Mengenal Wordle, Permainan Tebak Kata yang sedang Viral dan Cara Memainkannya

  • Bagikan

Selama beberapa bulan terakhir, media sosial diramaikan dengan salah satu permainan bernama Wordle Game, yakni permainan kata harian yang dibuat oleh Josh Wardle, seorang insinyur perangkat lunak berbasis di Brooklyn, Amerika Serikat. Dalam kariernya, Wardle memang sudah dikenal sebagai pembuat eksperimen sosial yang menarik.

Artikel terkait: 12 Permainan Tradisional Indonesia, Ajak Anak Main agar Tidak Bosan

Cara Bermain Worlde Game

Ilustrasi

Wardle menciptakan Wordle pada 2013, tetapi proyek tersebut sempat mandek beberapa tahun. Ia dan rekannya pun mencoba untuk melanjutkan kembali projek tersebut dan merilisnya pada Oktober 2021 lalu. Meski demikian, popularitas Wordle Game mulai naik pada bulan Januari 2022 lalu.

Dalam permainan ini, setiap hari, pengguna akan diberi teka-teki kata baru yang hanya bisa dipecahkan menggunakan serangkaian petunjuk proses eliminasi. Secara ringkas, cara kerja adalah sebagai berikut. Ketika mengunjungi laman Wordle Game, Parents akan disambut oleh kotak putih kosong berukuran 5 kali 6.

Artikel terkait: 17 Permainan Anak Seru yang Bikin Ibu Tak Terganggu

Setiap kotak dapat menampung satu huruf, jadi Parents dapat menebak jawabannya dengan mengetikkan kata lima huruf dan menekan Enter. Tidak ada petunjuk apa pun di awal permainan. Dengan demikian, kata lima huruf apa pun akan digunakan sebagai tebakan awal. Di situlah permainan Wordle benar-benar dimulai. Saat Parents mengirim tebakan, warna kotak setiap huruf berubah.

Warna tersebut nantinya akan menandakan akurasi jawaban Parents. Berikut ini penjelasan mengenai warna yang muncul pada kota:

Jika kotak berubah menjadi hijau, huruf itu ada di kata harian dan Parents telah meletakkannya di tempat yang tepat. Jika berubah menjadi kuning, hurufnya ada di dalam kata, tetapi Parents salah menempatkannya. Jika kotak berubah menjadi abu-abu, itu berarti huruf tersebut tidak ada dalam kata sama sekali.

Ketika bermain, Parents memiliki kesempatan untuk menjawab kata sebanyak enam kali.

Artikel terkait: 7 Manfaat Permainan Mencari Kata untuk Anak Sekolah, Parents Sudah Coba?

Trik Bermain Wordle Game

Ilustrasi

Jika Parent tertarik dengan permainan ini, ada beberapa trik yang bisa dilakukan ketika bermain. Berikut ini beberapa di antaranya:

Pada dasarnya, permainan ini menggunakan kata yang ada dalam kamus, baik kamus bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Oleh karena itu, tambahlah perbendaharaan kata dan kuasai kata yang baku dan sesuai dengan kamus. Ketika mengawali permainan, isilah dengan kata yang tidak ada pengulangan huruf dan dengan vokal sebanyak mungkin. Misalnya, Parents bisa mengisinya dengan kata “RADIO”. Gunakan huruf yang berbeda pada kata kedua dengan mengeliminasi huruf yang berwarna abu-abu. Masukkan kata yang baru. Jangan sungkan untuk membuka kamus atau membuka daftar kata yang terdiri dari lima huruf.

Demikian penjelasan mengenai Wordle Game. Permainan ini sangat sederhana sehingga cocok bagi Parents yang ingin mengisi waktu di saat luang. Selamat bermain!

Kumpulan Permainan Melatih Motorik Si Kecil yang Sudah Siap Cetak

Permainan Sensori: Contoh, Pengertian, dan Manfaatnya untuk Si Kecil

Dijamin Seru! Ini 5 Permainan Edukatif Anak yang Berkualitas dan Baik untuk Kecerdasannya

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan