Megawati di Depan Ganjar dan Seluruh Kader, ‘Kalau Ada Yang Ngomong Koalisi di PDIP Out’

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM, JAKARTA— Megawati Soekarnoputri di depan Ganjar Pranowo dan seluruh kader mengatakan, dirinya mempunyai hak prerogatif mengeluarkan kader PDIP yang tak taat aturan partai.

“Saya diberi oleh kalian hak prerogratif untuk memimpin partai, siapa yang tidak taat aturan bisa saya keluarkan,” tegas Megawati di depan seluruh kader termasuk Ganjar Pranowo di Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Selasa (21/6).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan dan arahan di hadapan Presiden Jokowi dan peserta Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa siang.

Menurutnya, terkait dengan persoalan capres yang akan diusung oleh PDIP, hal tersebut merupakan keputusan dari dirinya.

“Hanya ketua umum yang bisa menentukan siapa yang akan menjadi calon presiden dari PDI-Perjuangan,” tutur Megawati.

Dalam acara itu, Megawati juga mengatakan bahwa Indonesia menganut sistem presidensial bukan parlementer.

Baca Juga :

Megawati di Depan Muka Ganjar : Lebih Baik Keluar PDIP Jika Main Dua Kaki Daripada Saya Pecat

Sehingga, tidak ada istilah koalisi di dalam negara yang menganut sistem presidensial.

Dalam negara bersistem presidensial, hanya ada kerja sama antar partai politik dalam urusan Pemilu, termasuk di Indonesia.

“Ini yang saya tegaskan mestinya di-quote benar oleh media, kita sistemnya adalah presidensial bukan sistem parlementer,” jelasnya.

“Akibatnya kan saya suka bingung lho Bapak Presiden, kok bilang Koalisi Koalisi Koalisi , tidak ada, tidak ada. Kalau kerja sama yes,” tegas Megawati.

“Kenapa? Koalisi itu kan saya ngikutin terus yang namanya pemilihan prime minister dan apa bedanya? Karena kita gak punya Perdana Menteri,” katanya menegaskan.

Atas dasar itu, Megawati menegaskan tidak akan segan-segan mencopot status kader PDIP jika ada yang meneriakkan koalisi untuk Pemilu 2024.

Sebab, itu berkaitan dengan sistem ketatanegaraan Indonesia.

“Ini tata kenegaraan kita, ini tata kenegaraan kita, ini tata kenegaraan kita tahu nggak,” tegasnya.

“Kalau masih ada yang ngomong di PDI Perjuangan urusan koalisi. Out!” imbuh Megawati dengan nada menggebu-gebu sambil menunjuk tangan ke arah peserta Rakernas.

“Berarti nggak ngerti sistem ketatanegaraan kita,” tegas Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di hadapan Presiden RI Jokowi dan peserta Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa siang (21/6). (ral/rmol/pojoksatu)

Artikel Asli

Sumber: pojoksatu.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan