Satu Abad NU, PBNU Akan Gelar Muktamar Internasional Fikih Peradaban

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM Nahdlatul Uama (NU) akan memasuki usia satu abad kedua pada dua bulan mendatang berdasarkan perhitungan kalender Hijriah atau pada 16 Rajab 1444 H di awal Februari 2023 mendatang.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menyampaikan bawah salah satu kegiatan puncak pada satu abad ini adalah Muktamar Internasional tentang Fikih Peradaban yang melibatkan ulama seluruh dunia.

“Namun sebelum acara Muktamar tersebut, terlebih dahulu kami akan mengadakan halaqah-halaqah yang melibatkan ulama-ulama NU dengan 230 titik halalqah sampai akhir Januari 2023 mendatang,” katanya saat membuka Rapat Pleno PBNU dan Kick Off Satu Abad Nahdlatul Ulama di di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (20/6/2022) malam.

“Ulama-ulama kita harus terlibat secara intelektual dan mental dalam soal peradaban ini,” imbuhnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah itu mengungkapkan, alasan pihaknya melibatkan seluruh kiai-kiai NU dalam momen tersebut supaya mereka merasa terlibat dalam menyongsong satu abad NU.

“Kita yakin bahwa kita punya ulama yang cerdas-cerdas dan pasti punya gagasan-gagasan bernas yang akan kita tawarkan bukan hanya untuk bangsa ini tapi juga di tingkat dunia,” ujarnya.

Pria kelahiran Rambang, Jawa Tengah itu mengaku, selama ini ia telah melakukan komunikasi internasional. Dalam pengalamannya itu, ia bukan untuk menawarkan gagasan-gagasan pribadi ke kancah internsional, akan tetapi gagasan ulama NU yang sudah ada sejak dulu sampai sekarang.

“Dan saya buktikan sendiri bahwa gagasan ini diterima betul-betul oleh dunia,” ucapnya.

“Sehingga jika dunia tidak memperoleh pemikiran kiai-kiai NU, dunia akan sangat rugi,” imbuhnya.

“Mohon doa dari jajaran pengurus PBNU terutama tanfidziyah, mohon doa restu, selalu diingat dalam doa-doa panjenengan semua agar upaya ini membawa berkah, maslahat dan manfaat bagi NU, bangsa dan kemanusiaan,” harapnya.

Diketahui, pada 16 Rajab 1444 H atau awal Februari 2023 mendatang, NU akan memasuki usia abad kedua. Tema yang diusung pada momen istimewa ini adalah “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru”.[]

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan