Punya Sepatu Berbahan Suede Berikut 6 Tips Cara Merawatnya Agar Selalu Bersih dan Awet

  • Bagikan
X

Hai sobat fesyun! Kamu punya sepatu bahan suede? Wah itu sepatu memang stylish dan keren banget. Tapi memang gak banyak orang suka karena perawatannya terbilang ribet dan susah, harganya pun gak murah. Yah, sama seperti sepatu kulit pada umumnya lah.

Tapi sebenarnya, kalau kamu bisa merawatnya dengan benar. Harga yang kamu bayar ketika membeli sepatu bahan suede ini sebanding lho dengan kualitas dan ketahanannya dibanding sepatu biasa. Sepatu bahan suede bisa awet puluhan tahun bahkan.

Jadi, sekarang saatnya belajar tips dan triksnya merawat sepatu bahan suede supaya bisa awet dan selalu kelihatan baru!

# Cara Membersihkan Sepatu Bahan Suede

Suede adalah bahan yang bergaya namun lembut. Artinya, ada beberapa teknik untuk membersihkan barang berbahan suede yang bisa kamu pilih untuk sepatumu.

1. Menyikatnya

Sikat untuk sepatu suede (style.grid.id)

Kamu mungkin butuh sikat kawat kuningan (khusus untuk suede yang sangat pendek) atau sikat suede yang sebenarnya (sejenis sikat dengan bulu halus). Lakukan gerakan cepat dan ringan (jangan kasar) saat menggunakan sikat agar kotoran di dalam serat bisa hilang.

2. Tepuk dengan Lap Kering

Jika kamu baru saja menumpahkan air ke sepatumu, coba tepuk-tepuk perlahan dengan handuk atau kain halus yang kering. Lakukan sampai permukaan benar-benar kering.

Untuk sepatu yang ternoda air tetapi tidak basah kuyup, semprotkan/oleskan air tipis-tipis secara merata ke seluruh bagian atas. Sikat noda dengan lembut dan lakukan cara di paragraf sebelumnya ke seluruh permukaan suede.

3. Menggunakan Spons atay Kain untuk Menyerap Sepatu yang Basah Kuyup

Kalau sepatumu basah kuyup karena kehujanan, coba gunakan spons atau kain untuk menyerap air di sepatu. Masukan koran atau kertas yang sudah di remas ke dalam sepatu. Biarkan semalaman sampai kering di tempat yang berangin.

4. Membersihkan noda dengan Tepung atau Bedak Tabur

Tepung atau bedak talk bisa membantu membersihkan sepatu bahan suede (hipwee.com)

Jika kamu menumpahkan cairan ke sepatu suede, tepuk bagian yang terkena dengan kain bersih dan oleskan selapis tepung maizena atau bedak talk. Biarkan mengendap semalaman. Kemudian gunakan sikat suede untuk menghilangkan bubuk kering. Jangan tergoda untuk membersihkan noda basah - kamu hanya akan memperburuknya.

5. Membersihkan Noda-Noda Tertentu

Tips dan trik merawat sepatu suede (fader.id)

- Noda Lumpur: Seka sisa lumpur tanpa menekan terlalu keras pada suede, lalu biarkan hingga kering.

Hancurkan sisa lumpur yang lebih besar dengan tanganmu sebelum menyelesaikannya dengan sikat suede.

- Noda Darah: Oleskan bola kapas yang dibasahi peroksida pada noda secara perlahan sampai darah keluar.

- Lilin / Permen Karet: Taruh sepatumu di freezer selama beberapa jam untuk mengeraskan zat lengket sehingga kamu bisa mengirisnya. Akhiri dengan sikat suede.

- Kopi / Teh / Jus: Letakkan dua lapis kertas tisu di atas noda sebelum kamu mulai menggunakan kuas. Berikan tekanan sedang dengan tangan atau benda datar.

- Tumpahan Tinta: Cepat ambil tisu dapur dan coba hapus tintanya. Jika meresap, kikis noda dengan amplas atau coba gunakan bola kapas yang dibasahi alkohol.

- Garis Garam: Oleskan sedikit cuka putih melalui kain atau handuk lembut. Biarkan mengering lalu kocok dengan sikat berbahan suede.

- Noda Berminyak / Tidak Diketahui: Gunakan sikat berbahan suede untuk menggosok noda seperti yang kamu lakukan untuk membersihkan kotoran atau debu. Kemudian gunakan sikat kuku dengan air hangat untuk membersihkan noda membandel.

Kalau noda masih membandel, bawa saja ke jasa cuci sepatu yang lebih profesional.

6. Simpan di tempat kering, berangin, dan tak terkena sinar matahari langsung.

Ada dua masalah utama yang harus diperhatikan saat menyimpan suede: (1) sinar matahari langsung dan (2) kurangnya sirkulasi udara. Jadi kamu harus menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering yang tidak menerima sinar matahari langsung.

Suede yang dibiarkan terkena sinar matahari bisa menyusut, memudar atau mengeras. Hindari juga membungkus barang dengan plastik. Serat dalam suede membutuhkan ruang bernapas.

Itu tadi tips dan trik merawat sepatu bahan suede. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Artikel Asli

Sumber: paragram.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan