Melebihi PNS, Berikut Ini Gaji Makeup Artist yang Bikin Kaget!

  • Bagikan
X

Parents pasti sudah sangat familiar dengan pekerjaan yang satu ini! Profesi makeup artist (MUA), adalah pekerjaan yang mulai ditekuni banyak orang beberapa tahun terakhir.

Berkembangnya industri kecantikan membuat makeup dan penggunaannya adalah suatu seni yang bikin orang rela bayar mahal demi riasan wajah yang bagus. Lantas saja, gaji makeup artist tidak tergolong kecil loh, Parents.

Bahkan, rumornya lebih besar dari gaji PNS!

(Sumber: www.pexels.com/pixabay)

Kemampuan merias wajah ada suatu skill yang tak semua orang punya. Apalagi, penggunaan makeup pun sudah menjadi aktivitas sehari-hari terutama bagi kaum perempuan.

Bukan hanya meningkatkan rasa percaya diri, menggunakan makeup juga membantu memberikan kesan profesional, melatih kreativitas, dan wujud ekspresi seseorang.

(Sumber: www.pexels.com/gustavo-fring)

Sebuah studi dari Universitas Harvard, Massachusetts General Hospital, dan P&G Beauty melihat bagaimana berbagai gaya makeup dapat mempengaruhi persepsi.

Nancy Etcoff, Ph.D., mengungkapkan “Kita telah berbicara banyak mengenai evolusi kecantikan dan biologi, tapi itu berkaitan dengan genetik.

Dalam riset ini, kami telah membuktikan bahwa Anda dapat mengambil fitur-fitur itu dan mengubah bagaimana Anda dipandang secara signifikan – seperti bagaimana orang bisa menyukai Anda, seberapa percaya diri Anda terlihat, hanya dengan menggunakan makeup. Sangat memukau”.

Melihat seberapa besar pengaruh makeup, sehingga banyak orang berkecimpung didunia kecantikan ini. Gaji seorang makeup artist pun tak tanggung-tanggung besarannya. Penasaran?

Gaji Makeup Artist

(Sumber: www.pexels.com/rene-asmussen)

Ada harga, ada kualitas. Hal ini pun berlaku untuk bagaimana seorang makeup artist menentukan harga jasanya. Harga jasa seorang makeup artist tergantung dari kompetensi yang dimilikinya. Maka dari itu, tak jarang seorang MUA mengikuti berbagai workshop dan sertifikasi untuk meningkatkan kemampuannya.

Mahal atau murahnya jasa MUA juga ditentukan oleh reputasi yang dimilikinya. Biasanya, MUA dengan nama yang terkenal dengan riasan yang terkenal pula akan memiliki tarif yang mahal.

Tarif jasa makeup juga bisa dipengaruhi oleh jenis acara atau kebutuhan dari pelanggan. Semisal, makeup yang digunakan untuk acara wisuda tentu berbeda dengan makeup pernikahan yang harus untuk tahan untuk waktu yang sangat lama.

Keahlian dan kemahiran ini adalah salah satu hal yang menentukan tarif jasa MUA.

Artikel terkait: Harganya Bikin Meringis, Ini 10 Makeup Termahal yang Pernah Ada!

Gaji Makeup Artist (MUA) Biasa

(Sumber: www.Instagram.com/emelyaaaa)

Dilansir dari CNBC.com, Umumnya, gaji makeup artist berkisar dari 3 juta hingga 5 juta. Tergantung dari kompetensi yang dimiliki oleh MUA. Bagi pemula, biasanya MUA mematok tarif awal Rp200 – Rp300 per orang untuk satu acara.

Untuk rias pengantin, tarif seorang MUA berkisah Rp600 ribu hingga Rp1 juta per orangnya. Bisa lebih mahal jika MUA terkenal dan memiliki reputasi yang baik.

Gaji Makeup Artist (MUA) Profesional

(Sumber: www.Instagram.com/marlenehariman)

Meski kemampuan menata rias bisa dipelajari tanpa menempuh pendidikan formal, namun pengetahuan dan keterampilan di bidang kecantikan ini sangatlah penting.

Mempelajari berbagai macam tipe kulit, penggunaan alat kecantikan, dan menggunakan produk-produk dengan bahan yang benar berdasarkan jenis kulit tentu memberikan nilai plus bagi sang penata rias.

Makeup artist profesional pun memiliki standar fee yang berbeda dari makeup artist biasa. Untuk jasa makeup artist profesional, seseorang perlu membayar mulai jutaan hingga puluhan juta untuk sekali acara.

Wah, sangat menggiurkan bukan? Namun, tentunya fee sebesar ini bisa didapat setelah melalui proses panjang sebagai MUA.

Beberapa makeup artist asal Indonesia dengan biaya fantastis tentunya sudah sangat terkenal dan terbiasa menangani klien artis. Penasaran siapa saja contohnya dan tarif mereka?

1. Bennu Sorumba

(Sumber: www.Instagram.com/bennusorumba)

Bennu Sorumba adalah salah satu makeup artist ternama di Indonesia. Kepiawaiannya dalam merias membuat banyak sekali publik figur yang ingin didandani olehnya.

Beberapa artis dan orang-orang ternama yang pernah didandani oleh Bennu adalah Kahiyang Ayu, Lesty Kejora, Citra Kirana, Aurel Hermansyah, Krisdayanti, Rossa, dan masih banyak lagi.

Bennu memulai karirnya sebagai asisten MUA profesional, kini Bennu Sorumba mematok tarif hingga Rp20 juta untuk satu event.

2. Bubah Alfian

(Sumber: www.Instagram.com/bubahalfian)

Bubah Alfian adalah makeup artist kelahiran 30 Mei 1987 yang kerap menjadi langganan artis tanah air. Salah satu pencapaian Bubah adalah ikut merias wajah para peserta America’s Next Top Model (ANTM) musim ke 20.

Bubah Alfian memulai karirnya benar-benar dari bawah, bahkan, tarif awal Bubah hanyalah Rp5 ribu untuk merias. Kini, Bubah menuai segala kerja kerasnya, ia pun menjadi salah satu makeup artist ternama di tanah air.

Kini, ia dibayar sekitar Rp8 juta hingga Rp15 juta untuk satu kali acara.

3. Marlene Hariman

(Sumber: www.Instagram.com/marlenehariman)

Marlene Hariman memulai karirnya dengan mengikuti sekolah khusus rias. Kini, makeup artist andalan banyak artis ini pun telah menuai kesuksesannya.

Beberapa artis terkenal yang dirias olehnya adalah Maudy Ayunda, Ashanty, Nagita Slavina, Krisdayanti, Aurelie Hermansyah dan masih banyak lagi.

Untuk sekali makeup, ia dibayar mulai Rp3,5 juta hingga Rp15 juta.

4. Anpa Suha

(Sumber: www.Instagram.com/anpasuha_official)

Anpa Suha memulai karirnya ketika menjadi perias di salon ibunya sendiri. tampaknya, bakat dari sang ibu turun ke putranya. Saat ini, Anpa Suha adalah salah satu makeup artist ternama di Indonesia.

Untuk sekali acara, Anpa Suha memasang tarif hingga Rp19 juta.

Berbagai artis ternama yang pernah diriasnya adalah Krisdayanti, Ashanty dan lainnya.

5. Dhirman

(Sumber: www.Instagram.com/dhirmanputra)

Awal mula Dhirman berkecimpung di dunia tata rias adalah ketika ia, pada saat itu bekerja sebagai fotografer menggantikan penata rias yang tidak datang. Tergolong sebagai MUA profesional langganan artis, Dhirman kini mematok tarif Rp5 juta hingga Rp17 juta.

Beberapa klien langganannya adalah Krisdayanti, Aurelie Hermansyah, Yuni Shara, Aqeela Calista, Melly Goeslaw dan lainnya.

Artikel terkait: 5 Tren Makeup atau Riasan Lebaran yang Diperkirakan Booming Tahun Ini

Tips Memilih Makeup Artist  1. Tetapkan Kebutuhan dan Budget

(Sumber: www.pexels.com/polina-tankilevitch)

Hal pertama yang harus dipikirkan ketika mencari makeup artist adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Contohnya, jika Parents membutuhkan riasan untuk underwater photoshoot, tentunya Parents membutuhkan seorang makeup artist yang mempunyai pengalaman yang sesuai.

Begitu juga, jika Parents membutuhkan makeup simple, Parents dapat menggunakan jasa makeup artist yang sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

2. Lihat Portfolio MUA dari Media Sosial

(Sumber: www.Instagram.com/dhirmanputra)

Di era yang sangat canggih ini, Parents dapat melihat hasil polesan makeup artist tertentu melalui akun media sosialnya. Salah satunya adalah Instagram. Biasanya untuk setiap job yang telah diselesaikan oleh MUA, akan diunggah di Instagramnya.

Parents dapat membandingkan hasil karya banyak MUA dan menentukan sendiri seperti apa makeup yang Parents inginkan.

3. Cari Inspirasi Makeup

(Sumber: www.pexels.com/pixabay)

Selain kepo portfolio MUA, Parents dapat mencari inspirasi makeup yang Parents inginkan. Parents dapat mencari inspirasi ini melalui Instagram, Tiktok, ataupun Pinterest.

4. Jajal Jika Perlu

(Sumber: www.pexels.com/laura-garcia)

Untuk acara-acara yang sangat penting yang kesannya tidak boleh ada kesalahan, seperti pernikahan dan tunangan, Parents bisa mempertimbangkan untuk coba terlebih dahulu. 

Setelah melihat dari portfolio, Parents dapat menghubungi MUA untuk test makeup, dengan ini, Parents bisa tahu, detil seperti apa yang diingankan di hari yang amat penting itu. Apa yang kurang, apa yang berlebih, dan hal-hal lain yang sekiranya perlu diperbaiki. 

Parents juga dapat mempertimbangkan cocok atau tidak dengan hasil makeupnya.

Selain itu, dengan tes makeup jauh-jauh hari dapat memberikan gambaran terlebih dahulu kepada MUA, sehingga MUA pun tahu langkah apa yang harus diambil dan bagaimana supaya klien dapat didandani dengan maksimal. 

Contohnya, jika ada klien yang berjerawat, tetapi minta hasil yang mulus tentu perlu ke dokter dulu sebelum hari H. Diskusi dan konsultasi mengenai kondisi kulit dan riasan dengan makeup artist membantu bagi MUA untuk mewujudkan keingin Parents.

Parents, itulah gaji makeup artist di Indonesia. Fantastis yah!

Mantan Asisten Vanessa Angel, Mayang Sary Dibaptis

Video Makam Eril Jadi Tempat Selfie Bikin Geram, Belajar Lagi Etika Berziarah Yuk!

Berkat Perang Dunia, Sejarah Panjang Mi Instan Dimulai!

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan