PDIP Pertimbangkan Gibran Maju Di Pilgub 2024, Puan: Sekarang Fokus Kerja Di Solo Dulu

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui bahwa Gibran Rakabuming Raka masuk dalam daftar kader yang diproyeksikan iku maju dalam Pilkada 2024 untuk menjadi calon gubernur.

Nama Gibran, disebut sebagai salah satu dari banyaknya kader PDIP yang mumpuni.

"Tentu saja mas Wali Kota Solo jadi salah satu kader sesuai dengan mekanisme kami pertimbangkan maju di Pilkada 2024," kata Puan di Masjid At Taufik, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022) malam.

Tetapi bicara pemilihan gubernur, Puan memandang hal tersebut masih terlalu jauh, baik Pilgub DKI Jakarta maupun Pilgub Jawa Tengah. Mengingat pada 2024 ada pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang dilakukan lebih dahulu.

Baca Juga: Nasdem Rekomendasikan Ganjar Jadi Capres, PDIP Ingatkan Soal Etika Politik Tak Ambil Kader Parpol Lain

Terlebih saat ini Gibran masih menjabat Wali Kota Solo. Karena itu Puan meminta Gibran untuk fokus pada jabatan yang saat ini diemban.

"Setelah kita selesai Pilpres bulan Februari baru kita persiapan Pilkada, Jadi sekarang fokus pada posisi jabatan di kabupaten kota atau provinsi saja," ujarnya.

Peluang Gibran Di Pilgub Jakarta

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, bicara soal peluang putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk ikut kontestasi di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024.

Hasto mengatakan, semua kepala daerah PDIP saat ini harus memegang komitmennya dan mengasah kemampuan terlebih dahulu, sebelum memikirkan pencalonan pemilu.

Baca Juga: Bak Dejavu, Ini Beda Gaya Prabowo Menunggang Kuda Bareng Jokowi dan Gibran

"Ya setiap pemimpin harus menunjukan kapasitas kepemimpinannya. Istilah populernya meninggalkan legacy, membangun kemajuan," kata Hasto kepada wartawan, Jumat (17/6/2022).

Gibran yang notabene merupakan Wali Kota Solo tersebut harus memahami pentingnya meninggalkan rekam jejak yang baik. Hal itu sebagai ujian yang harus dihadapi terlebih dahulu sebagai kepala daerah.

Apalagi, lanjut Hasto, rangkaian Pilkada 2024 masih lama. Nantinya akan dilaksanakan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden terlebih dahulu.

Untuk itu, ia mengingatkan, para kepala-kepala daerah agar fokus dulu saat ini mengasah kemampuan kepemimpinannya.

"Harus menegaskan komitmennya dan terus mengasah kemampuan kepemimpinannya, sehingga ketika menghadapi ujian-ujian di lapangan itu pemimpin tersebut tetap kokoh tetap berdisiplin. Termasuk pada jalan kepartaian itu," ujarnya.

Adapun memang Gibran terlihat ikut dalam agenda Rapat Koordinasi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah asal PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, sejak Kamis kemarin. Tak hanya Gibran, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Wali Kota Medan Bobby Nasution juga hadir dalam acara tersebut.

Artikel Asli

Sumber: suara.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan