bule itu memutuskan untuk akhirnya dia bertanya kepada Gus Dur lagi, mengapa saat ia bertanya kepada tukang gorengan dijawab "Ho oh," kemudian bertanya kepada polisi dijawab "betul" dan yang terakhir dijawab Gus Dur dengan kata "benar."

Setelah itu, Gus Dur diam sejenak, lalu menjawab pertanyaan bule tersebut.

"Ohh jadi begini, kalau Anda bertanya kepada tamatan SD maka jawabannya adalah ho oh, kalau bertanya kepada tamatan SMA maka jawabannya adalah betul. Sedangkan kalau bertanya kepada tamatan perguruan tinggi maka jawabannya benar."

Setelah mendengar jawaban tersebut, bule itu merasa puas dan mengangguk. Akan tetapi, ia bertanya kembali.

"Jadi Anda ini seorang sarjana?" tanya si bule itu penasaran.

"Ho..oh!" seloroh Gus Dur.[]

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan