Pesparawi XIII Digelar, Momen Hotel di Yogya Dulang Emas

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII yang dihelat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi dibuka, Senin (20/6/2022). Hotel-hotel di Yogyakarta dan sekitarnya mulai kebanjiran kunjungan.

Pesparawi XIII berlangsung 20-26 Juni 2022. Beberapa lokasi yang ditunjuk menjadi venue antara lain, Graha Sabha UGM, Taman Budaya Yogyakarta, Kampus Sanata Dharma dan sejumlah tempat lainnya.

Ajang ini diproyeksikan mampu menggeliatkan perekonomian Yogyakarta dan sekitarnya pasca pandemi Covid-19. Perhotelan adalah salah satu sektor industri wisata yang terimbas, seiring dengan kedatangan 8.144 peserta dari 34 provinsi dari even ini.

"Semua peserta, official, pendukung menginap di salah satu hotel di dekat Malioboro," kata kordinator Liaison Officer (LO) kontingen Pesparawi Papua Barat, Vicky Samuel Sutiono di sela pembukaan Pesparawi XIII, kompleks Candi Prambanan, Sleman, Senin petang.

Papua Barat sendiri, dalam pesparawi tahun ini membawa 284 peserta yang jika ditambah official dan pendukung maka jumlahnya bisa 600 orang lebih. Samuel mengatakan, sebagian dari mereka telah terbang ke Yogyakarta sejak 12 Juni lalu guna mempersiapkan event ini.

Kontingen Papua Barat, menurutnya, pada pesparawi ini menargetkan untuk mempertahankan kembali gelar juara umum yang pernah diraih pada perhelatan sebelumnya tahun 2018 silam.

"Target kami sapu bersih semua kategori, jadi selama di Yogya kondisi peserta benar benar dijaga, baik performa latihan, pita suara, dan asupan makannya agar tidak terlalu pedas, asin, manis, atau masam," tutupnya.  Wakil Gubernur DI Yogyakarta Paku Alam X sehari sebelum pembukaan event di Prambanan telah menjamu peserta Pesparawi Nasional XIII di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan. 

Perwakilan kontingen juga sempat mengikuti pawai dengan naik andong dengan rute dari Titik Nol Kilometer hingga Kompleks Kepatihan. 

Paku Alam berharap event nasional ini mampu memberikan multiplier effect. Selain memupuk semangat keberagaman dan persatuan, juga menggeliatkan sektor ekonomi dan wisata. 

"Namun penyelenggaraan Pesparawi ini tetap harus dipastikan dengan baik, sesuai dengan prosedur penyelenggaraan acara pada masa pandemi," kata dia.

Adapun pelaksanaan Pesparawi XIII akan melombakan 12 kategori. Meliputi paduan suara dewasa (campuran), paduan suara pria, paduan suara wanita, paduan suara remaja pemuda, paduan suara anak, musik gereja nusantara, musik pop gereja, vokal grup, solo remaja putra, solo remaja putri, solo anak usia 10-13 tahun, dan solo anak usia 7-9 tahun. []

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan