Muara Perangin Angin Divonis 2,5 Tahun Penjara

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, Direktur CV Nizhami, Muara Perangin Anging divonis 2,5 tahun kurungan penjara oleh Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat.

Muara dinyatakan terbukti melakukan suap terhadap Bupati nonaktif Langkat Terbit Perangin Rencana.

"Menyatakan terdakwa Muara Perangin Angin telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan alternatif pertama," ucap Hakim saat persidangan, Senin (20/6/2022).

"Menjatuhkan pidana penjara selama 2 tahun dan 6 bulan dan denda Rp200 juta subsider 4 bulan kurungan," tambahnya.

Hakim dalam persidangan tersebut juga mengungkapan hal-hal yang memberatkan dan meringankan vonis terhadap terdakwa. Adapun yang meringan terdakwa yakni Muara belum berurusan dengan hukum dan dipidana, kooperatif selama persidangan serta berterus terang dalam kasus tersebut.

Selain itu, Hakim menilai terdakwa telah mengakui perbuatannya dan juga menyesali apa yang telah dilakukan oleh terdakwa.

Sementara itu, hal yang memberatkan terdakwa, ungkap Hakim, Muara telah melakukan perbuatan melawan upaya negara ataupun pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Terkait itu, meski sesuai dengan adanya tuntutan, Jaksa KPK masih akan melakukan pertimbangan terhadap vonis yang telah dijatuhkan oleh majelis hakim. Sementara itu, Muara tak mengajukan banding dan menerima adanya putusan tersebut.

Sebagai informasi, vonis yang ditajuhkan hakim terhadap Muara Perangin Angin sesuai dengan adanya tuntutan Jaksa KPK. Dalam tuntutan Jaksa, Muara dituntut 2,5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 4 bulan kurungan penjara.

Jaksa KPK meyakini Muara merupakan penyuap Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin. Adapun Jaksa juga menimbang adanya keringanan tuntutan lantaran Muara dinilai sopan selama persidangan, belum pernah terjerat hukum, mengakui serta menyesali perbuatannya tersebut. 

Sedangkan hal yang memberatkan tuntutan, menurut Jaksa, terdakwa tak mendukung adanya upaya dari pemerintah dalam melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia.[]

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan