Luhut Akui tak Mudah Cari Pemimpin seperti Jokowi

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengucapkan selamat ulang tahun ke-61 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melalui akun Instagram pribadinya, Luhut mengungkapkan Jokowi tidak pernah berubah sejak mengenalnya selama belasan tahun.

“Tidak mudah mencari pemimpin seperti Presiden Joko Widodo,” kata Luhut dalam akun Instagram-nya, Selasa (21/6).

Baca Juga:

Kejutan HUT Jokowi di Rakernas PDIP, Tumpeng Pertama Pancing Tawa Megawati

Diungkapkannya, delapan tahun lamanya sejak diberikan kepercayaan untuk menjalankan tugas sebagai menteri di bawah kepemimpinan Jokowi, ia menyadari bahwa ada rasa percaya yang cukup besar ketika melihat keteladanan dalam memimpin yang Jokowi tunjukkan.

“Hal itu tidak berubah sejak dahulu saya mengenal beliau belasan tahun yang lalu. Pak Jokowi tidak pernah punya kepentingan pribadi dalam jabatannya sebagai Kepala Negara Republik Indonesia,” kata Luhut.

Sikap dan karakter kepemimpinan Jokowi yang tidak pernah berubah itu, kata Luhut, mendapatkan apresiasi dan rasa hormat dari pemimpin negara lainnya.

“Pun demikian halnya para pemimpin negara yang saya temui. Mereka semua selalu menyampaikan apresiasi dan rasa hormat kepada Presiden Jokowi,” ujar Luhut.

Hal itu membuat Luhut sering kali berpikir bahwa rasa hormat dan apresiasi dari para pemimpin negara di dunia muncul karena keteladanan Jokowi yang dapat membawa Indonesia menjadi negara yang perekonomiannya tetap bertahan, di tengah guncangan dan gempuran krisis global.

“Saya berpikir apakah apresiasi dan rasa hormat itu muncul karena keteladanan leadership beliau, atau karena mereka melihat Indonesia saat ini termasuk negara yang perekonomiannya tetap tahan terhadap guncangan meski di tengah gempuran krisis global yang melanda seluruh dunia,” terang Luhut.

Baca Juga:

Hadiri Rakernas PDIP, Jokowi Disambut Prananda

Luhut mengaku bahagia bekerja dengan Jokowi dan akan mengabdi sekuat tenaga untuk presiden ketujuh ini.

“Apa pun itu, bagi saya yang paling penting adalah saya bahagia bisa bekerja dan mengabdi secara all out untuk beliau,” tutur Luhut.

Karena ia merasa, Jokowi telah berkali-kali melindunginya dengan caranya tersendiri.

Salah satunya adalah memindahkannya ke berbagai posisi untuk dapat membantu Jokowi dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin negara.

“Sebagai seorang pimpinan sekaligus sahabat yang saling percaya satu sama lain, saya seringkali merasa bahwa beliau berkali-kali berupaya melindungi saya dengan memindahkan saya ke beberapa posisi. Mungkin beliau tidak pernah disampaikan secara eksplisit dari sikap beliau, tetapi saya tahu maksudnya,” jelas Luhut.

Jokowi lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961.

Saat ini merupakan tahun kedelapan Jokowi memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Knu)

Baca Juga:

Buka Rakernas, Megawati Sebut Presiden Jokowi Kader PDIP

Artikel Asli

Sumber: merahputih.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan