Monas Kembali Dibuka, Ini Cara Aturan Baru Masuk Monas

  • Bagikan

Monumen Nasional (Monas) sudah dibuka kembali sejak beberapa waktu lalu semenjak tutup selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

Uji coba pembukaan monas pun sudah dilakukan secara bertahap sebelum dibuka untuk umum. Tak hanya itu,  beberapa aturan baru masuk monas untuk pengunjung juga akan diberlakukan.

Dibuka Kembali, Ini Aturan Baru Masuk Monas

Instagram/monumen.nasional

Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas mengungkapkan bahwa Monas akan dibuka secara bertahap untuk umum dan uji coba hari kedua sudah dilakukan pada Jumat, (17/06). Dalam uji coba tersebut, belum semua area di kawasan Monas bisa dikunjungi.

Area yang bisa dikunjungi pengunjung yaitu area sekitar lapangan saja, sementara area tugu dan museum yang merupakan ruang tertutup masih belum dibuka untuk umum.

Sementara itu, bagi pengunjung yang hendak mengunjungi monas, bisa memperhatikan jadwal, rute dan cara berikut.

Jadwal Buka Monas

Selama  masa  uji coba ini, Monas dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan 16.00 WIB. Tidak ada batasan kuota pengunjung untuk 

Instagram/monumen.nasional

Rute dan Cara Berkunjung ke Monas

Gerbang Lenggang yang berada di Parkiran IRTI merupakan satu satunya akses pintu masuk dan keluar Monas.

Sebelum masuk, petugas akan melakukan beberapa pemeriksaan pada pengunjung dengan cara mengukur suhu badan, sekaligus memastikan pengunjung melakukan pemindaian PeduliLindungi guna mengetahui status vaksinasi sebelum memasuki kawasan Monas.

Akses Trasnportasi Umum

Ada beberapa stasiun KRL yang menjadi akses transportasi umum yang berada di dekat Monas yaitu stasiun  Gondangdia atau Stasiun Juanda.

Namun setelah sampai di dua stasiun ini, Anda bisa melanjutkan dulu perjalanan dengan transportasi online yang berjakar sekitar 3,3 kilometer (km).

Bila pengunjung menggunakan akses transportasi selain KRL yaitu bis Transjakarta, yaitu TransJakarta 1P, pengunjung bisa berhenti di halte IRTI untuk menuju Monas.

Aturan Baru Masuk Monas

Instagram/monumen.nasional

Sejak dibuka kembali, aturan baru masuk Monas diberlakukan bagi pengunjung yang hendak mengunjungi kawasan Monas. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Area yang boleh dikunjungi hanya taman atau luar tugu Monas Area tugu Monas belum diperbolehkan bagi umum. Jadwal operasional Monas (selasa-Minggu) buka mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Hari Senin tutup untuk perbaikan Akses keluar masuk melalui gerbang Lenggang di kawasan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI). Petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan status vaksinasi pengunjung yang ingin berkunjung ke Monas  Tersedia gerai vaksin yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jakarta di dekat pintu masuk untuk pengunjung yang belum melakukan atau melengkapi vaksinasi Covid-19 Sempat Ditutup, Monas Sudah Buka Kembali

Instagram/monumen.nasional

Sebelumnya kebijakan penutupan Monas diambil bukan hanya karena pandemi Covid-19 saja, namun karena Kawasan ini sempat menjadi markas TNI-Polri  yang ditempati 7.500 petugas dalam waktu yang cukup lama.

Sementara itu, kebijakan pembukaan kembali Monas ini karena sudah adanya pelonggaran aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta yang saat ini menerapkan aturan PPKM level 1.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria  yang bertepatan dengan uji coba pembukaan Monas.

“Pertama memang sudah pelonggaran sudah PPKM (level) 1,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta.

Dalam kesempatan itu juga, Ahmad Riza mengetakan sebelum dilakukan pembukaan, sedang diadakan perbaikan dan revitalisasi seperti pembangunan plaza di sisi selatan Monas yang saat ini msih berlangsung.

“Perbaikan sudah dilakukan di Monas sekalipun belum selesai semua,” jelasnya.

Wah, Sudah bisa lagi mengunjungi Monas nih  Parents. Jangan lupa ajak teman dan keluarga ya!

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan