Risma Pastikan Penanganan Masyarakat Penyandang Disabilitas Sudah Lebih Maju

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan peningkatan kualitas kehidupan untuk masyarakat disabilitas di Indonesia saat ini sudah lebih maju.

Menurut Risma Kementerian Sosial sudah banyak memberikan program dan pelayanan kepada masyarakat disabilitas.

Hal itu disampaikan Risma setelah ditemui usai menggelar audiensi dengan Sekretaris ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific) di Kementerian Sosial, Jakarta Pusat, Selasa 21 Juni 2022.

"Kita membagikan alat ubah suara ke teks ke anak-anak yang tuna rungu pada waktu kami launching Indonesia mendengar," katanya.

Baca Juga: Megawati: Kalau di PDIP Masih Ada yang Ngomong Urusan Koalisi, Out!

Selain itu, Risma menyebutkan pihaknya juga sudah memanfaatkan penyandang disabilitas untuk merakit alat-alat yang dibutuhkan bagi kelompok disabilitas.

Mantan Wali Kota Surabaya itu menyebutkan pihaknya juga mendorong para penyandang disabilitas yang ada di Balai Kemensos sehingga mereka bisa mandiri secara ekonomi.

"Kami juga memanfaatkan tenaga kerja disabilitas, bahkan merekalah yang membuat dan merakit alat-alat untuk disabilitas," ucapnya.

Baca Juga: 2 Ulama Syiah Dibunuh, Iran Hukum Gantung Ekstremis Sunni

Sementara itu, Sekretaris ESCAP Armida Salsiah Alisjahbana menuturkan Indonesia akan menjadi tuan rumah High Level Meeting untuk membahas disabilities di Asia Pasifik.

Armida menuturkan dalam acara itu, pihaknya bersama Kemensos akan mengangkat sejumlah isu sosial bagi penyandang disabilitas.

Acara yang akan digelar pada Oktober 2022 mendatang itu akan mengangkat kebijakan-kebijakan yang implementatif, termasuk kesempatan kerja dan jaminan sosial.

"Termasuk bagaimana sejak usia dini dilatih mengikuti program-program rehabilitasi sosial dan sebagainya," tuturnya.***

Artikel Asli

Sumber: pikiran-rakyat.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan