Selamat Ulang Tahun, Pak Jokowi!

  • Bagikan

Pantau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun hari ini, Selasa (21/6/2022). Tepat hari ini Jokowi menginjak usia 61 tahun.

Diketahui, Jokowi lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya, Surakarta pada 21 Juni 1961. Ia lahir dengan nama Mulyono. Kedua orangtuanya kemudian mengganti nama menjadi Joko Widodo setelah Mulyono berulang kali sakit.

Ia memiliki ayah bernama Noto Mihardjo dan ibu bernama Sujiatmi. Jokowi merupakan anak pertama dari empat orang bersaudara.

Semasa kecil, Jokowi hidup dalam keluarga sederhana. Ayahnya bekerja sebagai penjual kayu dan bambu di sekitar bantaran kali Karanganyar.

Ia mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Solo. Lalu, Jokowi berkuliah di Universitas Gadjah Mada. Dirinya lulus pada 1985 setelah menyelesaikan skripsi berjudul “Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta”.

Setelah kuliah, Jokowi mencoba berkarier di sejumlah perusahaan kayu. Pada 1988, ia mendirikan usaha kayu dengan nama CV Rakabu.

Jokowi menikah dengan Iriana pada 1986. Mereka memiliki tiga anak, yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Dia memiliki empat cucu. Mereka bernama Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Mana, Sedah Mirah Nasution, dan Al Nahyan Nasution.

Perihal karier politik, Jokowi memulainya pada 1998. Jokowi bergabung dengan PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri.

Jokowi menjadi Wali Kota Surakarta pada 2005. Ia berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo dalam pilkada tersebut.

Dia menjabat selama dua periode. Seusai itu, PDIP dan Partai Gerindra memboyongnya ke DKI Jakarta. Jokowi dipisangkan dengan mantan Bupati Belitung Timur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jokowi-Ahok mengalahkan petahana Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Mereka pun berhak menjabat pada 2012-2017.

Pada tengah perjalanan di DKI, Jokowi mendapat tiket Pilpres 2014. Jokowi berpasangan dengan politikus senior Jusuf Kalla. Mereka menjadi presiden dan wakil presiden usai mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Jokowi kembali mencalonkan diri pada Pilpres 2019 dengan menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin. Mereka mengalahkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ia lalu melanjutkan kepemimpinannya hingga 2024. [Laporan Kiki]

Artikel Asli

Sumber: pantau.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan